Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Bandel, SPBU di Malang ini Masih Tarik Tarif ke Pengguna Toilet

Sabtu, 18 Juni 2022 | 13:59 WIB Last Updated 2022-09-11T12:10:26Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Bandel, SPBU di Malang ini Masih Tarik Tarif Pengguna Toilet
SPBU Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang,Jawa Timur. (Dok. Win)

PEWARTA.CO.ID - Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) di Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini masih menarik tarif untuk penggunaan fasilitas toilet.

Kebijakan menarik tarif toilet di SPBU bernomor 54.651.10 itu tentunya bertentangan dengan instruksi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang mengimbau agar fasilitas toilet seyogyanya digratiskan bagi pengunjung SPBU.

Tak ayal kebijakan SPBU Banjararum yang menarik tarif toilet dipertanyakan konsumen.

"Kok masih ada pembayaran toilet ya mas, saya pikir gratis," kata seorang warga yang enggan disebutkan namanya, Senin (13/6/2022) lalu.

Baca juga: Kuasa Hukum JE Sebut Ada Sosok 'Papi Mami' dalam Kasus SPI Batu, Siapa Itu?


Baca juga: Barisan Relawan La Nyalla di Malang Raya Resmi Dideklarasikan, Siap Sapu Bersih Suara!


Berdasarkan pantauan pewarta di lapangan, ternyata apa yang dikeluhkan tersebut benar adanya. Pelanggan masih dikenakan tarif sebesar Rp 2.000 tiap orang yang menggunakan toilet.

Saat dikonfirmasi, salah satu pengawas SPBU bernama David mengaku pihaknya sebenarnya telah memasang pengumuman agar fasilitas sosial (fasos) berupa toilet tersebut digratiskan. Namun beberapa hari terakhir masih ada yang menjaga.

"Sudah saya sampaikan ke penjaga agar tidak lagi di jaga, dan sudah saya pasang tulisan toilet gratis," kata David.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada konfirmasi lanjutan dari manajemen terkait kebijakan menarik tarif toilet di SPBU Banjararum tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Menteri BUMN Erick Thohir telah menegur Pertamina karena diketahui masih ada SPBU yang menarik tarif penggunaan toilet. Hal itu diketahui saat dirinya mengunjungi salah satu SPBU di wilayah Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jatim, pada Senin (22/11/2021) lalu.

Baca juga: Sejarah Asal-usul Sempol Malang, Siapa yang Menciptakan Pertama kali?


Baca juga: Inspiratif, Kisah Sukses Mongki Roti Hingga Rambah Beberapa Kota


Erick menegaskan jika fasos toilet SPBU sudah selayaknya digratiskan, mengingat Pertamina khususnya pengusaha pom bensin telah mendapat keuntungan dari hasil menjual BBM.

"Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina toiletnya enggak boleh bayar harus gratis," kata Erick, dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagramnya (22/11/2021).


Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close