GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Bertemu Mendag, Apkasindo Lampung Sampaikan Keluhan Soal Harga TBS

Bertemu Mendag, Apkasindo Lampung Sampaikan Keluhan Soal Harga TBS
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat mengunjungi Provinsi Lampung pada Sabtu (9/7/2022). (Dok. Humas Kemendag)

PEWARTA.CO.ID - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengunjungi Desa Merak Batin, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, pada Sabtu (9/7/2022). Di sana, Mendag bertemu Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo).

Bertemu orang nomor satu di Kemendag itu, dimanfaatkan para petani untuk menyampaikan keluhannya terkait rendahnya harga TBS atau tandan buah segar sawit di tingkat petani. Gayung bersambut, Zulkifli Hasan (Zulhas) lantas menegaskan jika pemerintah meminta pelaku usaha membeli tandan buah segar (TBS) paling rendah seharga Rp 1.600 per kilogram (kg).

“Kami berdialog dengan petani sawit mengenai apa saja permasalahan yang ada. Kami juga menyampaikan kepada para petani bahwa pelaku usaha telah diminta membeli TBS paling sedikit di harga Rp 1.600 per kg,” kata Zulhas.

Mendag juga mengatakan, pemerintah terus berupaya mendorong percepatan ekspor CPO. Harapannya, agar tangki CPO segera kosong dan dampaknya TBS petani akan kembali diserap.

“Dari hasil diskusi dengan para petani sawit di Lampung, kami mendapat gambaran situasi yang dihadapi petani sawit. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, Kemendag RI terus mendorong ekspor CPO agar tangki-tangki CPO kembali kosong dan TBS petani dapat diserap kembali. Kami ingin hasil dari sawit ini dirasakan betul manfaatnya, baik oleh petani, pengusaha, dan konsumen,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPW Apkasindo Provinsi Lampung Abdul Simanjuntak menyampaikan, para petani sawit di Lampung mengharapkan solusi dari pemerintah untuk membantu menaikkan harga TBS tersebut.

“Kami mengharapkan Menteri Perdagangan dapat membantu memperbaiki harga TBS untuk menopang kesejahteraan petani,” ujar Abdul.

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan kunjungi Lampung, 9 Juli 2022
Di sela kunjungan ke Lampung, Mendag Zulkifli Hasan juga meninjau pasar murah yang menjual minyak goreng kemasan rakyat (MINYAKITA).

Tinjau Pabrik dan Pasar Murah MINYAKITA


Dalam kesempatan itu, Mendag Zulkifli Hasan juga menyempatkan diri untuk meninjau pabrik kelapa sawit milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN). Dari situ Zulhas mengaku mengetahui jika saat ini pabrik-pabrik pengolahan kelapa sawit membeli TBS masih dibawah harga minimum yang direkomendasikan pemerintah.

Karenanya, Mendag memastikan akan terus mensosialisasikan kepada para pengusaha sawit agar membeli TBS di harga Rp 1.600 per kg atau bahkan lebih.

Selain meninjau pabrik pengolahan kelapa sawit, Zulhas juga sempat meninjau pasar murah Minyak Goreng Kemasan Rakyat MINYAKITA di Bandar Lampung, Pesawaran, dan Lampung Selatan. Total terdapat 7.000 liter MINYAKITA yang  didistribusikan di pasar murah tersebut.


Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close