Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Cara Memutihkan Gigi Menggunakan Baking Soda

Jumat, 08 Juli 2022 | 11:05 WIB Last Updated 2022-09-04T10:24:16Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Cara Memutihkan Gigi Menggunakan Baking Soda
Ilustrasi gigi putih

PEWARTA.CO.ID - Siapa yang tidak ingin memiliki gigi sehat dan putih? Tentu semua orang mendambakannya.

Namun, kebiasaan makan dan minum sembarangan bisa menjadi penyebab utama gigi tidak sehat bahkan menguning.

Ada beberapa cara memutihkan gigi yang efektif. Bahkan cara sederhana menggunakan bahan yang sering kita jumpai ini bisa dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Salah satu bahan utama untuk memutihkan gigi adalah menggunakan baking soda. Selain dengan pasta gigi, ternyata baking soda bisa digunakan untuk menggosok gigi agar lebih putih.

Dilansir dari hallosehat.com berikut cara menggunakan baking soda yang efektif untuk membuat gigi putih dan beberapa hal yang perlu Anda ketahui supaya tidak menimbulkan efek samping.

Baca juga: Hati-hati, Kurang Gerak Bisa Sebabkan Kematian Dini!


Baca juga: Mau Awet Muda? Batasi Konsumsi Gula Berlebih!


Efektifkah kandungan baking soda dalam pasta gigi?


Umumnya baking soda atau yang biasa kita kenal dengan soda kue sering Anda jumpai untuk bahan tambahan membuat kue. Tanpa baking soda, membuat kue rasanya seperti sayur tanpa garam. Ya, pasti hasilnya kurang cantik.

Periset berhasil mendapatkan kesimpulan positif terkait kandungan baking soda pada pasta gigi ternyata mampu membantu untuk memutihkan gigi.

Dalam takaran yang sesuai, penggunaan baking soda mampu efektif menghilangkan noda, memutihkan gigi, dan aman digunakan sehari-hari. Hal ini tertuang dalam jurnal yang berjudul Stain removal and whitening by baking soda dentifrice: A review of literature.

Dikutip dari jurnal lain, yang diterbitkan oleh Journal of the American Dental Association pada 2017, baking soda yang memiliki kandungan pasta gigi dengan sifat abrasif paling lembut dibandingkan kandungan silika.

Baca juga: Sering Begadang Sebabkan Kematian Mendadak, Benarkah?


Baca juga: 4 Manfaat Tidur Tanpa Memakai Bra, Wanita Wajib Ngerti Nih!


Cara kerja baking soda untuk memutihkan gigi


Senyawa sodium bikarbonat (NaHCO3) yang terkandung dalam baking soda memiliki sifat abrasif dapat menghilangkan noda pada gigi.
Untuk mendapatkan gigi yang putih, Anda bisa menggunakan baking soda dan menyikatnya selama 30 detik.

Akan tetapi baking soda belum cukup efektif saat digunakan untuk menghilangkan karang gigi. Lapisan karang gigi yang mengeras tidak cukup dilakukan dengan perawatan biasa, Anda perlu scaling gigi ke dokter untuk menghilangkannya.

Cara menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi


Segala sesuatu yang berlebihan memang tidaklah baik. Begitupun dengan baking soda yang Anda gunakan sebagai pasta gigi untuk memutihkan gigi.

Penggunaan baking soda yang berlebihan mampu mengikis enamel atau erosi pada gigi. Apabila Anda mendapati gigi yang menguning setelah menyikatnya, maka enamel telah terkikis dan mencapai struktur gigi lebih dalam bernama dentin.

Baca juga: Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan HIV dan AIDS


Baca juga: Catat! Ini Penyebab Asam Lambung Naik Menurut dr. Zaidul Akbar


Berikut referensi bahan yang bisa Anda gunakan untuk membuat resep pasta gigi dengan baking soda, diantaranya:

  • 100 gram baking soda
  • 10-15 tetes minyak alami dengan rasa sesuai selera
  • Air purifikasi
  • 1 sendok teh garam laut

Campurkan baking soda, minyak alami, dan garam sambil menambahkan air sedikit demi sedikit hingga berbentuk pasta. Manfaat garam adalah untuk menambah mineral, akan tetapi jika tidak suka Anda boleh untuk tidak menggunakannya.

Selain itu Anda juga bisa menambahkan minyak kelapa kedalam pasta gigi racikan sendiri. Manfaat minyak kelapa mampu meningkatkan kesehatan mulut dan gigi serta berpotensi melawan bakteri penyebab kerusakan gigi.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan pasta tersebut seperti halnya menyikat gigi biasa. Jangan lupa berkumur dengan air bersih untuk menghilangkan sisa campuran baking soda dalam rongga mulut.

Jadi, bagaimana? Praktis dan mudah kan untuk membuat pasta gigi dari baking soda. Selagi diolah dengan takaran yang sesuai maka aman digunakan sehari-hari.

Kini Anda bisa memiliki gigi putih yang bersih dan sehat dengan perawatan di rumah. Namun, tidak ada salahnya pula sesekali Anda pergi ke dokter untuk berkonsultasi terkait kesehatan Anda.

(nim/nim)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close