Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Tips Memilih Kandang Kelinci yang Baik dan Benar

Minggu, 24 Juli 2022 | 17:20 WIB Last Updated 2022-09-07T09:07:50Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Tips Memilih Kandang Kelinci yang Baik dan Benar
Tips memilih kandang kelinci yang baik dan benar.

PEWARTA.CO.ID - Kelinci merupakan hewan peliharaan yang imut dan lucu. Karenanya beberapa orang lebih memilih memeliharanya di dalam rumah ikut bersama tuannya.


Alih-alih memberikan rasa aman bagi kelinci, cara itu justru dinilai kurang baik bagi kesehatan kelinci. Karena, kelinci juga butuh tempat istirahat yang memadai di luar aktivitasnya yang super aktif.


Namun, sayangnya tidak banyak orang paham cara memilih kandang kelinci yang baik dan benar. Hal ini justru bisa semakin membuat kesehatan kelinci tidak baik.


Oleh karena, itu pemilik kelinci diharuskan memilih kandang yang benar agar kelinci dan tumbuh dengan baik.


Namun, meski berada di dalam rumah, kelinci tetap membutuhkan kandang guna memberinya ruang tersendiri untuk istirahat.


Baca juga: Cara Mengusir Tikus di Rumah Menggunakan Pappermint, Ampuh!


Menyiapkan kandang kelinci tidak bisa asal memilih. Pasalnya, peternak harus memperhatikan beberapa hal, salah satunya memilih ukuran yang tepat agar tidak merasa kesempitan.


Dilansir dari The Spruce Pets, Minggu (24/7/2022), berikut ini panduan memilih kandang kelinci yang baik dan benar agar membuat hewan imut tersebut merasa nyaman dibalik kelincahannya.


Pilih kandang berukuran paling besar


Ukuran standar kandang kelinci yang disarankan adalah empat kali lebih besar dari ukuran tubuhnya. Misalnya, jika kelinci seberat kurang dari 3,6 kilogram (kg), maka kandang yang dipilih harus berdimensi panjang setidaknya 91 sentimeter dan lebar 60 sentimeter.


Sementara untuk kelinci yang lebih besar lagi, pilih kandang dengan panjang 91 sentimeter dan lebar 76 sentimeter.


Terkait model kandang, pemilik kelinci tak perlu memikirkan seperti apa standar model terbaik bagi kelinci tersebut. Asalkan memiliki luas yang memadai dan kebersihan kandang terjaga. Serta, pertimbangkan juga memiliki kandang kelinci bertingkat.


Baca juga: Jangan Bunuh Kelabang yang Masuk ke Rumah, Ini Alasannya!


Pertimbangkan desain kandang kelinci


Kelinci termasuk hewan peliharaan yang bisa dilatih untuk membuang kotorannya sendiri. Namun, untuk melattih kebiasaan tersebut, peternak wajib membuatkan kandang yang tepat, seperti kandang beralas lantai kokoh yang tidak terlalu sulit dibersihkan dari kumpulan kotoran kelinci tersebut.


Kebanyakan kandang kelinci yang terbuat dari besi memiliki alas berongga yang ditaruh di atas alas yang bisa ditarik untuk memudahkan pembersihan kotoran.


Namun, kandang dengan model seperti itu justru dapat membuat kelinci merasa kurang nyaman untuk berjalan, meski celah di setiap rongga berjarak sangat sempit sekalipun. Selain itu, kandang model ini dapat menyebabkan luka pada kaki kelinci yang dikenal aktif bergerak.


Saran terbaiknya, pilihlah kandang kelinci yang alasnya benar-benar rata, tanpa disertai rongga apapun. Atau bisa dengan cukup menutupi lantai kandang dengan sepotong kayu, karpet rumput, atau sisal berukuran kecil.


Pintu kandang jangan terlalu kecil


Terkadang, pemilik kelinci menganggap sepele hal ini, karena dianggapnya asal desain menarik, maka soal ukuran pintu kandang menjadi terabaikan.


Padahal, menentukan ukuran pintu kandang juga menjadi penting untuk diperhatikan.


Meski ukuran kandangnya besar, namun kelinci rumahan tetap akan merasa kurang nyaman jika pintu kandangnya terlalu kecil.


Oleh sebab itu, pastikan ukuran pinttu kandang juga cukup besar. Hal ini untuk memudahkan keluar-masuk kelinci tersebut. Terlebih jika jumlah kelinci lebih dari satu ekor pada kandang tersebut.


Dan lagi, berikan pelindung pada tepian pintu kandang berupa strip pelindung untuk meminimalisir cedera yang berpotensi dialami kelinci.


Baca juga: Tampilkan 43 Foto Payudara Tanpa Bra, Iklan Adidas Dikecam


Contoh alas tidur pada kandang kelinci yang berongga
Contoh alas tidur pada kandang kelinci yang berongga.


Pilih material tempat tidur yang nyaman


Untuk bagian alas tidur, gunakan material yang nyaman, seperti tumpukan rumput atau sisal pada kandang yang berlantai padat. Atau sebagai alternatif lain, gunakan selimut bulu.


Adapun alternatif lainnya, gunakan potongan karpet atau handuk. Namun, pastikan kelinci tidak memakannya sebelum dimasukkan kandang. Selain itu, jika ingin menggunakan serbuk kayu, gunakan serbuk kayu jenis aspen.


Demikian tips memilih kandang kelinci yang baik dan benar. Jika diterapkan, maka bukan saja membuat kelinci nyaman, tetapi juga menjaga agar kondisinya tidak terluka karena salah menentukan model kandang.


Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close