GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Tips Solusi Menghadapi Resesi Ekonomi 2023, Ngga Perlu Panik!

Tips Solusi Menghadapi Resesi Ekonomi 2023, Ngga Perlu Panik!
Ilustrasi. Solusi menghadapi resesi ekonomi 2023. (Pewarta.co.id/Pexels)

PEWARTA.CO.ID - Ancaman resesi ekonomi 2023 telah santer didengungkan dalam beberapa waktu belakangan.


Sebab dan dampak yang ditimbulkan dari resesi ekonomi juga telah dijelaskan bahwa dapat memperburuk kondisi perekonomian suatu negara.


Hal ini tak lain masih erat kaitannya dengan pandemi Covid-19 yang berkepanjangan yang menyebabkan lesunya sejumlah bisnis dan usaha.


Demikian halnya dengan menurunnya daya beli masyarakat akibat berhati-hati dalam mengeluarkan uang untuk membeli barang kebutuhan mereka selama pandemi.


Baca juga: Ramai Soal Resesi Ekonomi 2023, Apa Sih Maksudnya? Ini Arti Pengertian Definisinya!


Kini, ancaman resesi semakin nyata. Meski demikian sejumlah pakar ekonomi menyarankan agar tetap tenang dan tidak perlu panik berlebihan.


Pasalnya, resesi ekonomi merupakan siklus yang lumrah terjadi pada periode tertentu yang bukan tidak ada solusinya.


Benar saja, solusi menghadapi resesi ekonomi acap kali disampaikan termasuk langkah bijak jika kondisi itu benar-benar terjadi.


Berikut ini tips solusi menghadapi resesi ekonomi 2023 seperti dicuplik dari blog Amartha.com.


Tips Solusi Menghadapi Resesi Ekonomi 2023


Dilansir dari media tersebut, setidaknya ada lima langkah yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi ancaman resesi ekonomi 2023. Apa saja?


1. Siapkan Dana Darurat


Pertama, siapkan dana darurat yang memang hanya boleh digunakan pada kondisi yang mendesak.


Hal ini sebagai penunjang di mana satu sisi Anda perlu giat menabung dari sekarang. Investasikan juga uang yang ada untuk berinvestasi emas.


Baca juga: Inilah Bisnis yang Diprediksi Bakal Tahan Terhadap Ancaman Resesi 2023 Menurut Dr. Nugroho


2. Batasi Pengeluaran


Jika ancaman resesi ekonomi 2023 benar-benar terjadi, langkah bijak yang perlu dilakukan adalah membatasi pengeluaran yang tidak perlu.


Apabila memang harus mengeluarkan dana darurat, timbang juga seberapa penting kebutuhan tersebut sehingga harus merogoh tabungan.


Selain itu, tunda membeli barang-barang yang belum terlalu dibutuhkan. Termasuk pemenuhan gaya hidup berlebihan seperti berbelanja barang mewah, liburan, serta kebiasaan jajan.


3. Tambah Keahlian


Jika telah memiliki dasar keahlian di bidang tertentu, sekaranglah saatnya untuk mengasahnya agar lebih mahir. Karena pada saatnya, keahlian Anda itu dapat bermanfaat, termasuk saat resesi ekonomi tiba.


Apa saja contoh keahlian tersebut? Ada banyak!


Ada bisa mengeksplorasi kemampuan teknis dalam diri sesuai bakat, minat, dan keterampilan. Jadikan hal itu sebagai ladang untuk mendatangkan cuan.


Baca juga: Resesi Ekonomi 2023, Dosen Undip Semarang: Ada 5 Bisnis yang Aman dan Tetap Bertahan


4. Siapkan Pekerjaan Sampingan


Jika sebelumnya pekerjaan samping sering dianggap remeh, mungkin akan terasa sangat berharga saat masa resesi ekonomi.


Menjadi seorang pekerja lepas seperti menjual produk kebutuhan pokok, atau membuka jasa paruh waktu (freelance) bisa menjadi sumber pendapatan saat beberapa bisnis lain tengah lesu.


Ada banyak contoh pekerjaan freelance yang dipercaya tetap bertahan dari gelombang resesi ekonomi 2023. Detil penjelasannya bisa Anda baca pada artikel ini <<klik link untuk membaca


5. Perluas Koneksi


Koneksi atau hubungan dengan relasi bisnis perlu untuk diperluas pada masa ini. Tidak menutup kemungkinan untuk melakukan kolaborasi bisnis dengan mereka.


Meski bekerja bersama kelompok kecil untuk menjalankan bisnis akan terasa berguna ketimbang menjalankan banyak hal sendirian.


Dengan begitu, kemampuan berkolaborasi juga akan berguna saat masa resesi nantinya telah terlewati. Anda pun tetap dapat melanjutkan kolaborasi bisnis tersebut dengan jangka waktu yang lama setelahnya.


Baca juga: 9 Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2023, Bisa Jadi Jutawan Setiap Bulan


Dengan lima tips di atas dipercaya dapat menjadi solusi menghadapi resesi ekonomi di tahun 2023 mendatang.


Sehingga Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Sebaiknya mulailah belajar berhemat dari sekarang seraya memikirkan upaya investasi pada hal-hal yang dapat mendatangkan profit di kemudian hari.


Demikian tips solusi menghadapi resesi ekonomi 2023. Semoga bermanfaat.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close