GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Ramai Soal Resesi Ekonomi 2023, Apa Sih Maksudnya? Ini Arti Pengertian Definisinya!

Ramai Soal Resesi Ekonomi 2023, Apa Sih Maksudnya? Ini Arti Pengertian Definisinya!
Ilustrasi. Pengertian tentang resesi ekonomi. (Dok. iNet)

PEWARTA.CO.ID - Kabar bahwa tahun 2023 akan terjadi resesi ekonomi sudah menggemparkan masyarakat khususnya yang ada di internet. Kepanikan kemudian muncul jika hal itu benar terjadi.


Sejumlah pengamat ekonomi juga tak sedikit yang memberikan gambaran serta kiat agar selamat dari ancaman resesi ekonomi 2023 tersebut.


Namun bagi sebagian masyarakat mungkin masih ada yang belum tahu apa itu resesi ekonomi. Maka wajar jika mereka kemudian mencari pemahaman arti ataupun pengertian definisi resesi.


Lantas, apa sih maksud pengertian resesi ekonomi tersebut?


Simak artikel ini hingga tuntas agar mengetahui arti definisi resesi.


Baca juga: Inilah Bisnis yang Diprediksi Bakal Tahan Terhadap Ancaman Resesi 2023 Menurut Dr. Nugroho


Definisi Resesi Ekonomi


Dilansir dari situs resmi OJK.go.id pada bagian kanal SikapiUangmu, pemahaman sederhananya, resesi ekonomi adalah suatu kondisi di mana perekonomian suatu negara sedang dalam kondisi memburuk.


Hal itu bisa dilihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang bergerak negatif, angka pengangguran meningkat, maupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.


Pada laman itu juga dijelaskan jika kondisi memburuknya perekonomian sedikit banyaknya dipengaruhi oleh pandemi Covid-19. Mengapa demikian?


Karena saat pandemi Covid-19, kebiasaan masyarakat telah memengaruhi pelemahan daya beli serta perlambatan ekonomi. Maka imbasnya pada kelangsungan hidup perusahaan-perusahaan yang menghidupi banyak karyawan dan biaya operasionalnya.


Baca juga: Resesi Ekonomi 2023, Dosen Undip Semarang: Ada 5 Bisnis yang Aman dan Tetap Bertahan


Dampak Resesi Ekonomi


Selain yang telah disebutkan di atas, resesi ekonomi juga memengaruhi sejumlah aspek, antara lain:


1. Ekonomi semakin sulit di mana faktor penyebab utamanya dipengaruhi daya beli masyarakat yang menurun secara signifikan. Masyarakat juga cecnderung menahan pengeluaran selama tidak ada pemasukan yang pasti.


2. Terjadinya perlambatan ekonomi yang membuat sektor riil menahan kapasitas produksi. Hal inilah yang membuat terjadinya PHK di sejumlah perusahaan baik skala kecil bahkan sampai yang besar.


3. Kinerja instrumen investasi mengalami penurunan. Selain itu investor akan lebih selektif dengan menempatkan dananya pada jenis investasi yang aman.


Dengan melihat penjelasan mengenai dampak-dampak yang ditimbulkan dari resesi ekonomi tersebut, lalu bagaimanakah cara menyikapi keuangan pada saat resesi terjadi?


Baca juga: Tips Solusi Menghadapi Resesi Ekonomi 2023, Ngga Perlu Panik!


Baca juga: 9 Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2023, Bisa Jadi Jutawan Setiap Bulan


Setidaknya ada lima langkah cerdas yang perlu dilakukan jika resesi ekonomi benar-benar terjadi.


Pertama, ingat rumus perencanaan keuangan 10-20-30-40. Ya, pastikan 20 persen dana yang digunakan untuk investasi hanya digunakan pada saat darurat saja.


Kedua, kurangi beban pengeluaran yang tidak penting. Termasuk kurangi pengeluaran untuk utang. Jika saat ini telah ada dananya, sebaiknya segera lunasi utang tersebut. Karena dalam kondisi resesi Anda tidak akan tahu keadaan keuangan Anda akan bertahan berapa lama.


Ketiga, lihat portfolio investasi yang Anda lakukan selama ini. Jika kondisi pasar global memburuk sebaiknya pilih investasi yang relatif lebih aman seperti emas.


Keempat, hiduplah dengan pemenuhan kebutuhan sewajarnya. Tidak perlu panik berlebihan dalam menghadapi resesi ekonomi. Yang perlu dilakukan hanya perlu mengonsumsi seperti biasanya demi membantu ekonomi tetap tumbuh. Karena daya konsumsi masyarakat sangat berperan dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara.


Baca juga: Ide Bisnis 2023, Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang


Kelima, cermati perkembangan kondisi ekonomi secara up to date. Tangkap peluang apapun yang ada di sekitar meski nilai profitnya tidak terlalu besar sekalipun. Karena biarpun kecil selagi itu bisa menolong dompet maka patut untuk diperjuangkan.


Nah, sampai sini tentu sudah banyak yang mulai paham tentang maksud arti, pengertian, dan definisi dari resesi ekonomi, ya!


Tetap optimis, dan tidak perlu panik terhadap ancaman resesi ekonomi 2023. Ingat, resesi hanya bagian dari siklus bisnis dan atau ekonomi yang kapanpun itu pasti bisa terjadi.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close