Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

ADVERTISEMENT

Bawah Navigasi Mobile

Kreatif! Ternyata Jogja Punya Daerah yang Namanya Mirip di Luar Negeri, Mana Saja?

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:43 WIB Last Updated 2023-01-25T02:53:32Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kreatif! Ternyata Jogja Punya Daerah Yang Namanya Mirip di Luar Negeri. Daerah Mana Sajakah Itu?
Ilustrasi Tugu Jogja


PEWARTA.CO.ID - Bicara Jogja, rasanya tidak akan lepas dari unsur pariwisatanya yang cukup beragam. Bahkan saking kreatifnya, nama-nama daerah tertentu pun bisa diubah seperti nama yang ada di luar negeri agar lebih mudah diingat.


Menyingkat nama sebuah tempat, adalah salah satu kebiasaan yang kerap kali dilakukan oleh warga Jogja. Hampir semua tempat bisa disingkat menjadi nama yang baru serta unik, bahkan malah bisa jadi tambah terkenal karena singkatan tersebut hampir mirip dengan lokasi yang ada di luar negeri.


Penasaran? Daerah mana sajakah itu? Nah, inilah beberapa daerah di Jogja yang memiliki singkatan yang sangat mirip dengan nama daerah yang ada di luar negeri.


1. Pyongyang


Membaca kata ini mungkin sebagian besar dari kita akan mengarah ke ibu kota Korea Utara. Iya kan? Tapi, ternyata ini bukanlah ibu kota Korea Utara seperti yang kita maksudkan.


Singkatan ini sering dipakai untuk menunjuk ke daerah Piyungan, yang ada di Kabupaten Bantul. Sepintas, ketika diucapkan kedua nama tersebut memang sedikit agak mirip.


Itulah yang menjadi sebab, kenapa warga Jogja sering sekali menyebut nama Piyungan dengan Pyongyang. Dengan sebutan ini, alhasil daerah piyungan terkesan lebih populer serta mudah untuk diingat.


Baca juga: 9 Wisata Edukasi di Yogyakarta, Mulai Monumen Sampai Museum, Warga Jogja Harus Bangga!


2. Paris


Kata ini ketika terdengar oleh warga Indonesia, pasti ingatannya langsung tertuju ke Perancis. Salah satu tempat di Eropa yang begitu indah serta banyak menjadi kunjungan wisata orang-orang dari berbagai negara.


Namun, tidak begitu bagi warga Jogja. Paris adalah singkatan khusus yang ditujukan untuk daerah yang bernama Parangtritis.


Paris atau Parangtritis adalah nama sebuah pantai yang berada di sebelah selatan Jogja. Pantai ini cukup terkenal di kalangan para wisatawan, baik lokal maupun yang berasal dari luar Jogja.


Wisata pantai ini semakin unik dengan sebutan atau singkatan tersebut. Bahkan tidak jarang seringkali digunakan untuk menjebak para wisatawan luar Jogja, dengan mengatakan bahwa mereka akan diajak ke Paris. 


Uniknya lagi, penyebutan kata Paris ini tidak hanya terbatas pada lokasi wisatanya saja. Namun sepanjang jalan Parangtritis juga disingkat dengan nama Jalan Paris.


Baca juga: 5 Merek Tortilla di Jogja yang Paling Direkomendasikan Pengusaha Kebab, Apa Saja?


3. Jerman


Satu lagi nama yang cukup unik dan kreatif adalah, Jerman. Kata ini berasal dari singkatan Jejer Sleman atau artinya dalam bahasa Indonesia adalah dekat sleman.


Jadi, ketika Paris itu mengacu pada daerah area pantai selatan, singkatan Jerman ini memiliki area cakupan yang lebih luas lagi, karena mengacu pada nama kabupaten, yaitu Sleman.


Singkatan digunakan untuk menunjukkan lokasi-lokasi atau tempat tujuan yang ada berdekatan dengan Sleman. Akronim ini seringkali juga digunakan untuk menunjukkan lokasi yang berdekatan dengan Kauman (Jejer Kauman).


Jadi, pastikan kamu tidak bingung lagi ya, ketika ada temanmu yang mengatakan bahwa tempat tinggalnya di Jerman. Bukan Jerman yang di Eropa, tapi Jejer Sleman.


Cukup kreatif sekali ya. Itulah beberapa lokasi atau daerah di Jogja yang namanya sangat mirip dengan lokasi yang ada di Eropa. Sekali lagi, jangan sampai gagal paham ya. Pelajari bahasa singkatan ini, agar Anda tidak salah makna.


ADVERTISEMENT

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close