GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

9 Wisata Edukasi di Yogyakarta, Mulai Monumen Sampai Museum, Warga Jogja Harus Bangga!

9 Wisata Edukasi di Yogyakarta, Mulai Monumen Sampai Museum, Warga Jogja Simak!
Foto Gong Perdamaian yang ada di Taman Pintar Yogyakarta, salah satu wisata edukasi di Jogja. (Dok. tamanpintar.com)

PEWARTA.CO.ID - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah sattu provinsi di Indonesia yang memiliki segudang destinasi wisata populer. Baik itu wisata untuk hiburan semata, instagramable, maupun yang bersifat edukatif.


Di antara sekian banyak destinasi wisata di Jogja tersebut, masyarakat dapat memilihnya sesuai maksud dan tujuannya masing-masing.


Misalnya, jika bertujuan untuk belajar tentang sejarah dan pendidikan tentu wisata edukasi Jogja adalah solusinya.


Dalam artikel ini, redaksi Pewarta merangkum daftar wisata edukasi di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi saat masa liburan tiba.


Atau bisa juga menjadi alternatif liburan pada akhir pekan nanti, selagi mencari hiburan juga memetik nilai edukatif setelah mengunjunginya.


Baca juga: Wisata Edukasi, Media Seru di Malang untuk Refreshing Sambil Belajar


Setidaknya ada 9 wisata edukasi di Yogyakarta yang masuk ke dalam rekomendasi utama yang wajib di simak satu persatu berikut penjelasannya.


Wisata edukasi di Yogyakarta


Dilansir dari wisatarakyat.com, inilah kesembilan wisata edukasi Jogja tersebut.


1. Museum TNI AU Dirgantara Mandala


Rekomendasi pertama tempat wisata edukasi di Yogyakarta adalah Museum TNI AU Digantara Mandala.


Lokasi museum ini berada di komplek Pangkalan Udara TNI AU Lanud Adisutjipto, tepatnya ada di Jalan Raya Janti, Karang Jambe, Maguwoharjo, Depok, Sleman Regency, DIY.


Museum TNI AU Dirgantara Mandala
Foto: Museum TNI AU Dirgantara Mandala. (Dok. Eksotis Jogja)


Sejumlah koleksi foto-foto tokoh sejarawan menjadi daya tarik di museum ini selain koleksi pesawat tempur dan replika perang dunia kedua.


Jam buka Museum TNI AU Dirgantara Mandala mulai pukul 08.30 WIB dan tutup pada pukul 16.30 WIB.


Harga tiket masuk Museum TNI AU Dirgantara Mandala sangat murah meriah, yakni Rp 6.000 saja per orang.


Baca juga: 10 Tempat Wisata Paling Bahagia di Dunia Versi Club Med, Bali Teratas Kalahkan Barcelona dan Dubai


2. Taman Pintar Yogyakarta


Di lokasi wisata ini pengunjung dapat memperoleh dua keuntungan sekaligus, yakni rekreasi yang berkesan dan edukasi untuk menambah wawasan.


Sesuai namanya, Taman Pintar Yogyakarta sebagai tempat yang tepat untuk belajar bagi kalangan pelajar. Pasalnya, di tempat ini menyediakan berbagai piranti sains guna menambah kecintaan siswa kepada dunia sains.


Selain itu, perangkat sains tersebut juga bisa mempermudah kalangan guru untuk menjelaskan perihal sains kepada murid-muridnya. Jadi tak hanya teori, di tempat ini pelajar bisa langsung mengetahui alat-alat sesuai yang dijelaskan oleh pengajar.


Harga tiket masuknya pun variatif, mulai dari Rp 6.000 sampai yang tertinggi Rp 45.000.


Jika penasaran serunya berkunjung di wisata edukasi ini Anda bisa mendatangi lokasinya di Jalan Panembahan Senopati Nomor 1-3, Yogyakarta, mulai pukul 08.30 WIB sampai 16.00 WIB.


3. Kalen Edukasi Lupatmo


Siapa sangka tempat yang dulunya terkenal sebagai sungai kumuh ini kini menjadi saran edukasi mengasyikan. Ya, Kalen yang dalam bahasa Jawa berarti sungai, bisa menjadi tempat belajar bernuansa alam bagi pengunjungnya.


Tempat wisata ini kian menarik dengan cat warna-warni di sekeliling bantaran sungainya.


Pengunjung dapat melakukan terapi ikan dengan memasukkan kaki ke pinggiran sungai di Kalen Edukasi Lupatmo
Pengunjung dapat melakukan terapi ikan dengan memasukkan kaki ke pinggiran sungai di Kalen Edukasi Lupatmo. (Dok. Portal Jogja)


Kalen Edukasi Lupatmo berlokasi di Dusun Bendo, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta.


Menariknya, jika berkunjung ke lokasi wisata edukasi ini pengunjung tidak akan dipatok tarif sepeserpun, alias gratis. Pun demikian dengan jam operasionalnya yang tidak ada ketentuan soal jam buka dan tutupnya.


Baca juga: 5 Fakta Menarik Suku Abui di Alor NTT, Dulu Dijuluki Pemburu Kepala Manusia, Kok Bisa?


4. Sindu Kusuma Edupark


Rekomendasi wisata edukasi di Jogja selanjutnya adalah Sindu Kusuma Edupark yang berlokasi di Jalan Jambon, Sindudadi, Mlati, Sleman, Yogjakarta.


Tempat wisata seluas 7 hektar ini mulai dibangun pada 2014 silam. Adapun yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah dengan adanya berbagai wahana seperti tterapi ikan, kora-kora, kopi puter, montor tumber, disaster room, miniatur Candi Borobudur, dan lain sebagainya.


Untuk memasuki Sindu Kusuma Edupark pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000-Rp 60.000 per orang.


Namun sebelum mengunjunginya Anda perlu mengetahui jam operasionalnya, seperti dijelaskan berikut:


Senin: Libur

Selasa-Jumat: 09.00-17.00 WIB

Sabtu-Minggu: waterpark (08.00-17.00) dan wahana (110.00-18.00)


5. Museum Benteng Vredeburg


Nama wisata satu ini tentu sudah tidak asing lagi, profilnya juga kerap muncul di televisi. Museum Benteng Vredenburg berada di Jalan Margo Mulyo Nomor 6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta.


Di dalam lokasi Museum Benteng Vredeburg terdapat banyak koleksi bersejarah, seperti senjata perang, miniatur, lukisan dan foto-foto sejarah yang terkait dengan tempat itu.


Harga tiket masuk Museum Benteng Vredeburg hanya Rp 3.000 saja, sangat terjangkau bagi siapapun.


Sementara untuk jam operasionalnya, Museum Benteng Vredeburg buka di jam 08.00 WIB dan tutup pada pukul 16.00 WIB.


Gerbang masuk Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta
Gerbang masuk Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta. (Dok. Indonesia Kaya)


Baca juga: Catat! Ini 7 Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits di Tahun 2022, Lengkap Harga Tiket


6. Monumen Jogja Kembali (Monjali)


Bagi wisatawan luar kota yang melakukan perjalanan via jasa agen perjalanan (tour and travel) biasanya kerap memasukkan Monumen Jogja Kembali (Monjali) ke dalam daftar destinasi yang dikunjungi.


Benar saja, tempat ini bukan hanya menarik untuk rekreasi, tetapi juga sarat akan ilmu pengetahuan.


Monjali menyimpan beragam koleksi antik seperti pakaian, senjata, relief, dan diorama bernuansa masa perjuangan kemerdekaan silam.


Monumen yang berada di Jalan Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, Yogyakarta ini terbuka untuk umum antara pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.


Harga tiket masuk Monumen Jogja Kembali adalah Rp 15.000 per orang.


7. Museum Keraton Yogyakarta


Ke Jogja belum lengkap jika belum mengunjungi lingkungan keraton. Pasalnya tempat ini kental akan sejarah kerajaan yang bisa menambah wawasan kebangsaan pengunjungnya.


Keraton Yogyakarta diklaim memiliki desain arsitektur istana terbaik di bumi Nusantara. Karena keraton ini memiliki balairung-balairungg mewah yang juga terdapat lapangan luas di sekitarnya.


Museum Keraton Jogja menyimpan benda-benda bersejarah, di antaranya barang-barang pemberian raja-raja Eropa, replika keraton, gamelan, dan koleksi para sultan.


Baca juga: Studio MataHati Ceramics, Wisata Edukasi dan Galeri Keramik Kini Hadir di Batu


Salah satu potret kegiatan kebudayaan di Museum Keraton Yogyakarta
Salah satu potret kegiatan kebudayaan di Museum Keraton Yogyakarta. (Dok. Kompas)


8. Museum History of Java


Lalu, destinasi selanjutnya ada Museum History of Java. Seperti namanya, tempat ini menyimpan koleksi yang merepresentasikan sejarah tentang Jawa.


Bahkan, Museum History of Java menyuguhkan sejarah lengkap Pulau Jawa sejal 2,5 juta tahun sebelum masaehi, di mana saat itu merupakan era kejayaan kerajaan di tanah Jawa.


Lokasi Museum History of Java berada di Jalan Parangtritis Km 5.5 (Pyramid Cafe) Tarudan, Bangunharjo, Sewon, Bantul, DIY.


Jam bukanya adalah pukul 09.00-18.00 WIB. Untuk mengunjungi tempat ini wisatawan perlu merogoh kocek sebesar Rp 30.000 (domestik) dan Rp 50.000 (manca negara).


9. Merapi Park


Rekomendasi tempat wisata edukasi di Jogja yang terakhir adalah Merapi Park. Bisa ditebak, tempat ini menyugguhkan panorama berkaitan dengan Gunung Merapi yang melegenda.


Ada banyak spot foto menarik di sepanjang lokasi Merapi Park. Bahkan saking menariknya, tempat ini sampai dijuluki The World Landmarks karena memiliki banyak miniatur kota-kota besar di dunia seperti Big Ben London sampai Menara Eiffel Prancis.


Selain itu, Merapi Parrk juga memiliki banyak wahana seru seperti waterpark, dino park, aksi tunggang kuda, serta jemparingan.


Jika tertarik mengunjunginya, Anda bisa merapat ke Jalan Kaliurang No. KM 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, DIY.


Jam operasional Merapi park adalah pukul 09.00-17.00 WIB, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 35.000 per orang.


Baca juga: Kali Pepe Land, Wisata Baru di Boyolali yang Mempesona


Itu dia 9 destinasi wisata edukasi di Jogja yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga tercinta.


Sekali lagi, liburan bukan hanya untuk menyegarkan otak semata, tetapi yang bisa menambah wawasan juga perlu dipertimbangkan.


Meski demikian, selain kesembilan lokasi wisata edukasi di Yogyakarta yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak destinasi lain yang belum tercantum. Karenanya nantikan update artikel selanjutnya di Pewarta.co.id.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close