GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

4 Jenis Tempat untuk Menggelar Resepsi Pernikahan di Indonesia, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

4 Jenis Tempat untuk Menggelar Resepsi Pernikahan di Indonesia, Simak Juga Kelebihan dan Kekurangannya
Foto: resepsi pernikahan gaya pakaian adat. (Dok. Instagram/@grandcazamora)

PEWARTA.CO.ID - Pemilihan tempat resepsi pernikahan merupakan salah satu keputusan penting yang harus diambil dalam persiapan pernikahan. Tempat resepsi pernikahan dapat dipilih berdasarkan tema pernikahan, anggaran, jumlah tamu, atau preferensi pribadi pasangan pengantin. Dalam hal ini, calon pengantin dapat menentukan terlebih dahulu ingin menikah dimana dan konsep seperti apa.


Pemilihan tempat resepsi pernikahan dapat memengaruhi suasana pernikahan secara keseluruhan. Memilih tempat resepsi pernikahan yang tepat bisa menciptakan suasana yang hangat dan romantik, yang akan membuat momen pernikahan menjadi lebih sakral dan berkesan.


Ada beberapa jenis tempat resepsi pernikahan yang umum dipakai di Indonesia, di antaranya sebagai berikut ini.


1. Rumah


Menggelar acara pernikahan di rumah cocok bagi orang yang memiliki halaman rumah luas. Orang Indonesia banyak yang menyebut resepsi pernikahan di rumah dengan sebutan Hajatan.


Dekorasi pelaminan untuk resepsi pernikahan di rumah
Dekorasi pelaminan untuk resepsi pernikahan di rumah. (Dok. Instagram/@grandcazamora)


Hajatan pernikahan di rumah dapat membantu pasangan menghemat biaya, karena tidak perlu membayar biaya sewa tempat. Hajatan pernikahan di rumah juga memberikan kemudahan pada pasangan mempelai dalam memilih waktu pelaksanaan acara, serta tidak terbatas pada waktu atau durasi acara layaknya menyewa di tempat umum.


Meskipun memiliki keuntungan dalam segi biaya dan fleksibilitas, tetapi ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggelar hajatan pernikahan di rumah. Biasanya, rumah memiliki ruang dan fasilitas yang terbatas dibandingkan dengan tempat resepsi pernikahan komersial seperti hotel atau gedung.


Selain itu, acara pernikahan yang berlangsung di rumah pribadi juga berpotensi mengganggu tetangga sekitar. Misalnya, tamu undangan parkir di depan rumah rumah-rumah warga dan sepanjang jalan, sampah sisa acara berserakan dan mengganggu tetangga sekitarnya. Hal ini bisa menjadi masalah jika tetangga merasa terganggu oleh kebisingan, lalu lintas, atau gangguan lainnya.


Baca juga: Viral, Pasangan di Yogyakarta ini Menggelar Pernikahan di Metaverse


2. Gedung


Tidak punya halaman rumah luas untuk menggelar resepsi pernikahan? Tenang saja, kan masih ada gedung.


Gedung pernikahan biasanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti meja dan kursi, dekorasi, sound system, pencahayaan, dan area parkir yang memadai. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot mencari fasilitas tambahan dan mengatur semuanya sendiri.


Tempat menggelar resepsi pernikahan di hotel
Dok. Instagram/@grandcazamora


Gedung pernikahan biasanya menyediakan layanan profesional seperti catering, fotografi, dan koordinator acara yang membantu mengatur semua hal dari awal hingga akhir acara. Ini dapat mengurangi beban persiapan acara bagi pasangan dan keluarga.


Gedung pernikahan juga memiliki kapasitas yang lebih besar daripada rumah atau tempat ibadah, sehingga pasangan dapat mengundang lebih banyak tamu.


Tak perlu khawatir mencari gedung, karena setiap kota pasti memiliki gedung yang disewakan untuk acara pernikahan. Salah satu contohnya adalah Gedung Serbaguna CAZAMORA yang berada di Bekasi, Jawa Barat.


Gedung tersebut disewakan untuk berbagai keperluan acara, termasuk acara pernikahan. Gedung tersebut juga cocok untuk pasangan yang ingin menikah sesuai adat.


Gedung Serbaguna CAZAMORA menawarkan biaya acara pernikahan yang cukup terjangkau, bahkan saat ini termasuk gedung yang termurah di Bekasi.


CAZAMORA memberikan promo paket resepsi pernikahan dengan harga yang sangat murah. Paket resepsi pernikahan All-in bisa Anda dapatkan dibawah harga Rp 100 jt dan mampu menampung hingga 1000-an tamu undangan. Tentu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menggelar acara pernikahan di gedung, tetapi dengan anggaran terbatas. Untuk informasi selengkapnya, Anda dapat cek di Instagramnya @grandcazamora.


Baca juga: Pasutri di Bulukumba Dapat Kado Dari Disdukcapil Bulukumba


3. Hotel


Umumnya hotel disewakan sebagai tempat penginapan. Seiring berjalannya waktu, hotel banyak dipilih sebagai tempat untuk melangsungkan resepsi pernikahan.


Hotel cocok untuk pasangan yang ingin menggelar resepsi pernikahan dengan konsep mewah. Namun, menikah di hotel mungkin kurang cocok bagi pasangan yang ingin pernikahan mereka terasa lebih intim dan personal, atau bagi pasangan yang memiliki budget yang terbatas karena biaya menikah di hotel cenderung lebih mahal dibandingkan dengan tempat resepsi pernikahan lainnya.


Selain biaya sewa yang mahal, salah satu kekurangan menikah di hotel adalah adanya batasan waktu yang ditetapkan oleh pihak hotel untuk acara pernikahan.


Jasa sewa tempat resepsi gedung CAZAMORA
Dok. Instagram/@grandcazamora


Biasanya hotel memiliki jadwal acara yang padat, terutama pada akhir pekan dan hari libur nasional, sehingga waktu acara pernikahan juga terbatas. Hal ini bisa menjadi masalah jika pasangan ingin memperpanjang waktu acara pernikahan, misalnya untuk sesi foto atau untuk acara after-party.


Selain itu, hotel juga menerapkan aturan-aturan yang ketat terkait dengan waktu acara, seperti pemberian denda jika acara berlangsung melebihi waktu yang ditetapkan.


Baca juga: Akhiri Masa Jomblo, Kakek ini Menikah di Usia 95 Tahun


4. Restoran


Ingin menggelar resepsi pernikahan dengan suasana santai? Mungkin restoran bisa jadi pertimbangan.


Restoran cocok untuk acara pernikahan yang bersifat santai. Restoran memiliki ruang dan fasilitas yang sesuai dengan jumlah tamu yang Anda undang, serta menyediakan makanan dan minuman yang lezat untuk menambah kehangatan acara pernikahan Anda.


Salah satu kekurangan resepsi pernikahan di restoran adalah terbatasnya ruang dan kapasitas. Ukuran restoran biasanya terbatas, sehingga ruang dan kapasitasnya mungkin tidak cukup untuk jumlah tamu yang besar atau acara pernikahan yang mewah.


Selain itu, restoran mungkin menambahkan biaya tambahan untuk layanan seperti catering, minuman, atau dekorasi, yang dapat menambah biaya keseluruhan acara Anda.


Jika ingin menggelar acara pernikahan dengan mengundang banyak tamu, Anda dapat memilih Gedung Serbaguna CAZAMORA. Gedung ini memiliki ruang yang luas dan mampu menampung 1.300 orang.


Dengan kapasitas besar, fasilitas lengkap, dan biaya yang terjangkau, Gedung Serbaguna CAZAMORA menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin menggelar resepsi pernikahan impian.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai Gedung Serbaguna CAZAMORA dapat menyimak penjelasannya melalui akun Instagram https://www.instagram.com/grandcazamora/


Nah, itulah beberapa jenis tempat resepsi pernikahan di Indonesia. Meskipun demikian, memilih tempat resepsi pernikahan merupakan hak dan keputusan pribadi dari masing-masing pasangan. Pasangan dapat memilih tempat resepsi pernikahan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.


(Adv/Adv)



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close