GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Cara Memulai Bisnis Online dari Awal, Pemula Wajib Simak Tips Ini Agar Sukses

Cara Memulai Bisnis Online dari Awal, Pemula Wajib Simak Tips Ini Agar Sukses
Ilustrasi. Bisnis online

PEWARTA.CO.ID - Sebelum memulai bisnis online, setiap orang wajib mengetahui sekaligus memperhatikan sejumlah hal penting berikut.


Hal ini setidaknya bisa membuka wawasan agar lebih siap dalam menjalankan bisnis online dengan segenap rintangannya.


Apalagi persaingan antar pebisnis online kini sudah banyak beredar di internet. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya jenis produk maupun jasa yang ditawarkan di dunia maya.


Beberapa contoh bisnis online misalnya seperti jual baju, aksesoris, bahkan sampai kebutuhan pokok semua tersedia di ruang digital.


Harga yang ditawarkan bisnis online pun juga lebih variatif dan terkesan perang harga di antara penjual ketimbang toko-toko kelontong yang ada di sekeliling tempat tinggal kita.


Nah, agar bisa sukses seperti mereka, langkah apa yang mesti dilakukan agar bisnis online dapat menjangkau target market yang tepat secara cepat? Simak tips cara memulai bisnis online dari nol di bawah ini.


Seperti dilansir dari media Berita Bisnis, adapun hal yang diketahui sebelum memulai bisnis online ada 13 poin penting, di antaranya:


1. Tentukan ide bisnis


Cari ide bisnis yang sekiranya cocok dengan minat dan keahlian Anda. Hal ini akan membantu proses pengembangan bisnis karena Anda menguasainya.


Setelah menentukan jenis bisnis yang hendak dijalankan, maka strategi selanjutnya adalah optimasi sampai bisnis tersebut dapat dikenal oleh khalayak.


Baca juga: Peluang Digital Nomad! Gaji Capai Rp51 Juta, Kerja Bebas Dimana Saja, Mau?


2. Lakukan riset pasar


Pahami seperti apa peluang dari bisnis tersebut terkait minat pasar, strategi pesaing, dan kebutuhan yang diinginkan pasar.


Buat seolah bisnis Anda selalu memiliki sesuatu yang berbeda dibanding milik kompetitor setelah mengenali pasar tersebut.


3. Buat perencanaan


Atur perencanaan terkait pemodalan pengadaan bisnis, strategi kampanye, hingga cara mengantisipasi persaingan di pasar.


Hal tersebut dapat menjadi pedoman pada kondisi apapun sehingga Anda tidak kaget dengan situasi pasar yang gampang berubah.


4. Manfaatkan platform yang tepat


Mengingat bisnis yang hendak dijalankan adalah online, maka pemilihan platform yang tepat akan sangat menentukan nasib bisnis ke depannya.


Saat ini ada banyak pilihan platform yang bisa digunakan, mulai dari e-commerce, marketplace, TikTok Shop, sampai media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.


Baca juga: Rekomendasi Barang Impor China yang Banyak Diminati Konsumen Indonesia, Apa Saja?


5. Terapkan SEM


Bagi yang belum mengerti, SEM merupakan akronim dari Search Engine Marketing. Dengan kata lain, cara ini sebagai upaya mengoptimalkan kinerja mesin pencari untuk memposisikan produk pada peringkat teratas pada hasil pencarian.


Istilah lain dari metode ini adalah SEO, yaitu kependekan dari Search Engine Optimization. Cuma bedanya SEM lebih spesifik membahas ulasan produk beserta penempatan nomor kontak yang dapat dihubungi untuk proses pembelian.


Dengan begitu calon konsumen akan lebih mudah menemukan produk Anda, beserta tampil lebih terlihat dibanding punya kompetitor.


Baik SEO maupun SEM sama-sama gratisnya, namun diperlukan waktu yang relatif lama untuk membangun engagement dan memenangkan kata kunci di search engine.


Tips membangun bisnis dari awal untuk pemula
Ilustrasi. Bisnis online.


6. Eksplorasi media sosial


Dari sekian banyak media sosial (medsos), lakukan filterisasi dengan melihat insight pada masing-masing medsos tersebut. Lihat medsos mana yang meraih engagement tertinggi.


Hal ini dapat mengefektifkan waktu Anda sehingga hanya memanfaatkan medsos paling powerful saja meski tanpa mengesampingkan medsos lain dengan insight terendah. Namun akan menentukan porsi posting pada medsos paling potensial saja.


7. Pastikan sistem pembayaran mudah


Buat alur pembayaran yang mudah sehingga tidak membuat pembeli merasa jengkel. Hal ini juga akan memengaruhi minat beli konsumen di kemudian hari.


Artinya, pengalaman pembelian pertama akan membuat mereka berpikir untuk membeli ulang suatu saat nanti karena kemudahan saat melakukan check out.


Baca juga: Ingin Sukses Mengelola Bisnis? Ikuti 4 Tips Mendasar Berikut, Pemula Wajib Simak!


8. Memudahkan proses pengiriman


Sama halnya dengan proses pembayaran, tambahkan juga kemudahan fitur pengiriman dengan jasa ekspedisi terpercaya.


Kondisi barang yang sampai ke tangan pembeli dengan keadaan yang baik tentu akan menimbulkan feedback positif.


Karenanya Anda harus selektif memilih jasa pengiriman paket yang benar-benar memiliki reputasi baik.


9. Jaga ketersediaan barang


Di saat trafik penjualan sedang ramai imbas usaha Anda dengan mempraktikkan sejak poin pertama, jangan sampai terjadi kemacetan layanan karena suplai barang yang tersendat.


Pastikan ketersediaan barang dagangan selalu aman jika memang layanan yang diberikan adalah ready stock. Beda halnya jika jenis bisnis online yang dijalankan adalah bersistem pre order.


10. Lakukan splid test pasar


Jika telah mengetahui letak kelebihan dan kekurangan pasar, maka sebagai pebisnis sudah semestinya melakukan optimasi pada target market yang dianggap paling potensial.


Hal tersebut dapat diketahui dengan melakukan splid test alias tes pasar berdasarkan jangkauan, impresi, engagement, dan konversi yang seimbang.


Baca juga: Punya Aset Properti di Bali Tapi Bingung Kelola? Pakai Jasa Soobali Villa Management, Dijamin Untung


11. Bangun konektivitas pelanggan


Pentingnya membangun emosional dengan konsumen tak hanya dilakukan sejak sebelum pembelian terjadi. Tetapi lakukan juga hal itu bahkan ketika konsumen sudah memutuskan untuk membeli produk Anda.


Terus lakukan pendekatan secara intens, gali kebutuhannya, barangkali akan terjadi repeat order di kemudian hari dari orang yang sama.


Konsumen jenis ini digambarkan dengan warna merah pekat pada laporan infografis penjualan sebagai ilustrasi yang mewakili boiled user.


12. Buat strategi variatif agar tidak monoton


Mengingat tren market yang terus berubah-ubah, maka sebaiknya buat strategi kampanye iklan yang juga lebih variatif.


Variasi harga, gimmick promo, hingga paket-paket khusus akan cukup menolong eksistensi bisnis dalam jangka lama.


13. Bentuk kolaborasi demi branding


Tips terakhir paham akan pentingnya melakukan kolaborasi dengan content creator yang kini bisa dibilang memiliki peran utama terhadap majunya sebuah bisnis online.


Di tangan, mulut, dan pikiran para kreator digital itu nantinya akan berimbas pada insight postingan iklan Anda.


Ingat, sekarang bukan jamannya lagi saingan, tetapi eranya kolaborasi!



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close