GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Cara Mengatasi Fitur Notes Instagram Tidak Muncul, Begini Solusinya

Cara Mengatasi Fitur Notes Instagram Tidak Muncul, Begini Solusinya
Fitur terbaru Instagram yakni Notes. (Dok. First  Media)

PEWARTA.CO.ID - Banyak pegiat media sosial (medsos) yang mengeluhkan adanya ketidakwajaran pada aplikasi Instagram, utamanya pada fitur Notes.


Pasalnya, fitur Notes Instagram kerap kali eror saat hendak digunakan. Hal ini tentu membuat banyak pengguna aplikasi buatan Meta itu kecewa.


Lantas, bagaimana cara mengatasi fitur Notes Instagram tidak muncul tersebut? Ketahui solusinya dengan menyimak tutorial berikut.


Cara mengatasi fitur Notes Instagram tidak muncul


Dikutip dari ipostekno.com, ternyata jika mengetahui triknya, mengatasi fitur Notes Instagram tidak muncul sangatlah mudah.


Pertama, yang perlu dilakukan pengguna adalah keluar atau log out dari aplikasi Instagram terlebih dahulu.


Selanjutnya, lepas pemasangan (uninstall) aplikasi Instagram dari ponsel. Hal ini bisa dilakukan melalui pengaturan aplikasi di HP atau via Google PlayStore.


Jika sudah, lakukan pemasangan kembali (install) seperti awal dulu memasangnya. Cukup pasang lalu jalankan pada perangkat smartphone yang biasa digunakan.


Baca juga: Antara Youtube dan TikTok, Mana yang Lebih Boros ke Kuota Data Internet Pengguna?


Setelah membuka aplikasi Instagram yang baru saja terunduh, tentu pengguna harus masuk atau log in Instagram terlebih dahulu. Jadi masukkan username/email dan password Anda.


Nah, sekarang coba lihat semua fitur yang ada di akun Instagram setelah berhasil melakukan log in. Otomatis semua fitur tersebut dapat berjalan dengan lancar karena aplikasi dianggap masih segar karena baru dipasang.


Penyebab fitur Notes Instagram tidak muncul


Masih dikutip dari sumber yang sama, adapun penyebab fitur Notes Instagram tidak muncul karena beberapa hal berikut.


Terlalu banyak menyimpan cache


Seiring pemakaian secara terus-menerus, maka aplikasi pasti menyimpan banyak cache pada perangkat smartphone. Hal ini yang membuat fitur aplikasi terkadang menjadi eror karena kapasitas penyimpanan gawai berkurang.


Karenanya dengan uninstall lalu re-install tadi dapat membantu mengosongi kapasitas penyimpanan pada HP.


Baca juga: Tips Agar Blog Diterima Google Adsense Terbaru 2023, Gak Bakal Ditolak Jika Pakai Cara Ini


Fitur belum tersedia secara global


Salah satu faktor yang bisa jadi penyebab fitur Notes Instagram tidak muncul adalah ketersediaan layanan yang belum merata secara global di seluruh dunia.


Misalnya, jika ternyata pihak Meta hanya menyediakan bagi pengguna di Amerika saja, maka pengguna di Indonesia belum pasti bisa memanfaatkannya.


Oleh sebab itu pengguna harus menunggu rilis resmi secara global agar fitur dapat digunakan secara massal oleh seluruh pengguna di seluruh dunia.


Sedang terjadi maintenance


Namun di sisi lain, ada juga kemungkinan bahwa pihak pengembang tengah melakukan perawatan, update server, hingga maintenance versi pada aplikasi tersebut. Sehingga besar kemungkinan akses Instagram jadi terkendala saat proses maintenance tersebut berlangsung.


Baiknya tunggu proses maintenance sampai selesai, biasanya proses ini diumumkan secara resmi melalui akun official perusahaan Meta bercentang biru.


Baca juga: 10 Cara Jitu Mengatasi HP Android Lemot Selain Restart, Simak!


Tidak tersedia di negara tertentu


Sama halnya dengan poin di mana belum tersedianya fitur secara global, namun bedanya kali ini memang fitur sengaja tidak dihadirkan di negara tertentu.


Ada kemungkinan munculnya alasan kritis atau tujuan tertentu kenapa fitur Notes Instagram tidak muncul di negara tertentu tersebut.


Versi aplikasi telah usang


Kemungkinan terakhir adalah versi aplikasi yang terpasang pada gawai telah usang dan butuh pembaruan.


Untuk melakukannya, pengguna dapat membuka PlayStore atau AppStore untuk meng-update versinya.


Jika tidak mau repot melakukannya secara manual, maka setting PlayStore Anda menjadi otomatis memperbarui baik dalam mode jaringan WiFi atau seluler. Dengan begitu versi aplikasi yang ada di HP akan selalu dalam kondisi terbaru.

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.