GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Tips Agar Blog Diterima Google Adsense Terbaru 2023, Gak Bakal Ditolak Jika Pakai Cara Ini

Tips Agar Blog Diterima Google Adsense Terbaru 2023, Gak Jaman Lagi Ditolak Jika Pakai Cara Ini
Artikel diproduksi oleh redaksi Pewarta.co.id. Konten ini dilindungi hak cipta.

PEWARTA.CO.ID - Berikut ini tips agar blog baik yang menggunakan platform Blogger maupun Wordpress bisa diterima Google Adsense terbaru 2023.


Diterima oleh Adsense adalah sebuah keniscayaan, yang sebenarnya bisa saja prosesnya mudah. Hanya saja terkadang kebanyakan blogger tidak paham betul cara agar diterima oleh Adsense.


Artikel ini berisi tips cara agar blog dapat diterima Adsense yang ditulis berdasarkan pengalaman penulis. Artinya, apa yang dijelaskan pada tulisan ini memang sesuai dengan pengalaman, tanpa dilebih-lebihkan.


Oleh karenanya, simak hingga tuntas serta baca dengan teliti yang barangkali akan bermanfaat bagi Anda yang tengah berjuang untuk mendaftarkan blog agar bisa diterima Adsense.


Baca juga: Ide Bisnis 2023, Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang


Apa itu Google Adsense?


Namun sebelum membahas mengenai tips langkah apa saja yang perlu dipersiapkan agar blogger dapat memunculkan iklan di blognya, mari berkenalan dahulu tentang apa itu Google Adsense.


Bagi yang sudah mengetahui tentang definisi, fungsi, dan manfaat Adsense dapat melompati tahapan ini. Namun jika Anda adalah seorang blogger pemula yang ingin mendaftar Adsense ter baru pada 2023 ini tentu perlu kenal dulu olehnya.


Google Adsense adalah sebuah program kerja sama di bidang periklanan melalui media berjaringan/internet yang diselenggarakan oleh Google.


Kerja sama yang dimaksud adalah pihak pengiklan melakukan proses promosi dengan memanfaatkan layanan Google Ads. Mereka mempromosikan produk usaha dan jasanya ke internet dengan lengkap dengan link rujukan menuju ke laman yang menampilkan bisnis mereka, ini biasa disebut sebagai landing page.


Pengiklan harus membayar sejumlah uang sesuai anggaran untuk dapat menampilkan iklan mereka melalui Google Ads tersebut.


Iklan itu nantinya akan muncul di berbagai media dalam beragam format. Adapun tempat munculnya iklan-iklan itu bisa melalui hasil pencarian dengan kata kunci yang relevan, ini biasa disebut Search Engine Result Page (SERP).


Selain itu, iklan juga bisa muncul ke situs website milik mitra dari Google. Nah, mitra inilah yang bisa menampilkan deretan iklan tersebut dengan memanfaatkan peran dari Adsense.


Pemahaman sederhananya, pengiklan beriklan ke Google Ads > oleh Google Ads iklan dimunculkan ke SERP dan situs mitra > mitra dapat menampilkan iklan di situsnya menggunakan Adsense.


Baca juga: 5 Bisnis Modal Kecil yang Bakal Populer di Tahun 2023, Wajib Dicoba!


Perbedaan Google Ads dan Google Adsense


Dengan penjelasan di atas sebenarnya cukup mudah untuk memahami perbedaan antara Google Ads dan Google Adsense. Intinya, Google Ads adalah tools yang digunakan untuk proses beriklan, sedangkan Adsense untuk menampilkan iklan.


Begitu juga dengan manfaatnya, Google Ads bermanfaat untuk membantu pebisnis mempromosikan usahanya, sedangkan Adsense dapat memberikan penghasilan bagi pemilik situs/blog yang mengizinkan  websitenya sebagai tempat untuk menampilkan iklan.


Sekarang kembali fokus pada pembahasan, di mana artikel ini ditujukan kepada pemilik situs/blog agar bisa mendapatkan penghasilan dengan menampilkan iklan dari Adsense.


Kendati tutorial menampilkan iklan Adsense di blog sudah banyak beredar di internet, namun tidak ada salahnya untuk menyimak tips agar blog diterima Google Adsense terbaru 2023 pada artikel ini.


Tips Agar Blog Diterima Google Adsense


Meski proses membuat akun Adsense mudah dilakukan, namun saat mendaftarkan situs blog agar bisa memunculkan iklan tidak semudah yang dibayangkan. Karena situs blog harus memenuhi berbagai persyaratan sebelum bisa memunculkan iklan.


Namun demikian, apa gunanya artikel ini jika tidak bisa membantu menjawab keresahan Anda saat berulang kali mendapatkan penolakan dari Adsense. Untuk itu silakan baca sampai tuntas, ya!


Baca juga: Pasang Iklan Artikel, Advertorial, dan Press Release di Media Online Termurah 2023


Adapun ide penulis membuat artikel ini lantaran seringnya membaca keluhan para pemilik blog yang kerap mendapat penolakan saat hendak memasang iklan Adsense di blognya.


Kebanyakan dari para blogger tersebut mengeluh dan bertanya kenapa blog ditolak saat mendaftar Adsense. Di mana letak kesalahannya, apa yang harus dipenuhi, bagaimana standar kelayakan blog agar diterima Adsense, dan sebagainya.


Benar saja, Google menerapkan persyaratan khusus agar blog bisa menampilkan iklan tak lain bertujuan untuk membantu menyukseskan para pengiklan agar produknya dapat tampil di tempat yang tepat, sehingga memberi manfaat bagi bisnis mereka.


Bayangkan saja, pengiklan sudah mengeluarkan uang untuk beriklan, lalu iklannya tayang di situs yang dinilai tidak layak dan sepi pengunjung. Lantas dari mana bisnis mereka bisa berkembang jika iklan hanya lalu lalang tanpa goal yang tertarget seperti itu.


Oleh karena itu, pemilik blog juga harus sadar diri untuk mengukur seberapa pantaskah blognya dapat menayangkan iklan dari Adsense. Hal ini diukur dari berbagai aspek, seperti relevansi konten, jumlah pengunjung, dan interaksi visitor terhadap iklan itu sendiri.


Baca juga: Cara dan Syarat Daftar Google Adsense untuk Blogger Terbaru 2023, Pemula Wajib Baca Ini


Di sisi lain, iklan yang ditayangkan juga diharapkan dapat memberi manfaat bagi pemilik blog. Lalu, bagaimana pemilik blog bisa mendapatkan pendapatan dari blognya jika situsnya saja kurang disukai oleh pengunjung.


Jadi dari beberapa pertanyaan di atas sudah cukup menjelaskan tentang kerterkaitan dari pihak pengiklan dan penampil iklan. Google ingin kedua pihak saling mendapatkan manfaat satu sama lain, sehingga mendaftar ke Adsense tidak bisa asal-asalan.


Tips Blog Diterima Adsense Terbaru 2023


Meski tidak ada perbedaan yang signifikan antara syarat dan cara blog diterima Adsense pada tahun 2023 dan tahun-tahun sebelumnya, namun perlu dicermati bahwa ini erat kaitannya dengan kebijakan Google dalam menerapkan algoritma.


Situs blog atau website yang dapat membuat konten sesuai dengan algoritman Google terbaru dianggap situs potensial sebagai mitra.


Apa itu Algoritma Google?


Baiklah, sedikit melebar pada pembahasan seputar algoritma agar Anda juga paham mengenai nasib konten pada blog Anda sebelum nantinya mendaftar pada Adsense.


Dilansir dari niagahoster.co.id, algoritma Google adalah sistem pemeringkatan yang dibuat oleh Google terhadap miliaran situs yang ada di dunia.


Sistem tersebut diterapkan untuk menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dengan kebutuhan penggunanya saat mengetikan kata kunci.


Situs yang menulis konten dengan kualitas terbaiklah yang akan dimunculkan oleh Google. Dan dari interaksi pengguna internet itulah yang nantinya dinilai sebagai situs terbaik untuk menampilkan iklan dari Adsense.


Pertanyaannya, bagaimana agar blogger dapat menulis konten yang dinilai baik berdasarkan parameter algoritma tersebut?


Tentu jawaban atas pertanyaan di atas tidak akan dijelaskan detil pada artikel ini karena berbeda tema pembahasan dengan judul di atas. Anda dapat memelajarinya melalui forum Search Engine Optimization (SEO) untuk ulasan yang lebih lengkap.


Baca juga: Jasa Backlink Media Nasional Berkualitas, Harga Mulai Rp 100 Ribuan


Namun sekali lagi, fokus pada artikel ini adalah tips agar blog diterima Google Adsense terbaru 2023. Dan cara-caranya dijelaskan berikut ini.


Konten adalah kunci agar blog diterima Google Adsense
Ilustrasi. Konten adalah kunci agar blog diterima Google Adsense.


1. Buat konten yang bermanfaat


Seperti dijelaskan pada bagian algoritma di atas, di mana Google akan menilai konten suatu situs berdasarkan kemanfaatannya bagi pengunjung/pembaca.


Pun demikian halnya dengan syarat agar blog diterima Google Adsense, tentunya harus memberi manfaat.


Salah satu contoh sederhananya, jika pengguna internet sedang mencari informasi seputar ide bisnis 2023, lalu menemukan artikel sebuah website yang ternyata ketika di klik tidak berisi rekomendasi ide bisnis 2023, maka Googla akan menilainya sebagai sebuah kebohongan.


Oleh sebab itu, buatlah konten yang jujur dan relevan sesuai kebutuhan pengguna internet agar bisa diterima Adsense.


2. Originalitas konten


Selain memberi konten bermanfaat, Google juga sudah barang tentu mempertimbangkan soal originalitasnya.


Seorang blogger diwanti-wanti untuk tidak memiliki kebiasan mencontek, menjiplak, plagiasi, atau apapun sebutannya yang intinya menyalin ulang karya tulisan orang lain tanpa izin.


Sekalipun sudah berizin juga belum tentu akan direkomendasikan Google sebagai koten berkualitas karena dianggap meniru.


Sehingga perlu sekali membuat konten/artikel yang original serta dapat memberi manfaat sesuai yang diinginkan pembaca.


Baca juga: Jasa Membuat Blog Terbaik, Profesional, dan Terpercaya 2023


3. Usia minimal blog/situs/website


Inilah yang sering ditanyakan oleh blogger yang memiliki niat mendaftar Adsense, yakni berapa usia minimal blog agar bisa mendaftar Adsense.


Untuk pertanyaan tersebut tidak ada jawaban pasti. Namun sekali lagi, berdasarkan pengalaman penulis, maka usia minimal blog sehingga dianggap layak mendaftar Google Adsense adalah setidaknnya sudah berumur tiga bulan.


4. Jumlah minimal konten/artikel


Sama halnya dengan usia blog, soal jumlah minimal artikel yang telag diterbitkan juga harus diperhatikan seorang blogger.


Hal ini juga tidak bisa menjadi acuan tetap sebelum mendaftar Google Adsense, namun berdasarkan penulis yang juga pernah mendapatkan penolakan saat mendaftar dalam keadaan jumlah artikel kurang dari 30 judul, maka sangat disarankan setidaknya membuat konten dengan jumlah minimal 30 artikel terlebih dahulu.


Disclaimer: tidak ada alasan kuat untuk hal ini, sehingga tidak perlu diperdebatkan lagi. Karena ada juga yang tetap bisa diterima Adsense sebelum blognya menyentuh batasan minimal artikel seperti yang disebutkan penulis. Mungkin bisa saja ditunjang oleh value lain dari beberapa poin ini.


5. Navigasi situs


Selain konten yang bermanfaat, navigasi situs web juga harus menjadi perhatian si admin. Jangan buat pengunjung menjadi pusing karena keberadaan navigasi ini.


Buatlah navigasi yang sederhana dan mudah digunakan untuk mencari artikel berdasarkan kategorinya.


Baca juga: Jasa Penulis Artikel SEO Terbaik 2023, Dikerjakan Jurnalis Profesional dan Terpercaya


6. Menu WAJIB yang harus ada


Ada syarat yang harus dipenuhi pemilik situs sebelum mendaftarkan blognya ke Google Adsense, yaitu membuat beberapa halaman wajib.


Adapun halaman wajib tersebut meliputi kebijakan privasi (privacy policy), disclaimer (sanggahan), profil (about us), dan kontak (contact).


Ilustrasi laman privacy policy/kebijakan privasi
Ilustrasi laman privacy policy/kebijakan privasi.


Jika semua halaman itu telah terpenuhi, maka satu poin persyaratan lagi-lagi telah Anda penuhi sehingga blog layak mendaftar ke Adsense.


Terkait apa isi dari masing-masing halaman tersebut Anda bisa menemukannya di internet, atau meniru milik blog lain yang sudah diterima Adsense sebelumnya.


7. Jangan buat situs TERLARANG


Google melarang situs mitra menampilkan konten-konten terlarang sehingga harus dihindari jika ingin situsnya bisa menayangkan iklan Adsense.


Beberapa konten terlarang tersebut di antaranya berbau vulgar, mengandung perjudian, kekerasan, fitnah/berita bohong (hoax), dan segala hal yang bertentangan dengan hukum yang berlaku.


8. Jangan tampilkan iklan dari platform lain


Mungkin di lain sisi keinginan mendaftarkan blog ke Adsense sebenarnya sebagai alternatif belaka di samping situs sudah pernah atau sedang menayangkan iklan dari platform lainnya.


Sebaiknya, untuk mempermudah proses pendaftaran blog ke Adsense, sembunyikan/lepas terlebih dahulu script iklan dari platform lain. Hal ini dilakukan guna meminimalisir sentimen Google terhadap situs terkait yang barangkali membuat pihak Google kurang berkenan.


Ini juga mengingat proses peninjauan (review) yang dilakukan Google dilakukan secara manual oleh tim mereka. Artinya, sentimen tersebut sangat mungkin terjadi karena yang memeriksa situs Anda adalah manusia yang ditugaskan oleh Google.


Baca juga: Harga Jasa Blogroll Terbaru 2023, Bermanfaat untuk SEO Website


Jika dirasa blog atau situs website Anda sudah memenuhi syarat di atas, maka jangan tunda langkah untuk segera mendaftar ke Google Adsense. Meski terkadang masih ada satu atau dua kali penolakan, tetapi percayalah tips di atas bisa mempercepat proses pendaftaran sampai bisa diterima Adsense.


Sebagai catatan, tips agar blog bisa diterima Adsense ini secara fokus membahas pada kesiapan dan kelayakan blognya, bukan untuk mendaftar akunnya. Terkait proses cara mendaftar akun Adsense telah dijelaskan pada artikel lain di Pewarta. Silakan manfaatkan fitur pencarian lalu ketikkan kata kunci 'Google Adsense' (tanpa tanda petik) untuk menemukannya.


Demikian ulasan lengkap mengenai tips agar blog dapat diterima Adsense terbaru 2023. Perlu dipahami, jika hasilnya mungkin bisa saja berbeda antara satu situs dengan situs lainnya.


Namun dengan mempraktikkan apa yang sudah dijelaskan oleh penulis besar kemungkinan blog Anda akan diterima. Yang terpenting tetap produktif dan selalu rajin update konten/artikel selama proses peninjauan oleh pihak Google usai Anda mendaftar.


Tetap patuhi standar komunitas Google, dan jangan membuat konten yang menyalahi aturan kebijakan baik pelanggaran hukum yang berlaku di Indonesia maupun hukum di negara tempat Google berasal, yakni Amerika.


Semoga artikel tips agar blog diterima Google Adsense terbaru 2023 ini dapat memberikan manfaat, khususnya yang sedang berupaya mendaftarkan situsnya ke Google Adsense.


Terakhir, jangan lupa berdoa agar situs blog lebih cepat diterima sesuai yang Anda inginkan.


Sekian tulisan seputar tips Google Adsense kali ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis.


Baca juga: Promo Pasang Iklan Media Online Termurah 2023


Penulis adalah Bram Edo, seorang praktisi digital marketing sejak 2015, sekaligus jurnalis di Pewarta.co.id, yang dapat ditemukan pada akun:


Facebook: facebook.com/bramedo.official

Twitter: twitter.com/bram_edo

Instagram: instagram.com/bramedo


Sampai bertemu pada artikel tips blogging selanjutnya. Salam jabat erat.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close