GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

10 Cara Jitu Mengatasi HP Android Lemot Selain Restart, Simak!

10 Cara Jitu Mengatasi HP Android Lemot Selain Restart, Simak!
Ilustrasi. Cara mengatasi HP Android lemot. (Dok. iNet)

PEWARTA.CO.ID - HP Android menjadi salah satu produk dengan pengguna terbanyak di Indonesia saat ini. Penggunaannya pun beragam, selain untuk komunikasi juga bisa sebagai penunjang aktivitas sehari-hari.

Seiring pemakaian, HP Android lambat lain akan menjadi lemot. Hal inilah yang tak jarang membuat penggunanya merasa jengkel.

Karena bisa saja HP Android lemot di saat paling dibutuhkan. Tentu hal ini akan mengganggu aktivitas tersebut.

Beragam cara bisa dipraktikkan sebagai solusi mengatasi HP Android lemot. Beberapa di antara disebutkan pada artikel ini.

Baca juga: Samsung J2 Prime Bootloop? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut ini cara jitu mengatasi HP Android lemot. Setidaknya ada 10 cara mengatasinya.

Cara mengatasi HP Android Lemot

Jika selama ini seringnya pengguna HP Android hanya melakukan restart saat gawai lemot, ternyata ada cara lain yang juga terbilang ampuh untuk mengatasi permasalahan ini. Berikut caranya:

1. Hapus aplikasi tak berguna

Mungkin di antara sekian banyak aplikasi yang terpasang di ponsel ada yang hampir tidak pernah lagi digunakan.

Amat disayangkan jika keberadaan aplikasi tersebut dapat memangkas ruang penyimpanan RAM dan ROM HP padahal Anda tidak lagi memanfaatkannya.

Karenanya, alangkah bijaknya jika perlu menghapus aplikasi tidak berguna tersebut sebagai salah satu upaya agar HP Android tidak lemot.

2. Jangan pakai wallpaper bergerak

Karakter pengguna HP Android tentu berbeda antara satu orang dengan lainnya. Ada yang suka dengan sesuatu yang sederhana, adapula yang menggemari tampilan 'wah' dalam gawai tersebut. Salah satunya adalah memasang wallpaper atau gambar latar belakang dengan format animasi.

Boleh saja menggunakan wallpaper model ini, hanya saja Anda perlu melihat kemampuan ponsel apakah menjadi lemot karenanya.

Jika iya, maka perlu memikir ulang penggunaan wallpaper bergerak tersebut agar HP Android tidak lemot.

Ada juga yang menyebutkan jika sebaiknya memakai wallpaper dengan gambar redup atau yang bertema hitam agar menghemat daya baterai.

Baca juga: Layar HP Samsung J2 Prime Bergerak Sendiri? Begini Solusi Cara Mengatasinya!

3. Tutup aplikasi yang sedang berjalan

Nah, untuk masalah yang satu ini sering sekali dilakukan oleh pengguna HP Android. Di mana setelah menjalankan aplikasi lupa untuk menutupnya. Bahkan bisa sampai menumpuk beberapa aplikasi sekaligus.

Cara melihatnya mudah saja, ketuk ikon kotak pada bagian menu bar. Biasanya, letak dari ikon ini ada di sebelah kiri/kanan menu home selain tombol back.

Setelah muncul beberapa jendela aplikasi yang pernah Anda buka, maka geser deretan aplikasi tersebut untuk menutupnya satu persatu. Atau langkah cepatnya adalah ketuk ikon (X) untuk menutupnya sekaligus secara bersamaan.


Ilustrasi HP Android
Ilustrasi HP Android.


4. Matikan sinkronisasi otomatis

Bukan menguras baterai, sinkronisasi beberapa akun dalam sebuah perangkat juga menyita ruang penyimpanan memori.

Maka tak heran jika semakin banyak akun yang terhubung dalam HP Android tersebut akan membuatnya menjadi melambat.

5. Hapus cache aplikasi

Penggunaan aplikasi secara terus-menerus akan membuat penumpukan file cache. Jika tidak dibersihkan maka akan membuat ponsel bekerja ekstra.

Cara mengatasi HP lemot karena masalah ini mudah saja, yakni menuju ke pengaturan lalu pilih pengelola aplikasi, kemudian hapus cache.

Baca juga: Cara Membuat Logo Super Mudah dan Cepat di HP Dengan Aplikasi DesignEvo

6. Periksa koneksi internet

Lemotnya perangkat seluler bisa juga disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil. Karena tak jarang aplikasi bisa dijalankan saat adanya dukungan koneksi internet tersebut.

Misalnya, aplikasi banking, e-commerce, sampai gim yang membutuhkan jaringan.

7. Optimalkan memori

Perlu disadari jika kapasitas memori dalam HP memiliki keterbatasan ruang. Ada kalanya Anda perlu membersihkan berkas-berkas yang tidak diperlukan lagi seperti foto, video, serta dokumen.

Cara mengoptimalkan memori di HP Android cukup mudah, yaitu lakukan sortir berkas di file manager atau galeri.

Mulai sekarang jangan malas untuk mengecek daftar berkas yang sudah menumpuk di galeri, ya!

Baca juga: Cara Login Instagram di PC dengan Mudah dan Tanpa Kendala

8. Pakai launcher pihak ketiga

Launcher pihak ketiga banyak tersedia di PlayStore. Selain bisa membuat tampilan launcher menjadi lebih menarik ketimbang bawaannya, peranan launcher ini juga bisa membuat load kinerja HP relatif lebih ringan.

Di antara pilihan launcher populer yang tersedia di Google PlayStore yaitu POCCO Launcher, GO Launcher EX, Nova Launcher, Apex Launcher, dan lain sebagainya.

Ketersediaan versi dari launcher pihak ketiga itupun ada yang gratis dan adapula yang berbayar.


Reset settelan pabrik HP Android
Ilustrasi. Reset HP Android. (Dok. Jagat Review)


9. Perbarui versi aplikasi

Aplikasi yang terpasang di ponsel selalu mendapat pembaruan versi dari pengembangnya. Oleh karena itu, perlu untuk di cek apakah versi yang saat ini ada di perangkat telah usang atau telah diperbarui.

Jika tidak mendapat pembaruan, besar kemungkinan dampak lemot di HP Anda disebabkan oleh hal itu.

Cara mengeceknya, buka PlayStore, buka menu profil di pojok kanan atas, lalu pilih 'kelola aplikasi & perangkat'. Lihat di urutan kedua dari atas pada menu 'update aplikasi', lalu lakukan pembaruan. 

Untuk update aplikasi ini perangkat wajib terkoneksi dengan jaringan internet.

Baca juga: Lacak Lokasi Pengguna Secara Ilegal, Google Didenda Terbesar Sepanjang Sejarah

10. Reset/setelan pabrik

Opsi terakhir yang bisa dilakukan untuk solusi cara mengatasi HP Android lemot adalah reset atau mengembalikan ke setelan pabrik.

Namun sebisa mungkin cara ini ada di pilihan terakhir jika semua cara di atas telah dilakukan. Karena pada dasarnya reset/setelan pabrik akan membuat HP menjadi layaknya baru dengan menghilangnya daftar aplikasi dan berkas yang selama ini telah disimpan.

Kecuali jika semua berkas telah di back up maka Anda bisa melakukan reset ini sesuka hati tanpa perlu takut kehilangan berkas ataupun aplikasi pada memori.

Itulah 10 cara mengatasi HP Android lemot. Mungkin masih banyak cara lain yang bisa dicoba. Tapi setidaknya dengan kesepuluh cara di atas sudah cukup untuk membuat perangkatmu ngebut kembali.

Demikian cara jitu mengatasi HP Android lemot. Semoga dapat menjadi solusi sehingga tidak mengganggu aktivitas harianmu saat diharuskan menggunakan perangkat mobile. Selamat mencoba!

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.