GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Contoh, dan Cara Pembuatannya

Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Contoh, dan Cara Pembuatannya
Ilustrasi. Pengumuman melalui televisi untuk menyampaikan Iklan Layanan Masyarakat (ILM).

PEWARTA.CO.ID - Ada banyak jenis iklan yang digunakan untuk memberikan informasi, dan sala satunya adalah iklan layanan masyarakat.


Iklan layanan masyarakat adalah informasi non komersial yang diberikan dengan tujuan memberikan pengumuman, imbauan, hingga hal-hal penting lainnya yang bersifat sosialisasi.


Dikutip dari laman resmi ISI.ac.id, adapun pengertian Iklan Layanan Masyarakat atau ILM adalah proses penyampaian informasi yang bersifat persuasif atau mendidik khalayak melalui media periklanan agar bertambah pengetahuannya. Serta menumbuhkan sikap kesadaran hingga perubahan perilaku masyarakat terhadap suatu masalah terkait tema iklan yang disampaikan.


Agar lebih mudah dipahami mengenai pengertian Iklan Layanan Masyarakat ini, mari simak penjelasan berikut secara umum. Termasuk contoh dan cara membuat iklan layanan masyarakat.


Pengertian Iklan Layanan Masyarakat


Iklan Layanan Masyarakat atau dalam bahasa Inggris Public Service Announcement merupakan permintaan penyiaran yang dikeluarkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerintah secara langsung sebagai bentuk solidaritas terhadap permasalahan yang ada di tengah dinamika masyarakat secara majemuk.


Adapun tujuan dibuatnya informasi berupa ILM ini adalah untuk membangkitkan kepedulian masyarakat atas problematika dan atau sosialisasi suatu program yang semestinya membutuhkan keterlibatan masyarakat itu sendiri.


Bahkan, suatu masalah yang barangkali bisa terjadi di tengah masyarakat agar tidak terjadi maka ILM dapat menjadi suatu imbauan yang bersifat preventif atau pencegahan.


Baca juga: Pelajar Harus Tahu, Ini Website Penyedia Contoh Soal Berserta Kunci Jawaban Semua Pelajaran, Ngga Lihat Nyesel


Dengan adanya ILM tersebut maka segala risiko yang dapat ditimbulkan dari suatu masalah dapat diminimalisir karena masyarakat telah teredukasi melalui adanya pengumuman yang dibuat.


Dan sasaran utama dari Iklan Layanan Masyarakat adalah masyarakat yang secara tidak langsung terlibat, terdampak, atau kemungkinan menjadi bagian dari suatu masalah yang akan dihadapi. Maka tidak bisa diklasifikasikan pada golongan seperti apa pesan itu disampaikan, tetapi ditujukan secara menyeluruh kepada pemirsanya yang dianggap sebagai masyarakat.


Contoh Iklan Layanan Masyarakat


Banyak artikel di internet yang menjelaskan seperti apa contoh-contoh Iklan Layanan Masyarakat. Lengkap dengan studi kasus yang membutuhkan adanya imbauan maupun informasi yang bersifat edukatif.


Namun secara khusus pada artikel ini dapat dijadikan contoh Iklan Layanan Masyarakat adalah misalnya kasus stunting.


Mengenai bahaya stunting kerap dijumpai beberapa kasus terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Karena pentingnya kasus ini terhadap kelangsungan hidup generasi di masa mendatang, maka pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) biasanya membuat sebuah pesan melalui Iklan Layanan Masyarakat.


Dalam pesannya, Kemenkes RI biasanya menjelaskan bahaya stunting, contoh kondisi anak yang menderita stunting, faktor penyebab stunting, sampai cara menanggulanginya.


Baca juga: Cara Mengajar Anak TK untuk Guru Pemula, Murid Nurut Anti Rewel


Ada contoh lain misalnya bahaya merokok yang menyebabkan turunnya kondisi kesehatan utamanya paru-paru. Iklan jenis ini ditujukan pada para perokok aktif dan potensi yang dihadapi korban non-perokok (pasif).


Sama halnya dengan contoh pada kasus sebelumnya, ILM rokok biasanya disertai solusi agar perokok dapat terlepas dari efek kecanduan dari rokok dengan menyematkan layanan hotline yang bisa dihubungi sebagai jalur konsultasi.


Cara Membuat Iklan Layanan Masyarakat


Kemudian langkah yang perlu disiapkan dalam membuat Iklan Layanan Masyarakat atau ILM adalah materi keresahan yang menjadi fokus utama.


Pesan yang disampaikan harus relevan dengan kondisi yang ada di tengah masyarakat. Pahami betul apa dampak dari suatu masalah itu, lalu berikan contoh melalui audio dan visual yang mudah dipahami.


Namun terkait genre yang digunakan bisa dengan konsep serius (formal), atau ringan (non formal) dengan sedikit tambahan bumbu-bumbu komedi.


Baca juga: 5 Tips Penting Dalam Mengedit Video yang Perlu Diketahui Pemula


Iklan Layanan Masyarakat yang mudah dipahami adalah yang disampaikan melalui bahasa dan contoh kasus yang sering terjadi di masyarakat. Maka sifat dari sosialisasi ini juga harus sesuai dengan gaya hidup, gaya komunikasi bahasa, hingga penggambaran karakter tokoh yang memerankan ILM tersebut.


Demikian tadi penjelasan mengenai pengertian apa itu definisi Iklan Layanan Masyarakat, lengkap dengan contoh dan cara membuatnya.


Dengan begitu setiap pembaca diharapkan menjadi tahu tentang Iklan Layanan Masyarakat dan tidak bingung lagi ketika mendapat tugas untuk membuatnya di kemudian hari dengan memahami karakteristik informasi tersebut.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close