GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Alasan Bisnis Online Bisa Berkembang Pesat di Indonesia, Ada Peran E-commerce

Alasan Bisnis Online Bisa Berkembang Pesat di Indonesia, Ada Peran E-commerce
Ilustrasi E-commerce.

PEWARTA.CO.ID - Banyak bisnis online di Indonesia yang berhasil bangkit pasca pandemi Covid-19. Bahkan kini telah berkembang pesat di berbagai sektor.


Kebangkitan bisnis online di Indonesia tersebut tak lepas dari peran teknologi yang terus bermunculan macam E-commerce.


Pebisnis online dinilai mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi sehingga mampu mengekplorasi bisnisnya hingga jangkauan yang lebih luas.


Selain itu, E-commerce juga dianggap sebagai metode yang paling tepat untuk proses pemasaran karena besarnya jaringan market yang tersedia di dalamnya.


Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya ada alasan yang menjadi faktor mengapa bisnis online tersebut dapat beradaptasi pada perkembangan teknologi?


Dilansir dari KITA HEBAT, setidaknya ada 5 alasan bisnis online bisa berkembang pesat di Indonesia, simak penjelasannya.


1. Bisa memenuhi kebutuhan pasar


Hampir semua produk kebutuhan manusia ada di E-commerce. Hal itu kian memudahkan konsumen mendapatkan barang yang dicarinya hanya dengan mengoperasikan gawai miliknya.


Karena alasan itu juga akhirnya membuat konsumen merasa semua kebutuhannya dapat terpenuhi tanpa harus berburu barang yang sama ke pasar tradisional.


Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online dari Awal, Pemula Wajib Simak Tips Ini Agar Sukses


2. Gaya hidup masyarakat


Cukup dengan smartphone, akses internet memadai, serta metode pembayaran yang memudahkan, lambat laun membentuk gaya hidup masyarakat pada aktivitas berbelanjanya.


Bahkan bisa dikatakan, masyarakat layaknya bergantung pada situasi dan kondisi sesuai layanan e-commerce. Tak jarang sampai rela menunggu lama barang idamannya sampai di tangan, karena bagi mereka terpenting adalah proses belanja yang dianggap lebih mudah ketimbang berbelanja secara konvensional.


3. Mampu memanfaatkan peluang


Dari sisi marketing, pebisnis online di Indonesia rata-rata sukses dengan nebeng saat ada tren yang tengah berkembang.


Dengan kreativitas untuk membuat bahan promosi, didukung ketersediaan barang yang selalu siap melayani permintaan pasar, hal itu yang membuat perputaran uang di e-commerce selalu ramai.


Dan yang diuntungkan ada dua pihak, yaitu pengguna aplikasi selaku penjual (seller) dan perusahaan pengembang aplikasi (company).


Baca juga: 8 Ide Bisnis Rumahan yang Ngga Ada Matinya: Usaha Jalan, Terus Hasilkan Cuan


4. Adanya dukungan pemerintah


Di samping kreativitas pebisnis online yang tak perlu diragukan lagi kemampuannya, ada campur tangan pemerintah yang turun berperan pada kemajuan dunia bisnis online.


Pasalnya, sejumlah program yang concern pada sektor ekonomi kreatif turut memudahkan masyarakat dalam memasarkan produknya secara digital.


Pemerintah juga kerap mendorong perusahaan pemilik e-commerce untuk bersinergi mendukung perkembangan usaha mikro dari masyarakat demi kebangkitan ekonomi secara nasional.


5. Platform e-commerce besar


Dan hal terakhir yang juga berperan pada perkembangan bisnis online di Indonesia saat ini adalah manfaat adanya sejumlah platform e-commerce yang berdiri resmi di Indonesia.


Perusahaan teknologi tersebut begitu aktif menjalankan program dengan misi memajukan sektor bisnis online yang ada di Indonesia.


Kelima alasan di atas tentu sangat berperan penting terhadap kondisi bisnis online di Indonesia saat ini dan mungkin sampai ke depannya.


Kendati demikian, pebisnis online harus tetap inovatif untuk memunculkan layanan terbaru guna menjaga kepercayaan konsumen akan kemudahan transaksi yang diberikan.


Pasalnya, bisnis online sudah menjadi gaya hidup bagi kebanyakan orang. Karenanya pebisnis harus bisa menangkap peluang ini untuk mendulang pundi-pundi dari internet.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close