GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Tips Menghadapi DC Akulaku yang Datang ke Rumah, Nasabah Pinjol Galbay Tak Perlu Panik

Tips Menghadapi DC Akulaku yang Datang ke Rumah, Nasabah Pinjol Galbay Tak Perlu Panik
Kedatangan debt collector atau DC Akulaku kerap diresahkan oleh nasabah galbay. Sebaiknya tak perlu panik, lalu sampaikan negosiasi terbaik sesuai kondisi sebenarnya.

PEWARTA.CO.ID - Inilah tips menghadapi debt collector atau DC Akulaku yang datang ke rumah untuk tujuan menagih.

Hal itu sangat mungkin terjadi dan dialami oleh nasabah yang masih memiliki utang pinjaman pada perusahaan fintech Akulaku.

Seperti diketahui, Akulaku merupakan platform fintech yang melayani pinjaman dana secara online dengan cara dan syarat yang mudah.

Itulah mengapa banyak yang kemudian terjerat lingkaran pinjol di Akulaku kendati bunga dan denda yang tak sedikit.

Tak semua orang yang meminjam uang online pada platform macam Akulaku dapat terbebas begitu saja. Pasalnya jeratan pinjol kerap menyulitkan ekonomi seseorang sehingga harus gali lobang tutup lobang.

Bagi nasabah yang memiliki utang namun masih belum bisa melunasinya hingga batas waktu yang ditentukan maka disebut gagal bayar atau galbay.

Dan layaknya perusahaan pemberi pinjaman konvensional, bagi yang bekerja secara online pun juga melakukan metode yang sama dalam menangani nasabah galbay, yaitu melibatkan jasa debt collector untuk menagih ke rumah nasabah.

Hal itulah yang kemudian dikhawatirkan oleh nasabah galbay. Mereka kerap khawatir jika benar-benar didatangi DC, khususnya DC Akulaku.

Alih-alih terbebas dari utang, kedatangan DC terkadang juga menjadi masalah tersendiri terhadap reputasi seseorang karena privasinya akan diketahui orang lain utamanya yang berkaitan dengan utang.

Tak hanya malu, tentu ada rasa takut dan panik jika rumah tiba-tiba didatangi oleh DC tersebut. Oleh karena itu, artikel ini setidaknya bisa meredam kepanikan Anda jika masih berurusan dengan pinjol.

Karena Anda bisa memahami cara bijak apa yang mesti dilakukan untuk menghadapi DC Akulaku jika benar-benar datang ke rumah.

Setidaknya ada 5 poin penting yang bisa Anda gunakan untuk menghadapi DC Akulaku tersebut, mulai dari negosiasi meminta toleransi hingga keringanan pelunasan utang.

Baca juga: Kapan dan Berapa Kali DC Akulaku Datang Menagih ke Rumah Nasabah yang Galbay?

Tips menghadapi DC Akulaku yang datang ke rumah

Namun sebelum mengetahui 5 tips menghadapi DC Akulaku tersebut, pahami dulu wilayah mana saja yang berpotensi didatangi debt collector Akulaku.

Dikutip dari beberapa sumber menyebutkan, Akulaku merupakan salah satu platform pinjaman online yang memiliki DC yang bertugas dan tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Adapun daftar kota yang menjadi area tugas DC Akulaku antara lain Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Makassar, Yogyakarta, Palembang, Batam, dan Bali.

Nah, adakah kotamu termasuk ke dalam daftar area tugas DC Akulaku tersebut? Jika iya, maka bersiaplah untuk menghadapinya dengan tips bijak berikut.

1. Minta toleransi pembayaran

Tujuan DC mendatangi rumah adalah untuk menanyakan perihal pembayaran utang nasabah. Namun jika belum memiliki uang saat itu juga, mintalah toleransi agar dapat sekadar menunda selagi masih usaha mencari dana.

Jangan segan menyampaikan keberatan, jika memang belum memiliki uang maka sebaiknya sampaikan apa adanya agar alasan Anda bisa dimaklumi.

Akulaku merupakan perusahaan pemberi pinjaman resmi yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga cara kerja DC seharusnya juga terbilang normal dan manusiawi.

Jadi jangan takut bicara sesuai fakta jika Anda belum memiliki uang untuk dibayarkan kepada aplikasi melalui perantara DC tersebut.

Baca juga: Gestun Akulaku: Pengertian, Cara, Syarat, dan Tips Gesek Tunai Fitur Paylater

2. Minta keringanan denda dan bunga

Ini yang paling umum diresahkan nasabah pinjol, yaitu tingginya bunga pinjaman. Belum lagi jika telah melakukan pembayaran cicilan, sehingga masih dikenai denda yang nominalnya juga tak jarang semakin memberatkan.

Untuk itu, mintalah keringanan atas denda dan bunga, jika memang Anda baru bisa membayar pinjaman pokok maka sebaiknya sampaikan terus terang.

Besar kemungkinan keringanan tersebut akan dikabulkan mengingat Akulaku adalah perusahaan fintech yang resmi.

3. Ajukan pembayaran sistem nyicil

Meski ketika utang lunas akan membuat Anda merasa lebih lega karena terbebas dari bayang-bayang DC, namun sebaiknya pertimbangkan jika memang belum mampu menutupnya secara penuh.

Atur keuangan Anda, lihat juga kemampuan bayar. Jika memungkinkan, ajukan pembayaran dengan sistem menyicil.

Jika perlu buatlah kesepakatan bersama sehingga DC tidak terlalu sering mendatangi rumah untuk menagih.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika DC Akulaku Datang ke Rumah? Nasabah Galbay Wajib Baca Ini

4. Cari pinjaman ke orang terdekat

Untuk yang satu ini bisa digunakan saat kondisi benar-benar darurat saja. Pasalnya meminjam uang ke pada pihak lain untuk membayar utang di aplikasi Akulaku sama saja menggali lobang baru untuk sekadar menutup yang lama.

Akan tetapi, tak ada salahnya jika memang Anda memiliki kerabat, saudara, atau anggota keluarga yang bisa direpoti sejenak untuk membantuk memberikan apa yang diminta DC.

5. Buat perjanjian tertulis

Untuk kesemua poin di atas akan menjadi kenyamanan bersama jika kesepakatan dituangkan dalam sebuah perjanjian tertulis.

Sekali lagi, ukur kemampuan Anda dalam membayar utang pinjol. Jangan tergesa-gesa mengiyakan dan mencantumkan poin kesepakatan jika dirasa akan semakin membuat Anda pusing setelahnya.

Itulah kelima tips menghadapi DC Akulaku yang datang ke rumah nasabah galbay. Jika Anda termasuk yang berstatus gagal bayar, maka gunakan kelima cara di atas untuk menemui dan melakukan negosiasi dengan DC tersebut.

Meski tidak serta-merta membebaskan Anda dari jeratan utang pinjol, namun setidaknya 5 tips di atas bisa meringankan beban pikiran imbas dari ancaman didatangi DC lapangan dari Akulaku.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close