GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Ini Alasan Jurgen Klopp Pamit Tinggalkan Liverpool Akhir Musim Ini, Faktor Keluarga, Lelah, Hingga Ingin Pensiun

Ini Alasan Jurgen Klopp Pamit Tinggalkan Liverpool Akhir Musim Ini, Faktor Keluarga, Lelah, Hingga Ingin Pensiun
Jurgen Klopp mengungkapkan alasannya tinggalkan Liverpool secara tiba-tiba. Klopp akan meninggalkan The Reds akhir musim ini setelah 9 musim kebersamaannya di klub Merseyside itu.

PEWARTA, SEPAKBOLA - Setelah sembilan tahun, Jurgen Klopp resmi meninggalkan Liverpool di akhir musim 2023-2024 ini.

Klopp mengaku telah mempertimbangkan untuk pensiun dari dunia kepelatihan setelah resmi pamit meninggalkan Liverpool.

Dalam sebuah wawancara di situs resmi klub, alasan Klopp pamit tinggalkan Liverpool karena ia mengaku sudah merasa lelah menjalani karir kepelatihannya dalam 22 tahun terakhir.

Karena itu ia ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, dan menikmati hal-hal lain di luar sepak bola pasca menuntaskan musim ini.

"Saya sudah bekerja keras selama 22 tahun terakhir, dan saya ingin menikmati hidup saya. Saya ingin menghabiskan waktu bersama keluarga saya, bepergian, dan melakukan hal-hal lain yang selama ini tidak bisa saya lakukan," kata Klopp.

Klopp juga mengatakan bahwa ia belum yakin apakah akan kembali melatih lagi di masa depan. Ia ingin melihat bagaimana rasanya hidup tanpa sepak bola terlebih dahulu.

"Jika saya ditanya sekarang apakah saya akan melatih lagi, maka jawaban saya untuk saat ini adalah tidak, saya tidak akan melatih lagi. Namun saya tidak tahu bagaimana rasanya tidak melatih, karena saya belum pernah merasakan situasi itu," ujar Klopp.

Janji Klopp pasca tinggalkan Liverpool

Meski demikian, Jurgen Klopp menegaskan bahwa dirinya tidak akan menangani klub lain di Inggris selain Liverpool. Itu adalah janji yang terpatri dalam hati dan jiwa pria asal Jerman itu.

Hal itu karena Klopp merasa memiliki hubungan yang sangat baik dengan klub dan para penggemar klub asal Meryside itu.

"Satu hal yang pasti adalah saya tidak akan menangani klub lain di Inggris di Liverpool. Saya yakin 100% akan itu," tegas Klopp.

"Mustahil bagi saya untuk menangani klub Inggris lain selain Liverpool. Cinta dan hormat saya untuk klub ini sangatlah besar, sehingga tidak sedetik-pun saya berpikir untuk melatih klub lain di Inggris," pungkasnya.

Klopp meninggalkan Liverpool dengan catatan yang sangat baik. Ia berhasil membawa The Reds meraih enam trofi, termasuk Liga Champions, Liga Inggris, dan Piala FA.

Selain itu, ia juga dinobatkan sebagai Manajer Terbaik FIFA pada tahun 2019 dan 2020.

Kandidat pengganti Klopp di Liverpool

Kepergian Klopp akan menjadi kehilangan besar bagi Liverpool. Namun, klub diyakini akan segera mencari pengganti yang tepat untuk meneruskan kesuksesannya.

Dua nama yang disebut kuat akan menggantikan Klopp sebagai pelatih Liverpool, yaitu antara Steven Gerrard atau Xabi Alonso.

Dua nama itu merupakan mantan pemain Liverpool yang pernah merasakan manisnya trofi Liga Champions di final ikonik 2005 silam, kala The Reds mengalahkan AC Milan, di Intanbul, Turkiye.

Namun, bisa jadi Alonso menjadi kandidat terkuat menggantikan Klopp, mengingat prestasinya mengangkat Leverkusen di puncak klasemen Bundesliga sejauh ini.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close