GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Lakukan Survei, IPNU Jatim Catat 96% Gen Z Sudah Bisa Coblosan di Pemilu 2024

 

Diskusi hasil survei IPNU Jatim terkait gen Z yang sudah bisa ikut pemilu 2024
Diskusi hasil survei IPNU Jatim terkait gen Z yang sudah bisa ikut pemilu 2024
( Dok. Istimewa

Pewarta.co.id - Hasil survei yang dilakukan Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur menunjukkan bahwa sebanyak 96% dari kalangan milenial dan GenZI berniat untuk ikut serta dalam pemilu pada 14 Februari 2024. 

"Hasil survei SRC IPNU Jatim menunjukkan bahwa pemahaman Gen Z dan milenial terhadap Pemilu 2024 sangat tinggi, ini terlihat dari jawaban dalam pertanyaan pertama yaitu, Tahukah kamu, pemilu serentak akan digelar pada 14 Februari 2024? Jawaban yang mengetahui sebesar 95,29 persen dan yang tidak mengetahui hanya 4,71 persen," ujar Co-founder Riset SRC PW IPNU Jawa Timur, M. Toufikur Rozikin melalui keterangannya. 

Selain itu, ternyata sebanyak 68,8% dari mereka mengetahui visi/misi dari pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan bertanding dalam pemilu tersebut, sedangkan 31,2% lainnya tidak mengetahuinya.

Survei tersebut juga mengungkapkan beberapa aspek yang menjadi fokus utama dalam mengatasi masalah penguatan ekonomi di Indonesia. 

Sebanyak 44% responden menyatakan bahwa pentingnya mengentaskan kemiskinan melalui perluasan kesempatan usaha dan menciptakan lapangan kerja. 

Selain itu, ada juga yang merasa penting untuk menjamin kemajuan ekonomi berbasis kemandirian dan pemerataan serta mendukung korporasi Indonesia bertumbuh di kancah global.

Tidak hanya itu, survei tersebut juga menyoroti masalah dalam bidang pendidikan, di antaranya adalah sektor guru dan dosen yang harus sejahtera, berkualitas, dan kompeten sejajar negara maju. 

Selain itu, wajib belajar 12 tahun gratis dan biaya terjangkau dan tuntas bagi siswa dan mahasiswa juga menjadi perhatian utama.

Selain kedua aspek tersebut, survei juga membahas beberapa gagasan di bidang sains dan teknologi, agama, dan kesehatan yang perlu diperhatikan oleh para calon pemimpin di masa depan. 

Hasil survei tersebut diambil dari periode 20-28 Desember 2023 dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 4,46 persen dan tingkat kepuasan mencapai 95%.

Ketua PW IPNU Jatim M. Fakhrul Irfansyah mengatakan bahwa survei ini dilakukan untuk memahami partisipasi pemilih dan pemahaman terhadap calon pemimpin di Pemilu 2024, sebagai bagian dari upaya organisasi dalam membangun demokrasi di Indonesia yang indah bagi kaum milenial.

"Gen ZI ini komponen yang menarik dan istimewa, mereka memiliki pengaruh yang besar sehingga ruang demokrasi yang kita akan hadapi ini jangan sampai dianggap hal yang membosankan sebab suara mereka tidak diperhatikan. Dalam proses perbaikan kualitas berbangsa dan bernegara, tentu butuh keterlibatan milenial yang merupakan akar peradaban bangsa kita kedepannya," katanya.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close