Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

3 Kuliner Legendaris Asli Tulungagung Ini Wajib Kamu Coba!

Sabtu, 09 Juli 2022 | 10:44 WIB Last Updated 2022-09-18T00:23:21Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


3 Kuliner Legendaris Asli Tulungagung Ini Wajib Kamu Coba
Foto: sajian ayam lodho, kuliner legendaris khas Tulungagung, Jawa Timur.

PEWARTA.CO.ID - Setiap daerah pasti memiliki ciri khas sebagai bentuk identitas. Mulai dari wisata alam sampai dengan wisata kuliner legendaris yang menjadi identitasnya.

Kota Tulungagung adalah sebuah kabupaten yang berada di Jawa Timur sebagai penghasil marmer terbesar di Indonesia. Selain marmer, Tulungagung juga menyediakan beragam kuliner legendaris yang tidak kalah menarik minat.

Saat singgah ke Kota Tulungagung jangan sampai melewatkan berwisata kuliner di sana. Pasalnya kuliner legendaris asli Tulungagung memiliki nilai istimewa dan berbeda dari daerah lainnya. Dijamin Anda pasti ketagihan.

Dikutip dari beberapa sumber, kuliner legendaris asli Tulungagung mulai dari jajanan pasar sampai olahan kuliner tradisional Jawa yang menggugah selera. Penasaran apa saja kuliner legendaris dari kota Tulungagung? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Daftar Kuliner Ini Namanya Bikin Mikir Jorok, Ada Memek Basah, Kontol Kejepit, dan Turuk Bintul


Nasi Ayam Lodho


Serial ayam memang menjadi makanan nikmat dan favorit banyak orang. Saat mengunjungi Tulungagung, Anda bisa mencicipi kuliner khas nasi ayam lodho.
Ayam lodho biasanya menggunakan ayam kampung yang dibakar dan kemudian dimasak lagi bersama santan dan bumbu pedas.

Tekstur makanan ini sangat empuk dan lembut, cocok disantap siapa saja. Secara umum, cita rasa ayam lodho adalah pedas gurih berkat rempah dan cabainya.
Kuliner legendaris khas Tulungagung ini begitu populer dan diminati banyak wisatawan.

Pecel Punten


Nama dari makanan khas Tulungagung yang satu ini memang terdengar unik. Selain unik, punten pecel mempunyai rasa yang nikmat.

Pecel Punten salah satu kuliner legendaris asli Tulangagung
Tampilan Pecel Punten, salah satu kuliner populer yang melegenda di Tulungagung, Jatim.

Punten terbuat dari beras ketan yang ditumbuk halus dan diberi santan kemudian dipotong serta disajikan dengan sayur lalu disiram sambal pecel.

Meski memiliki tekstur kenyal, punten tetap akan memberikan rasa kenyang karena terbuat dari beras ketan. Rasa yang gurih menambah nikmat sajian kuliner legendaris yang satu ini dan sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: Sejarah Asal-usul Sempol Malang, Siapa yang Menciptakan Pertama kali?


Kopi Cethe


Berbeda dengan cara menikmati kopi pada umumnya. Siapa sangka ampas dari kopi ternyata bisa dikreasikan menjadi hiasan yang dioleskan pada rokok.

Kopi Cethe Tulungagung
Kopi Cethe Tulungagung

Baca juga: Cara Mudah Membuat Terang Bulan Lembut dan Bersarang


Begitupun dengan bubuk kopi yang berasal dari Tulungagung memiliki cita rasa khas, sehingga banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai persediaan di rumah maupun oleh-oleh sebelum kembali ke kotanya masing-masing.

Makanan tradisional hingga makanan modern dengan cita rasa khas bisa Anda dapatkan dengan mudah. Harga yang ditawarkan setiap tempat pun cukup terjangkau dan tidak menguras kantong.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk menjajaki kuliner legendaris khas di Tulungagung?

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close