Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Perbedaan Antara Hijab, Niqab, dan Burqa, Muslimah Wajib Baca!

Rabu, 21 September 2022 | 22:22 WIB Last Updated 2022-09-21T15:23:00Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Perbedaan Antara Hijab, Niqab, dan Burqa, Muslimah Wajib Baca!
Perbedaan antara Hijab, Niqab, dan Burqa. (Dok. iNet)

PEWARTA.CO.ID - Banyak kalangan hijabers yang belum memahami perbedaan antara hijab, niqab, dan burqa. Kebanyakan mengiranya sama, padahal faktanya berbeda!


Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan perbedaan hijab, niqab, dan burqa tersebut agar lebih banyak yang tahu.


Kenapa harus paham? Karena terkadang hijaber sering salah menyebutnya saat hendak membeli di toko busana muslim. Alih-alih ingin membeli cadar tertutup yang modis, ternyata yang disebutkan malah lainnya.


Baca juga: Memahami Adab Berpakaian yang Baik Sesuai Ajaran Islam


Perbedaan Hijab, Niqab, dan Burqa


Agar kesalahpahaman serupa diharapkan tidak terjadi lagi dengan memahami perbedaannya. Simak deskripsi penjelasan mengenai pengertian dan perbedaan dari tiga jenis busana muslim tersebut sebagai berikut.


1. Hijab


Kata Hijab berasal dari Bahasa Arab yakni Hajaba yang berarti menyembunyikan atau menutupi sesuatu dari pandangan.


Namun jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Hijab memiliki arti dinding yang membatasi sesuatu dari yang lain.


Selebritas Donita yang cantik nan anggun saat mengenakan Hijab
Selebritas Donita yang cantik nan anggun saat mengenakan Hijab. (Dok. IG)


Perihal fashion, Hijab kini telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan cantiknya. Kebanyakan Hijab juga dapat menyesuaikan bentuk kontur wajah, warna kulit, selaras dengan motif atau warna baju, dan sebagainya.


Bahan yang digunakan untuk membuat Hijab pun semakin beragam, sehingga penggunanya memiliki banyak opsi untuk memilih sesuai yang nyaman ketika dikenakan.


Selain itu, penutup kepala dengan tanpa disertai cadar ini juga dapat mendukung seorang muslimah agar tampil lebih modis cara agamis.


Umumnya Hijab hanya menutupi rambut kepala wanita hingga sebatas punggung pada bagian belakang, dan menutup dada pada bagian depan.


Baca juga: Alasan Kenapa Dilarang Tidur Setelah Subuh, Cek Penjelasannya!


2. Niqab


Sedangkan Niqab jelas berbeda dengan Hijab, dan fashion agamis satu ini merupakan istilah lain untuk penyebutan cadar.


Selain menutupi area mahkota wanita yaitu rambut, Niqab juga disertai penutup bagian depan wajah. Hanya saja, di bagian depan Niqab menutup mulai hidung, mulut, sampai turun ke area sekitar perut tergantung panjang dari cadar tersebut.


Niqab atau Hijab bercadar bagi muslimah
Niqab atau Hijab bercadar bagi muslimah. (Dok. iNet)


Adapun aksesoris lain dari fashion Niqab ini juga dilengkapi dengan sarung tangan, atau manset yang sampai di sela jari jempol dan telunjuk.


Layaknya Hijab, bahan kain yang digunakan untuk membuat Niqab juga beragam. Terkadang memakai bahan kain berjenis jersey atau cotton yang lembut dan sedikit tebal.


Baca juga: Fadillah Sedekah di Bulan Ramadhan, Keutamaannya Luar Biasa


3. Burqa


Sementara itu, untuk Burqa tampil dengan dengan menutup sempurna bagian tubuh yang dihukumi aurat bagi wanita, yaitu mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki secara keseluruhan.


Pun demikian pada bagian wajah, Burqa terdapat kain penutup wajah secara penuh. Namun, khusus area wajah ini kain yang digunakan lebih tipis ketimbang pada bagian lain. Gunanya sebagai celah untuk pandangan mata melihat keluar.


Meski demikian, kain pada bagian wajah ini hanya bisa untuk melihat dari dalam atau perspektif si pemakai, namun sebaliknya tidak bisa terlihat dari luar atau pandangan dari orang lain. Artinya, dari arah orang lain tidak bisa memandang mata dari si pemakai Burqa ini.


Baca juga: 10 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah dan Tepat Waktu


Nah, dengan membaca keterangan di atas, tentu sudah paham apa perbedaan antara hijab, niqab, dan burqa. Terlebih cara membedakannya cukup mudah yaitu dengan melihat karakteristik desain secara fisik pakaian tersebut.


Demikian perbedaan antara Hijab, Niqab, dan Burqa. Tertarik untuk memakai yang mana wahai para muslimah?


Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close