GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Peringatan Hari Olahraga Nasional Haornas 2022 'Bertema Bersama Cetak Juara', Berpusat di Stadion Batakan

Peringatan Hari Olahraga Nasional Haornas 2022 'Bertema Bersama Cetak Juara', Berpusat di Stadion Batakan
Stadion Batakan akan menjadi tempat penyelenggaraan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022. (Dok. Disway)

PEWARTA.CO.ID - Peringatan Hari Olahraga Nasional atau Haornas tahun 2022 mengambil tema Bersama Cetak Juara.


Tahun ini peringatan Haornas bakal berpusat di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, digelar secara meriah pada Jumat, 9 September 2022.


Terkait tema Bersama Cetak Juara itu, diusung sejalan dengan semangat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di mana puncak dari pembinaan olahraga tentunya adalah dengan menjadi juara di segala ajang.


Adapun ajang yang dimaksud di antaranya kejuaraan dunia semacam Olimpiade ataupun kejuaraan dunia lainnya dalam bidang olahraga.


Baca juga: Wow! 2 Kejuaraan Bulutangkis Internasional Bakal Digelar di Kota Malang


Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, untuk mewujudkan visi misi itu dibutuhkan kerja sama semua pihak.


"Tema peringatan Haornas yang ke-39 pada tahun 2022 ini adalah 'Bersama Cetak Juara'. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, semangatnya adalah kerja sama, kolaborasi, sinergi, sehingga tidak bisa sendiri-sendiri untuk mencetak juara," kata Amali, Minggu (4/9/2022).


Amali menegaskan, dari 17 Kementerian/Lembaga di 34 Provinsi di Indonesia, serta seluruh Kabupaten/Kota wajib berusaha melahirkan bibit-bibit atlet unggul agar bisa bersumbangsih terhadap prestasi bangsa di kancah dunia.


"Tema Haornas kali ini intinya implementasi dari DBON, di samping turut menyosialisasikan undang-undang baru yakni UU No. 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan yang disahkan beberapa waktu lalu oleh DPR RI," ucapnya.


Baca juga: Jadi Tuan Rumah Indonesia International Challenge dan Indonesia Masters Super 100 2022, GOR Platinum Malang Bakal Dipercantik


Sementara itu, terkait penyelenggaraan Haornas tahun 2022 yang berpusat di Balikpapan, menurut Amali, sebagai wujud komitmen menyukseskan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, sebagai pusat pemerintahan yang baru ke depannya.


"Melalui sektor olahraga juga turut menguatkan komitmen nasional terhadap Ibu Kota yang baru, yakni IKN, di mana wujud konkretnya adalah sebagai barometer pemerintahan, di situ pula kebijakan (diterapkan -red),” tuturnya.


“Kemudian implementasi DBON juga akan dikomandani dari Ibu Kota yang baru, bahkan bapak Presiden Joko Widodo pun telah memerintahkan untuk membuat sports center di IKN," lanjutnya.


Baca juga: Ratusan Atlet Bulutangkis Ikuti Kejuaraan PBSI dan Kapolres Batu Cup 2022


Berbeda dengan peringatan Haornas dua tahun silam yang digelar dengan konsep indoor di Jakarta, serta dapat diikuti dalam format virtual lantaran pandemi Covid-19.


Peringatan Haornas 2022 justru akan dibuat semeriah mungkin dengan konsep outdoor dan dapat disaksikan oleh puluhan ribu penonton secara tatap muka.


Sehingga harapannya, peringatan Haornas 2022 dapat dirasakan kemeriahannya oleh masyarakat sekitar Stadion Batakan khususnya, dan seluruh masyarakat Indonesia umumnya.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close