GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Tips Ampuh Menang Lomba di Internet, Lakukan Ini Agar Jadi Juara dan Anti Gagal

Tips Ampuh Menang Lomba di Internet, Lakukan Ini Agar Jadi Juara Anti Gagal
Ilustrasi. Tips cara menang lomba di internet. (Dok. iNet)

PEWARTA.CO.ID - Dalam mengikuti sebuah perlombaan, pasti setiap peserta berharap keluar sebagai pemenang. Namun apa iya jika setiap lomba pasti juara?


Sekalipun tidak ada yang bisa menggaransi hasilnya, tetapi setidaknya ada cara khusus agar bisa memenangi lomba. Apa saja?


Dalam artikel ini bisa Anda simak tips ampuh menang lomba, terlebih jika lomba tersebut informasinya didapat sekaligus diikuti melalui internet.


Simak penjelasan setidaknya 5 tips menang lomba berikut, yang bisa jadi akan berguna bagi Anda yang barangkali saat ini tengah mengikuti perlombaan.


1. Pahami tentang lomba


Pertama penting sekali untuk memahami lomba apa yang sedang Anda ikuti. Termasuk apa tujuan diadakannya lomba itu.


Dengan begitu Anda sebagai peserta dapat memvisualkan keinginan juri berdasarkan briefing yang diberikan.


Pada poin ini perlunya mengenali subjek dan objek lomba, seperti produk atau tema, siapa yang menilai, dan apa kriteria yang menjadi kelayakan seorang peserta bisa menjadi pemenang.


Jadi baca berulang kali pengumuman lomba yang Anda dapatkan, bila perlu baca sampai berulang kali agar lebih paham.


Baca juga: Lomba Nasi Tumpeng Warnai Hari Jadi ke-679 Sidrap


2. Ikuti peraturan juri


Ikuti dan patuhi semua yang diminta oleh dewan juri. Jangan membuat aturan sendiri sekalipun Anda seorang profesional yang sudah kerap mengikuti atau bahkan memenang suatu perlombaan.


Karena lain jenis lomba lain pula kebijakan aturan itu berlaku. Posisikan diri Anda layaknya peserta lain yang juga sedang mengikuti pada periode yang sama.


Ingat, setelah mengirimkan karya baiknya segera lupakan agar tidak membuang waktu dengan memikirkan hasil akhir penjurian.


Biarkan juri bekerja sesuai kapasitasnya. Tugas Anda hanya sebatas membuat, menyetorkan, lalu mendoakan hasilnya.


3. Lihat karya peserta lain sebagai perbandingan


Jangan merasa idealis jika mengikuti sebuah sayembara perlombaan. Lihat juga karya peserta lain agar bisa menambah wawasan Anda sebelum ikut membuat karya.


Dengan melihat maka Anda akan memiliki gambaran akan karya Anda sendiri nantinya. Tapi ingat, melihat berarti hanya menilai berdasarkan apa yang dilihat, ya. BUKAN untuk menjiplaknya!


Baca juga: Hebat, Mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos) Juara 1 Lomba Infografis Tingkat Nasional


4. Lakukan riset mendalam agar karya relevan


Sebelum membuat sebuah karya yang dilombakan, ada baiknya pelajari dulu seluk-beluk lomba itu. Terlebih jika yang dijadikan objek pembahasan adalah produk.


Maka baiknya kenali, pahami, dan pelajari semua hal tentang produk itu sebelum diterapkan ke hasil akhir karya yang diikutkan dalam lomba tersebut.


5. Jangan mengerjakan karya mendekati batas waktu pengumpulan/pendaftaran


Ini yang paling sering menjadi 'penyakit' bagi kebanyakan orang saat berstatus sebagai peserta lomba, yakni mengerjakan karya saat mepet dengan jadwal lomba itu berakhir.


Meski anggapan mengerjakan sesuatu mendekat deadline bisa memunculkan banyak ide bagus, tetapi tetap saja hasilnya akan lebih maksimal jika dikerjakan dengan persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari.


Kelima cara di atas patut Anda coba sehingga dapat membuka asa menjadi pemenang dalam sebuah perlombaan.


Tetapi jangan lupa untuk berdoa meski poin ini tidak terdapat dalam tips menang lomba di atas. Karena pada dasarnya apapun pekerjaan dan aktivitas yang dilakukan semua membutuhkan doa yang baik selain juga dibarengi usaha yang maksimal.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close