GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Tiket Kereta untuk Liburan Natal 2023 Sudah Bisa Dibeli Lewat Aplikasi Access KAI, Begini Caranya

Tiket Kereta untuk Liburan Natal 2023 Sudah Bisa Dibeli Lewat Aplikasi Access KAI, Begini Caranya
Fitur aplikasi Access by KAI diklaim memudahkan calon penumpang untuk membeli tiket semudah update status.

PEWARTA.CO.ID - Libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 sudah dekat. Kini waktunya berburu promo tiket akomodasi murah agar liburan bisa tetap hemat.

Salah satu moda transportasi yang lazim digunakan untuk mendukung mobilitas liburan adalah kereta api. Calon penumpang sudah seharusnya berburu tiket sejak jauh-jauh hari agar mendapat harga yang murah.

Kendati murah, melihat kualitas layanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) saat ini, tentu tidak ada keraguan akan kenyamanan yang bisa didapatkan penumpang selama melakukan perjalanan.

Termasuk menjelang momentum liburan natal 2023, di mana tiket perjalanan via kereta api sudah bisa dibeli untuk memastikan ketersediaan kursi.

Mengingat libur akhir tahun selalu menjadi waktu sibuk sejumlah layanan akomodasi, maka segeralah berburu tiket KAI mulai dari sekarang.

Adapun untuk membeli tiket kereta kini semakin mudah dilakukan, yakni hanya dengan beberapa sentuhan jari untuk bertransaksi melalui gawai yang Anda miliki.

Ya, proses pembelian tiket kereta kini bisa dilakukan hanya bermodal smartphone, tanpa harus mengantre panjang seperti dulu.

Keunggulan lain membeli tiket kereta via HP adalah bisa membandingkan harga antar waktu, wilayah, maupun armada yang digunakan. Dengan begitu Anda bisa memperkirakan pengeluaran untuk kebutuhan akomodasi tersebut.

KAI sendiri memfasilitasi penumpang untuk melakukan pembelian tiket kereta melalui aplikasi bernama Access by KAI. Aplikasi tersebut dapat diunduh gratis pada toko aplikasi macam PlayStore dan AppStore.

Usai mengunduh aplikasi tersebut, silakan buat akun terlebih dahulu sesuai identitas Anda sebenarnya. Hal ini guna proses verifikasi saat klaim tiket di hari keberangkatan.

Menariknya, pembelian tiket kereta via aplikasi Access KAI itu bisa dilakukan sejak H-45 hingga yang terdekat 1 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Untuk masing-masing akun dapat membeli maksimal 10 tiket menggunakan 1 kode booking (di luar tiket infant).

Baca juga: Sejumlah Maskapai Tambah Jadwal Penerbangan Selama Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Panduan cara beli tiket kereta via aplikasi Access by KAI
Panduan cara beli tiket kereta via aplikasi Access by KAI.

Cara membeli tiket kereta api melalui aplikasi Access KAI

Berikut langkah-langkah cara membeli tiket kereta api menggunakan layanan aplikasi Access KAI tersebut. Silakan simak dengan teliti agar tidak ada satu langkah yang terlewatkan.

1. Login dengan nomor ponsel atau akun Google yang Anda gunakan untuk mendaftar tadi.

2. Pilih jenis kereta yang ingin Anda beli tiketnya. Di aplikasi tersebut terdapat berbagai pilihan layanan perjalanan, seperti Antar Kota, Lokal, Commuter Line, LRT Jabodebek, KA Bandara, serta Kereta Cepat Whoosh.

3. Pilih tujuan keberangkatan dan kedatangan.

4. Pilih tanggal keberangkatan. Anda juga bisa membeli tiket pergi pulang sekaligusbdengan mengaktifkan tombol yang berada di samping tanggal keberangkatan, lalu masukkan tanggal pulang di bagian bawahnya.

5. Masukkan jumlah tiket yang ingin dibeli, hal ini mengacu pada jumlah penumpang yang hendak melakukan perjalanan bersama Anda.

6. Tekan tombol Cari Tiket Antar Kota.

7. Pilih kereta yang Anda inginkan. Sebagai catatan, Anda dapat juga memilih tanggal lain selain yang dipilih sebelumnya dengan menekan baris tanggal di bagian atas layar.

8. Isi data identitas penumpang.

9. Pilih nomor dan posisi kursi yang diinginkan berdasarkan kelasnya.

10. Cek kembali untuk memastikan data penumpang dan pembayaran telah terisi dengan benar.

11. Lanjutkan dengan membayar tiket yang ingin dipesan.

Baca juga: Sambut Natal 2023, Ini 10 Lagu Populer yang Bikin Suasana Christmas Terasa Damai

KAI sendiri telah menetapkan Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) berlangsung mulai 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024.

Total hampir 180 ribu kuota tiket disediakan untuk melayani perjalanan wisatawan yang ingin merayakan liburan akhir tahun dengan moda transportasi kereta api.

Jika tidak segera dibeli, maka calon penumpang akan rawan kehabisan mengingat tingginya animo masyarakat yang ingin berlibur jelang pergantian tahun tersebut.

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan, pihaknya mengimbau agar masyarakat segera membeli tiket sejak jauh-jauh hari. Terlebih saat ini jumlahnya masih tersedia banyak, namun bukan tidak mungkin kuotanya akan menipis tanpa terduga, dan bisa saja habis sewaktu-waktu.

"KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia," kata Joni dikutip Republika, Minggu (19/11/2023).

Jadi, jangan tunda untuk segera memesan tiket keretamu mulai sekarang, ya! Selamat menantikan liburan yang lebih berkesan dengan menikmati perjalanan bersama KAI.

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.