GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Berminat Bisnis Indomaret? Ternyata ini Syarat dan Biaya yang Dibutuhkan!

Syarat dan Biaya Mendirikan Bisnis Indomaret
Ilustrasi: Gerai Indomaret

Pewarta.co.id, Malang - Saat ini bisnis waralaba semakin menjamur di Indonesia. Mulai dari jenis usaha yang fokus kuliner, sampai berkonsep minimarket atau swalayan.

Salah satu yang saat ini paling digandrungi adalah bisnis Indomaret, mungkin Anda salah satunya.

Tapi tahuah Anda apa syarat dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk memiliki bisnis Indomaret?

Melalui artikel ini Anda akan mendapatkan informasinya mengenai cara memulai bisnis Indomaret.

Seperti diketahui, waralaba bisa menjadi alternatif bisnis yang menarik. Terutama bagi Anda yang memang sudah siap modal berkisar ratusan juta maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis Indomaret.

Baca juga: Tak Perlu Modal Besar, ini Bisnis Menguntungkan di 2022


Baca juga: Faktor Kenapa Mobil Listrik Masih Diragukan Konsumen Indonesia


Terlebih bisnis Indomaret sedang menjadi tren di Indonesia. Bisa dilihat dari banyaknya outlet yang tersebar bukan hanya di perkotaan, bahkan sekarang sudah sampai ke pelosok desa pun ada, yang nyaris hampir tak pernah sepi pengunjung.

Mengutip dari laman resmi Indomaret, masyarakat yang berminat bisnis Indomaret harus menyiapkan dana sekitar Rp 394 juta.

Nominal tersebut memiliki rincian yang jelas mulai dari biaya persiapan sampai pemodalan. Adapun rinciannya sebagai berikut.

# Franchise fee untuk lima tahun sebesar Rp 36 juta

# Promosi dan persiapan pembukaan toko senilai Rp 9,5 juta

# Renovasi dan tambah daya listrik sebesar Rp 170,5 juta. Namun biaya ini menyesuaikan kondisi dan bentuk bangunan, jadi nominalnya bisa kurang bisa lebih.

# Peralatan elektronik dan non elektronik senilai Rp 178 juta. Ini pun juga menyesuaikan dengan tipe toko tempat Anda menjalankan bisnis Indomaret.

Baca juga: Inspiratif, Kisah Sukses Mongki Roti Hingga Rambah Beberapa Kota


Baca juga: Kronologi Lengkap Sengketa Merek Dagang MS Glow Vs PS Glow


Syarat Mendirikan Indomaret


Anda yang berminat mendirikan bisnis waralaba Indomaret harus memenuhi berbagai persyaratan.

Berdasarkan informasi dari website indomaret.co.id, adapun persyaratannya adalah sebagai berikut:

# Warga Negara Indonesia (WNI). Artinya manajemen Indomaret lebih memprioritaskan pengembangan wirausaha asli warga negara Indonesia.

# Menyediakan lokasi toko dengan luasan 120-200 m², dan harus memilih area dengan prospek komersial. Hal ini dimaksudkan agar bisnis bisa berjalan sesuai rencana prospek bisnis.

# Harus memiliki izin usaha minimarket seperti IMB/IPB ruko, UUG/HO, SIUP, TDP, IUTM/IUTS, STPW, NPWP, PKP, dan lainnya.

# Menyediakan dana investasi.

# Dan yang terpenting, Anda harus memiliki jiwa enterpreneur yang tinggi. Serta fokus pada pengembangan bisnis waralaba Indomaret.

Baca juga: 4 Aplikasi Saham Syariah Terpopuler 2022 Cocok untuk Milenial


Baca juga: Sukses Berbisnis Skincare, Bella Shofie dan Suami Siap Bagikan Modal Usaha


Cara Bergabung Franchise Indomaret


Sebelum memutuskan untuk bergabung sebagai mitra Indomaret, Anda sudah harus memiliki calon lokasi yang akan digunakan untuk membuka gerai Indomaret. Artinya, lebih baik Anda tentukan dulu lokasinya, jika sudah paham SWOT-nya, maka silakan melakukan pengajuan dengan tahapan dan prosedur seperti dijelaskan di bawah ini.

# Melakukan presentasi awal

# Survey lokasi tempat usaha

# Pengukuran dan evaluasi KKI

# Melakukan perjanjian pengikatan sekaligus menyerahkan pembayaran franchise fee

# Pengurusan Izin Usaha Minimarket

# Pembangunan fisik atau renovasi calon gerai Indomaret baru

# Jika sudah memenuhi semua maka Anda bisa melakukan pembukaan gerai

Selain bisa membuka cabang waralaba Indomaret sendiri, Anda pun juga bisa hanya dengan menyewakan tempat atau lokasi saja. Formulir cara bergabung menjadi mitra Indomaret bisa Anda unduh melalui website resmi mereka di alamat yang sudah tercantum di atas.

Sayangnya, sejauh ini penjelasan di atas baru berlaku untuk pendaftaran franchise Indomaret di wilayah tertentu, seperti Pulau Jawa, Bali, Lombok, Aceh, Medan, Pekanbaru, Batam, Palembang, Lampung, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Makassar, Kendari, Manado, dan Ambon.

Bagaimana sobat Pewarta, berminat bisnis Indomaret? Selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan pandangan bagi Anda sebelum memulai bisnis.

(ab/nul)


Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close