Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Manfaat Website Sekolah, Apa Saja?

Senin, 01 Agustus 2022 | 03:20 WIB Last Updated 2022-09-18T00:50:09Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Manfaat Website Sekolah, Apa Saja?
Ilustrasi website sekolah. (Dok. Exabytes)

PEWARTA.CO.ID - Di era serba teknologi, usaha apapun wajib menunjukkan eksistensinya di ruang digital, baik untuk jenis jasa maupun produk. Dan salah satu upayanya adalah dengan memanfaatkan internet.


Bukan tanpa alasan, mengingat pengguna internet di Indonesia sendiri sudah lebih dari 200 juta orang (data Mei 2022), itu artinya, usaha yang eksis di dunia Maya akan berpotensi lebih cepat dikenal.


Bahkan, bukan hanya bermanfaat untuk usaha jenis barang dan jasa saja, tetapi juga bagi lembaga penyelenggara pendidikan sekolah pun juga harus sadar memanfaatkannya.


Karenanya, belakangan banyak bertebaran promo-promo tentang periodik pendaftaran sekolah, keuntungan jika mendaftar, sampai informasi terkait kuota pendaftaran juga sering dijumpai di internet dalam bentuk flyer sampai video.


Baca juga: Rilis KIM.id, Kominfo Ingin Bangun Literasi Digital Masyarakat


Akan tetapi, dengan masif menyebar konten promo seperti itu saja belumlah cukup. Lembaga pendidikan atau sekolah wajib memiliki satu wadah khusus untuk memberikan informasi satu arah yang lebih profesional, salah satunya dengan memiliki website.


Ya, website dikenal efektif dalam mempromosikan bisnis barang, jasa, dan pelayanan publik, termasuk di antaranya sekolah.


Karena dengan website, sekolah akan lebih berpeluang dikenal sebagai penyelenggara pendidikan dengan reputasi yang profesional, serta merepresentasikan seperti apa gambaran sekolah tersebut kepada calon peserta didik.


Adapun beberapa manfaat lain dari website sekolah, dijelaskan melalui beberapa poin berikut ini.


Baca juga: Kominfo Dorong Pengajar Buat Video Pembelajaran yang Menyenangkan


Manfaat Website Sekolah


Dilansir dari pendidikanpedia.com, Senin (1/8/2022), setidak ada 4 poin dari manfaat website sekolah, berikut penjelasannya:


1. Website sekolah sebagai media promosi


Seperti dijelaskan di awal, website bisa digunakan sebagai wadah untuk promosi. Begitu pula sekolah, yang sering memberikan informasi pendaftaran, penawaran khusus bagi calon pendaftar, dan lain sebagainya.


Sehingga, manfaat website bagi sekolah bisa dibilang bertindak sebagai 'sales online' bagi lembaga tersebut.


Baca juga: Pentingnya Personal Branding di Era Digital


2. Mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM)


Seperti diketahui, selama masa pandemi seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring (online), hanya sekolah yang telah didukung oleh website profesional lah yang tetap siap dengan kondisi demikian itu.


Manfaat website bagi sekolah
Ilustrasi siswa belajar di rumah menggunakan perangkat teknologi.


Meskipun, pada akhirnya langkah tersebut turut diikuti sekolah-sekolah lain, tetapi yang lebih dulu sadar akan manfaat website sekolah yang akan menerima manfaatnya lebih cepat, dibandingkan yang baru sadar dan belakangan membuat.


Melalui beragam fitur, website sekolah dapat mendukung kegiatan belajar mengajar menjadi lebih mudah, salah satunya dengan inovasi video interaktif yang memudahkan peserta didik untuk menerima materi pelajaran.


Baca juga: Kemkominfo Sukseskan Belajar Online dengan Literasi Digital 2022


3. Menyebarkan informasi bersifat resmi (official)


Begitupun soal informasi, website dapat dikatakan sebagai informan yang dapat dipertanggung jawabkan selagi dikelola oleh lembaga yang memang memiliki legal standing.


Biasanya, website sekolah akan dibekali nama domain berekstensi khusus yang tentunya tidak bisa dimiliki sembarang individu.


Nama domain bagi sekolah terdaftar secara resmi di Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) yang lazimnya berformat dot sch dot id (contoh: namasekolah.sch.id). Adapun format lain, misalnya dot com (contoh: namasekolah.com) juga tetap bisa digunakan selagi konten yang terdapat di dalamnya memang dikelola oleh pihak sekolah secara resmi.


Baca juga: Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan HIV dan AIDS


4. Mendukung program pemerintah


Terakhir, manfaat website sekolah sebagai upaya mendukung program pemerintah yang mencanangkan digitalisasi segala hal, termasuk pelayanan publik.


Dengan website, sekolah termasuk mengaplikasikan layanan non-tatap muka yang bisa diakses calon peserta didik maupun orangtua dan atau wali meski tidak berada di lokasi sekolah itu berada sekalipun.


Itulah 4 manfaat website sekolah. Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya tidak ada alasan lagi bagi penyelenggara pendidikan seperti sekolah untuk tidak memiliki website resmi yang mewakili lembaga mereka.


Oleh sebab itu, perlu sekali segera membuat website sekolah, selain agar terlihat lebih profesional, juga lebih mudah dalam menjangkau calon pendaftar yang lebih luas.


Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close