GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Cara dan Syarat Daftar Google Adsense untuk Blogger Terbaru 2023, Pemula Wajib Baca Ini

Cara dan Syarat Daftar Google Adsense untuk Blogger Terbaru 2023, Pemula Wajib Baca Ini
Ilustrasi: Cara daftar Google Adsense untuk Blogger terbaru 2023. (Dok. CentraUsaha)

PEWARTA.CO.ID - Google Adsense tengah menjadi tren di kalangan netizen pendulang rupiah di internet, baik Youtuber maupun Blogger.


Meski kadang penghasilan yang diperoleh tak sebesar yang diharapkan, tetapi jika telaten dalam mengelolanya bukan tidak mungkin Adsense bisa menjadi sumber penghasilan yang potensial.


Namun sayangnya mendaftar Google Adsense bisa dibilang gampang-gampang susah. Terlebih bagi yang belum mengetahui trik dan tipsnya.


Karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mendaftar di platform periklanan milik Google tersebut.


Seperti Youtube misalnya, harus memenuhi 4000 jam tayang dari akumulasi video yang telah diunggah, serta minimal 1.000 subscriber pada channel yang digunakan untuk menyimpan kumpulan video tersebut.


Namun perlu diketahui, pada artikel ini akan diulas cara dan syarat mendaftar Google Adsense terbaru 2023 khusus untuk Blogger, alias platform blogging milik Google yang hingga kini masih banyak penggunanya.


Itulah mengapa para blogger pemula wajib membaca artikel ini hingga tuntas. Karena pada artikel ini terdapat penjelasan cara dan syarat daftar Google Adsense terbaru 2023 yang cocok dipraktikkan oleh para pemula.


Termasuk tips blog diterima Google Adsense sekalipun blog tersebut masih berusia belia. Hal ini sekaligus menjawab pertanyaan para blogger yang masih bingung syarat blog bisa diterima Adsense.


Baca juga: Cara Memilih Jasa Pembuat Blog Terpercaya dan Profesional


Cara dan Syarat Daftar Google Adsense Terbaru 2023


Dilansir dari pelitadigital.com, setidaknya ada 9 cara dan syarat agar blog diterima Google Adsense. Cukup banyak memang syaratnya, tetapi dinilai ampuh sesuai yang diinginkan Google.


1. Buat konten menarik dan bermanfaat


Akhir September 2021 lalu Google telah meluncurkan algoritme baru, yakni 'Core Update' dan 'Product Reviews'. Ini melengkapi algoritma sebelumnya yaitu 'Helpful Content' yang lebih dulu dirilis pada pertengahan Agustus 2022.


Pada algoritma terbaru tersebut, Google ingin penyedia konten di platform blog miliknya untuk membuat artikel yang menarik dan memberikan manfaat bagi pembacanya.


Selain berpengaruh pada hasil pencarian di Search Engine Result Page (SERP), maksud dari algoritma ini juga ditujukan agar bobot konten yang dibuat para blogger bisa memberikan faedah bagi yang membacanya.


Hal ini juga yang akhirnya memengaruhi potensi diterimanya Adsense di blog. Karena jika artikel bermanfaat maka analoginya akan disukai olleh pembaca, dan otomatis memengaruhi jumlah kunjungan blog.


Jika traffic kunjungan tinggi maka perkara mudah blog tersebut bisa diterima Google Adsense.


Baca juga: Jasa Membuat Blog Terbaik, Profesional, dan Terpercaya 2023


2. Pasang navigasi yang mudah diakses


Ini yang biasanya menjadi hal paling disepelekan oleh para blogger pemula. Di mana keberadaan navigasi sering dibuat sekenanya. Padahal navigasi sangat penting untuk memudahkan pengunjung mengakses konten.


Bijaknya, buat navigasi yang merujuk pada jenis konten apa saja atau kategori yang disediakan oleh blog tersebut.


Pastikan saat mendaftar ke Adsense tidak ada link mati pada navigasi tersebut. Karena hal ini rawan dianggap spam oleh Google terhadap blog itu sendiri.


Ilustrasi blogger/penulis artikel online
Ilustrasi blogger/penulis artikel online. (Dok. Freepik)


3. Sediakan halaman wajib


Ada sejumlah halaman wajib yang perlu disediakan oleh pemilik blog, yakni halaman 'tentang kami', 'disclaimer', 'contact', dan 'kebijakan privasi'.


Jika masih bingung mengenai apa isi dari masing-masing halaman tersebut, maka silakan cek contoh isinya seperti yang terdapat di bagian bawah (footer) dari situs Pewarta.co.id ini.


Rekomendasi untuk dibaca: Aplikasi Sadap WhatsApp Pasangan


4. Integrasi akun Analytics dan Search Console


Hal wajib selanjutnya yang perlu diperhatikan para blogger adalah mengoneksikan akun Analytics dan Search Console.


Ada banyak manfaat jika blog telah dikoneksikan ke kedua akun tersebut secara terintegrasi, seperti data traffic, demografi pengunjung, kebiasaan dan jenis artikel yang digemari pembaca.


Selain itu, artikel juga lebih mudah terindeks dengan memanfaatkan Search Console. Karena salah satu syarat agar blog diterima Adsense adalah artikel sudah terindeks di hasil pencarian atau SERP.


Baca juga: Harga Jasa Blogroll Terbaru 2023, Bermanfaat untuk SEO Website


5. Usia minimal blog


Ini dia yang paling sering ditanyakan oleh para blogger pemula. Syarat usia blog minimal adalah 3 bulan untuk benar-benar layak diterima oleh Adsense.


Meski demikian, tidak ada penjelasan pasti dari pihak Google mengenai syarat usia minimal blog agar diterima Adsense tersebut. Namun dengan mengacu pada pengalaman di mana kebanyakan Adsense bersedia memonitisasi blog yang telah melewati masa 3 bulan online setelah pertama diregistrasi.


6. Minimal jumlah artikel


Demikian halnya dengan usia blog, jumlah minimal artikel pun juga harus menjadi pertimbangan sebelum mendaftarkan blog ke Google Adsense.


Syarat blog diterima Adsense adalah setidaknya sudah memiliki minimal 20-30 artikel original. Kata original yang dimaksud berarti lolos plagiarisme dan memberikan manfaat bagi pembacanya.


Namun jangan terjebak pada definisi original yang harus diartikan sebagai konten yang murni dari buah pikir si penulis. Tetapi bisa juga hasil parafrasa dari konten milik website lain yang sudah lebih dulu diterbitkan.


Ingat, ya! Parafrasa, bukan menjiplak atau menyalin ulang (copy-paste) dari milik situs blog lainnya.


Baca juga: Jasa Backlink Media Online Nasional Murah Berkualitas 2023


7. Fokus niche


Pada saat pengajuan atau mendaftar ke Adsense, pastikan mayoritas artikel yang sudah diterbitkan di blog memiliki jenis (niche) konten yang serupa.


Artinya, Google akan menilai kelayakan blog tersebut bisa diterima Adsense jika memiliki konten pada satu atau dua jenis konten yang sama.


Jangan menerbitkan artikel dengan banyak jenis karena dianggap tidak fokus pada kualitas, melainkan hanya mengejar kuantitas.


Ilustrasi blogging
Ilustrasi blogging. (Dok. iNet)


8. Jangan tampilkan iklan dari platform lain


Seperti diketahui, ada banyak platform penerbitan iklan selain Adsense. Namun jika ingin diterima oleh Google melalui Adsense, sementara non-aktifkan dulu iklan dari platform lain jika blog Anda sudah pernah atau sedang menampilkannya.


Namun jika blog dalam kondisi bersih dari script iklan lain, berarti pada poin ini bisa dilompati.


Baca juga: Ide Bisnis 2023, Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang


9. Usia minimal yang mengajukan


Terakhir, pastikan usia si pendaftar Google Adsense minimal sudah di atas 18 tahun dengan dibuktikan dengan adanya Kartu Tanda Penduduk (KTP).


KTP sangat dibutuhkan untuk validasi dalam mendaftar Google Adsense. Jika si blogger belum memiliki KTP, maka bisa meminjam KTP milik keluarga lainnya.


Cantumkan juga alamat yang valid dari si pendaftar. Karena hal ini akan berguna sebagai alamat tujuan untuk menerima surat dari Google berupa kode verifikasi akun.


Catatan:

Keterangan di atas berlaku jika Anda telah memiliki akun Adsense. Namun jika belum silakan buat terlebih dahulu melalui link ini.


Itu dia kesembilan cara dan syarat daftar Google Adsense untuk Blogger terbaru 2023. Nantikan artikel selanjutnya dari Pewarta tentang cara daftar Adsense untuk Youtube yang barangkali juga Anda butuhkan saat ini.


Perlu diketahui, penjelasan tentang cara mendaftar Adsense Blogger di atas berdasarkan pengalaman yang telah terbukti ampuh jika dipraktikkan. Selamat mencoba!



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close