GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Jadwal FYP TikTok Setiap Hari Berlaku Sepanjang Tahun 2023 yang BENAR dan VALID

Jadwal FYP TikTok Setiap Hari Berlaku Sepanjang Tahun 2023 yang BENAR dan VALID
Ilustrasi TikTok. (Dok. iNet)

PEWARTA.CO.ID - Inilah jadwal FYP TikTok yang berlaku sepanjang tahun 2023 ini.


Jadwal tersebut meliputi tujuh hari dalam sepekan, yakni FYP Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.


Bagi konten kreator tentu jadwal FYP TikTok harian 2023 ini sangat dibutuhkan, demi menjaga engagement akun yang dikelolanya.


Seperti diketahui, fitur FYP tengah menjadi tren sebagai parameter dalam menentukan suatu konten bisa dikategorikan viral atau tidak.


Parameter lainnya sekaligus menentukan kualitas konten bisa dikatakan bermanfaat karena telah direkomendasikan oleh aplikasi berbasis video portrait tersebut kepada penggunanya secara random.


TikTok bakal memunculkan konten-konten terpilih yang menurut mereka relevan dengan minat penggunanya pada jam-jam tertentu. Dan di jam itulah yang seharusnya dimanfaatkan oleh para pemilik akun.


Lantas, di jam berapa waktu terbaik untuk upload video di TikTok sepanjang tahun 2023 ini? Simak penjelasannya sebagai berikut.


Jadwal FYP TikTok Setiap Hari Selama 2023


Sepanjang tahun 2023 ini aplikasi TikTok diperkirakan masih akan menjadi media sosial yang memiliki jumlah pengguna aktif terbanyak.


TikTok juga diklaim sukses menjadi pesaing terberat Facebook dalam meraup kesuksesan dengan lebih dari 2 milyar pengguna aktif di seluruh dunia.


Karena itulah fitur FYP hadir sebagai peluang untuk mendulang insight dalam mengenalkan produk atau jasa dari bisnis yang Anda jalankan.


Caranya, buat konten secara konsisten sesuai bidang bisnis, unggah video pada waktu yang direkomendasikan, serta memperhatikan kualitas konten dengan menimbang dari segi kemanfaatannya.


Dan inilah jadwal FYP TikTok dalam sepekan selama tahun 2023 tersebut.


Baca juga: Antara Youtube dan TikTok, Mana yang Lebih Boros ke Kuota Data Internet Pengguna?


Jadwal FYP Hari Senin


Senin yang merupakan hari di awal pekan tentu sebuah kondisi di mana mayoritas orang tengah disibukkan dengan rutinitas harian.


Oleh sebab itu, tidak banyak yang memiliki waktu untuk bermain media sosial. Namun bukan berarti konten tidak berpeluang viral hanya karena minimnya jam akses oleh sebagian besar pengguna tersebut.


Bijaknya, coba unggah konten di jam 12.00-13.00 WIB pada siang hari, dan pukul 18.00 WIB pada malamnya. Waktu-waktu tersebut sering menjadi kebiasaan pengguna dalam mengakses aplikasi TikTok di sela kepadatan aktivitas di hari Senin.


Jadwal FYP Hari Selasa


Ada dua sesi waktu yang menjadi FYP TikTok di hari Selasa, yakni pada pukul 15.00-16.00 WIB, di mana kebanyakan anak-anak hingga remaja sering membuka aplikasi ini pada jam-jam tersebut.


Kemudian di jam 19.00-21.00 WIB yang didominasi pengguna usia remaja dan dewasa.


Terkait jenis konten yang terbaik untuk pengguna jenis itu bisa menyesuaikan rentang usia berdasarkan insight pada postingan Anda.


Jadwal FYP Hari Rabu


Pada tengah pekan, FYP hari Rabu berpotensi jatuh di jam 11.00-12.00 WIB pada siang hari, dan antara pukul 19.00 sampai 21.00 WIB pada malam harinya.


Pada mid-week (tengah pekan) kemungkinan aktivitas sudah tidak sepadat seperti awal pekan. Sehingga lebih banyak pengguna yang aktif mengakses TikTok.


Baca juga: Tips Agar Blog Diterima Google Adsense Terbaru 2023, Gak Bakal Ditolak Jika Pakai Cara Ini


Jadwal FYP Hari Kamis


Tak ubahnya hari sebelumnya, FYP Kamis juga diprediksi akan menjadi harinya pada kreator konten untuk mendulang engagement yang tinggi.


Adapun jam terbaik untuk upload video di hari Kamis pada aplikasi TikTok adalah pukul 12.00 WIB, 16.00 WIB, 19.00 WIB, dan 21.00 WIB.


Jadwal FYP Hari Jumat


Meski masih tergolong tengah pekan, atau hari aktif dal bekerja, namun Jumat bisa dibilang sudah mulai menyuguhkan aroma liburan akhir pekan bagi sebagian besar orang.


Konten-konten yang segar nan menghibur bisa jadi paling banyak diburu pada periode ini. Dan jadwal FYP Jumat di TikTok diperkirakan jatuh pada pukul 11.00-12.00 WIB dan 19.00-21.00 WIB.


Jadwal FYP Hari Sabtu


Potensi viral di akhir pekan sangat mungkin terjadi jika meng-upload video di jam 09.00-11.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB.


Rentang durasi waktu yang bisa digunakan untuk upload video relatif lebih panjang dibanding hari lainnya. Hal ini karena akhir pekan terjadi peningkatan aktivitas pengguna media sosial khususnya di Indonesia.


Jadwal FYP Hari Minggu


Dan terakhir ialah FYP Minggu, hari di mana segala usia berpotensi membuka TikTok pada beberapa sesi waktu ideal, seperti 07.00-11.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB.


Wajar bila rentang durasinya jauh lebih lama, bahkan lebih panjang dibanding Sabtu. Tak lain karena hari libur membuat pengguna lebih leluasa mengoperasikan gawai miliknya sampai waktu istirahat malam tiba.


Baca juga: 10 Cara Jitu Mengatasi HP Android Lemot Selain Restart, Simak!


Perlu dipahami, jadwal FYP di atas tidak bisa dijadikan acuan mutlak lantaran perlunya membaca insight masing-masing akun. Karena setiap akun bisa saja memiliki pola kebiasaan pengguna yang berbeda.


Namun tidak ada salahnya untuk mencoba bereksperimen sesuai rekomendasi jam terbaik untuk upload video tersebut ke aplikasi asal China tersebut. Karena bukan tidak mungkin konten Anda berpeluang menjadi viral karena di-upload pada waktu yang tepat.


Selain mengikuti saran mengunggah konten bertepatan dengan jadwal FYP, para konten kreator juga wajib memahami algoritma TikTok terbaru 2023.


Lalu seperti apa algoritma TikTok terbaru pada 2023 ini?


Ada tiga faktor utama yang dapat mendongkrak popularitas akun TikTok jika mengacu pada algoritma terbaru tersebut, antara lain:


1. Interaksi Pengguna


- Berdasarkan minat/akun yang diikuti


- Adanya interaksi aktif di kolom komentar


- Jenis konten yang dibuat dan disukai


- Kategori konten yang sering dibagikan


- Video yang ditandai sebagai favorit


- Lamanya durasi menonton suatu video


- Konten yang ditandai sebagai "tidak tertarik" atau "tidak pantas"


2. Pengaturan Akun


- Settingan bahasa akun


- Demografi negara


- Lokasi akun tersebut dikelola


- Jenis perangkat yang digunakan si admin


- Pemilihan kategori konten


3. Informasi pada Konten


- Pemilihan copywriting/caption yang menarik


- Penggunaan audio yang sesuai dengan tema video


- Penggunaan hastag atau tagar yang relevan dengan konten


- Penggunaan efek yang sesuai dan tidak berlebihan


- Topik yang dibahas dalam konten tersebut


Selain itu, perhatikan juga sejumlah hal penting agar video bisa masuk FYP. Hal-hal yang dimaksud seperti kualitas video, minat audiens, topik yang sedang trending, dan menjaga konsistensi waktu posting.


Baca juga: Jadwal FYP TikTok Harian Terbaru 2023 Lengkap


Jika merasa telah mematuhi beberapa kriteria di atas namun video tidak juga masuk ke laman FYP, kemungkinan besar ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya, seperti:


- Kurang aktif dalam membuat postingan secara konsisten


- Kurang maksimalnya dalam penggunaan fitur


- Melanggar aturan kebijakan penggunaan aplikasi


Itulah jadwal FYP TikTok setiap hari yang berlaku sepanjang tahun 2023 ini. Silakan coba terapkan pada akun Anda, dan bersiaplah mendulang sukses berdasarkan kiat-kiat di atas. Selamat berkarya, ya!



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close