Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Manfaat Makan Labu Rebus Sebelum Tidur, Biasakan Mulai Sekarang

Kamis, 07 April 2022 | 00:38 WIB Last Updated 2022-09-04T10:47:00Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Manfaat Makan Labu Rebus Sebelum Tidur
Labu siam

PEWARTA.CO.ID - Banyak yang tak menyadari jika ternyata banyak manfaat makan labu rebus sebelum tidur. Khasiatnya dipercaya berpengaruh baik bagi kesehatan.

Labu atau yang juga disebut labu siam, memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Cara mengkonsumsinya bisa dalam bentuk disayur atau dibuat menjadi jus.

Selain enak dijadikan bahan olahan sayur, ternyata khasiat labu siam juga bisa menjadi alternatif bagi yang punya penyakit dan tidak ingin terus bergantung pada obat. Karena nyatanya labu bisa menjadi obat yang murah bagi tubuh.

Dikutip dari rndhealthtips, setidaknya ada 10 manfaat makan labu yang dikonsumsi setelah direbus. Karena makan labu rebus sebelum tidur bisa memenuhi kebutuhan energi setelah seharian beraktifitas.

Baca juga: Alasan Kenapa Dilarang Tidur Setelah Subuh, Cek Penjelasannya!


Baca juga: Minum Teh Setelah Makan Ternyata Bahaya, Ini Kata Dosen UM Surabaya


Berikut ulasan lengkap tentang manfaat makan labu rebus sebelum tidur, yang bisa Anda coba dan rasakan khasiatnya.

1. Asupan Energi Bagi Tubuh


Di dalam labu Siam terdapat kandungan mangan sebanyak 9 persen, dan itu cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan energi diperlukan tubuh.

2. Dapat Mencegah Kanker


Labu Siam juga mengandung vitamin C sebesar 13 persen. Ini bermanfaat untuk menjaga sel-sel dalam tubuh agar terhindar dari kerusakan.

Vitamin C yang terkandung dalam labu Siam juga bisa menjadi antioksidan sebagai penangkal radikal bebas bagi tubuh.

3. Baik untuk Kinerja Otak


Vitamin B6 yang terdapat dalam labu Siam sangat bagus untuk merangsang kinerja otak.

Kandungan gizi yang terdapat dalam labu Siam sangat diperlukan oleh otak untuk meningkatkan daya ingat, serta memaksimalkan fungsi otak.

Labu siam memiliki kandungan B6 sebesar 4 persen, dengan mengkonsumsinya maka dapat mencegah sifat pelupa yang bisa saja terjadi pada orang berusia dewasa.

Baca juga: Cara Menjalani Gaya Hidup Sehat Sesuai Anjuran Ahli Kesehatan


Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit


4. Bermanfaat Bagi Pencernaan


Manfaat Labu Siam untuk Melancarkan Pencernaan
Ilustrasi gangguan pencernaan

Bagi orang yang sedang menjalani diet, maka labu bisa jadi alternatif yang bisa dikonsumsi.

Kandungan vitamin C dan serat yang terdapat dalam labu Siam sangat baik bagi pencernaan. Dengan begitu, diet sehat tetap nyaman dijalankan karena asupan gizi yang disuplai dari labu bisa jadi bermanfaat positif bagi tubuh.

5. Mendukung Kesehatan Jantung


Labu Siam juga memiliki kandungan folat sebesar 23 persen, juga kaya akan kandungan vitamin B.

Hal itu sangat diperlukan untuk kesehatan jantung, karena dapat mengontrol asam amino dalam darah yang sering menjadi pemicu penyakit jantung koroner dan stroke.

Sering mengkonsumsi labu siam bisa membantu menstabilkan asam amino dalam darah, juga mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Baca juga: Catat! Ini Penyebab Asam Lambung Naik Menurut dr. Zaidul Akbar


Baca juga: Mau Awet Muda? Batasi Konsumsi Gula Berlebih!


6. Menjaga Kesehatan Tulang


Ada banyak kandungan vitamin dalam labu Siam yang telah dijelaskan di atas, namun ternyata tidak berhenti sampai di situ saja. Pasalnya, labu siam juga mengandung vitamin K yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka berdarah agar cepat kering.

Diketahui vitamin K tersebut juga dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

7. Mencegah Munculnya Jerawat


Manfaat Labu Siam untuk Menyembuhkan Jerawat
Kulit wajah bebas jerawat

Ada banyak sayuran yang bisa menjadi solusi dalam mencegah munculnya jerawat, dan salah satunya adalah labu siam ini.

Kandungan seng (zinc) dalam labu siam sebesar 5 persen, ini bermanfaat potensi munculnya jerawat dan membuat kulit wajah menjadi lebih bersih dan sehat.

8. Mengurangi Risiko Kram Otot


Labu siam mengandung magnesium sebesar 3 persen. Hal ini dikatakan pakar kesehatan sangat baik untuk otot dalam tubuh.

Karena berdasarkan penelitian mengatakan, tubuh yang kekurangan magnesium dapat berpotensi mengalami kram otot.

Baca juga: Manfaat Dauh Sirih, Selamat Tinggal Jerawat dan Komedo Bandel


Baca juga: Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan HIV dan AIDS


9. Mengurangi Lelah dan Rasa Sakit pada Kaki


Ada juga kandungan potassium dalam labu siam, nilainya sebesar 4 persen.

Saat tubuh merasa lelah usai beraktivitas, biasanya mudah mengalami rasa sakit pada kaki. Indikasinya, terasa menyiksa saat digunakan untuk berjalan.

Orang yang merasakan sakit pada kaki saat berjalan cenderung mengindikasikan kekurangan potassium. Maka dengan mengkonsumsi labu siam dapat meningkatkan kandungan potassium yang dibutuhkan tubuh tersebut.

10. Menjaga Tiroid Tetap Sehat


Salah satu upaya dalam menjaga tiroid agar tetap sehat adalah mengkonsumsi labu siam. Karena di dalam sayuran ini terdapat kandungan tembaga sebesar 6 persen dan ini sangat penting untuk membantu iodium dalam menjaga tiroid tersebut.

Untuk diketahui, tiroid adalah kelenjar yang menghasilkan hormon-hormon yang berfungsi mengatur metabolisme, suhu tubuh, dan denyut jantung.

Kekurangan tembaga tidak saja mempengaruhi tiroid, tetapi juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti migrain, alergi, hingga perasaan cemas akibat depresi.


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan mengenai manfaat makan labu rebus sebelum tidur di atas, yang setidaknya terdapat 10 manfaat labu siam tentunya bisa menjadi referensi bagus yang perlu Anda coba.

Meski begitu, selain waktu yang disarankan menjelang tidur malam Anda pun dapat mengkonsumsinya pada waktu-waktu lainnya juga.

Dan yang perlu diingat, memang labu bisa menjadi olahan sayur-mayur yang dapat dipadukan saat makan, namun sesuai penjelasan di awal bahwa cara terbaik untuk mengkonsumsinya adalah cukup direbus saja.

Demikian tips sehat mengenai mengkonsumsi labu siam, selamat mencoba dan pastikan tubuh tetap sehat agar aktivitas dapat berjalan dengan lancar.

Simak juga video berjudul "10 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan Tubuh" di bawah ini yang diproduksi oleh tim Kunci Sehat.




(mdy/ats)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close