Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Selamat Ulang Tahun ke-10 Google Indonesia!

Kamis, 31 Maret 2022 | 03:53 WIB Last Updated 2022-09-20T12:23:19Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Kantor Google Indonesia di Jakarta
Kantor Google Indonesia di Jakarta


PEWARTA.CO.ID - Tahun 2022 ini menandai satu dekade perjalanan Google Indonesia beroperasi. Itu artinya, Google Indonesia terlah berusia 10 tahun tepat pada Rabu (30/3/2022) kemarin.

Google Indonesia mulai hadir sejak 2012 silam. Perusahaan raksasa teknologi multi platform itu memiliki banyak momen terbaik selama muncul di Indonesia.

Untuk memperingati ulang tahun ke-10 Google Indonesia kali ini, tim Pewarta merangkum 10 momen terbaik untuk mengenang perjalanan Google selama hadir di Indonesia.

Seperti dikutip dari laman Uzone.id, berikut ini 10 momen terbaik Google Indonesia yang mungkin perlu Anda ketahui.

Baca juga: Cara Mengganti Tanggal Lahir dan Umur di TikTok Terbukti Berhasil


1. Membangun Fitur Produk Sesuai untuk Indonesia


Pada prosesnya, Google Indonesia secara konsisten terus menghadirkan fitur-fitur canggih dalam produknya, termasuk menciptakan fitur yang relevan dengan kebutuhan penggunanya di Indonesia.

Salah satunya diwujudkan dengan navigasi mode sepeda motor pada aplikasi GMaps. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengendara motor untuk menemukan rute terbaik selama melakukan perjalanan (mobilitas) dengan menggunakan aplikasi Google Maps.

Selain itu, Google juga semakin ramah digunakan bagi pengguna di Indonesia, dengan banyaknya ketersediaan versi bahasa lokal, yang semula hanya Jawa dan Bali, tetapi kini ada ratusan bahasa daerah yang didukung oleh Google Indonesia.

2. Melatih Jutaan Orang Indonesia dengan Keterampilan Digital


Melihat perkembangan pesat bisnis di Indonesia yang berbasis internet, Google turut mendukung lahirnya pengusaha baru untuk menjalankan usaha yang secara prioritas dapat lebih sukses dengan memanfaatkan teknologi miliknya.

Bahkan sebelum membuka kantor resmi di Indonesia, Google sudah lebih dulu membuat program-program yang intinya membantu pertumbuhan bisnis di Indonesia dengan mengganden mitra lokal, seperti program bisnis Lokal Go Online pada 2012 silam, yang tujuannya membantu para UKM untuk menghadirkan produk mereka di internet.

Tak hanya itu, Google juga secara serius menggarap program-program seperti Gapura Digital dan Women Will, dengan melatih lebih dari 2 juta orang Indonesia, di mana 800 ribu orang di antaranya dapat berhasil menjadi pengusaha wanita.

Baca juga: Desain dan Download Gratis Logo Sepakbola Keren untuk Klubmu, Biar Terlihat Profesional!


3. Menampilkan Candi Borobudur Melalui Street View


Google juga turut berpartisipasi dalam upaya mengenalkan Indonesia secara lebih luas di mata dunia.

Tepatnya tujuh tahun lalu, saat petugas aplikasi Street View (produk Google) memanggul trekker dan menyusuri Candi Borobudur yang ada di Magelang demi mengambil gambar mode 360 derajat dari kompleks candi seluas 2.500 meter persegi itu.

Borobudur yang merupakan Candi Buddha terbesar dan tertua di dunia itu akhirnya menjadi lebih dikenal dunia, bahkan sampai detail terkecil dari area di sekitar lokasi candi.

Bukan hanya pesona Borobudur saja yang ditampilkan, bahkan petugas Google juga rela menyelami kedalaman Raja Ampat di Papua, demi menampilkan sensasi bawah laut wilayah timur Indonesia itu.

Sepuluh tahun berselang, bukan lagi terbatas pada dua tempat itu saja, melainkan ada banyak potensi kekayaan alam Indonesia yang kini dengan mudah bisa diketahui hanya dengan sekali klik.

Baca juga: Pemkot Batu Terapkan Aplikasi E-Kenda Usai Dinilai Berhasil di Sidoarjo


4. Mendukung Ratusan Ribu Developer Seluler


Google juga telah memfasilitasi lebih dari 200 ribu pengembang aplikasi di Indonesia, di mana hal itu membuat banyak kreativitas anak bangsa lebih tereksplorasi.

Salah satu yang pernah merasakan kejayaan pada bidang pengembangan aplikasi adalah developer game asal Bandung, Own Games ID. Pencipta game yang juga penggemar tahu bulat itu akhirnya bisa merasakan sukses berkat membuat permainan yang juga diberi nama 'Tahu Bulat'.

Game Tahu Bulat sempat menduduki peringkat teratas di Play Store dengan total jumlah unduhan mencapai 10 juta orang yang telah memasang pada perangkat selulernya.

Google merasa bangga telah berhasil melatih ratusan ribu developer Indonesia untuk berani berkarya di era teknologi seperti sekarang.

Sejak 2016, Google secara konsisten terus membimbing banyak perusahaan startup, serta membina banyak komunitas developer melalui program Google for Startups, yang tujuannya untuk menumbuhkan ekonomi digital di Indonesia.

Baca juga: Cara Membuat Logo Super Mudah dan Cepat di HP Dengan Aplikasi DesignEvo


5. Merayakan Kekayaan Sejarah dan Budaya Indonesia


Google Indonesia pertama kali meluncurkan Doodle adalah saat merayakan HUT RI ke-67 pada 2012 silam.

Sejak saat itu Google secara serius membuat konten tematik yang berkaitan dengan sejarah dan budaya di Indonesia.

Google Indonesia juga rajin memproduksi tema Doodle yang menampilkan tokoh-tokoh perjuangan di Indonesia, seperti Ki Hajar Dewantara dan Roehana Koeddoes misalnya.

Melalui Google Artis and Culture, Google juga berperan dalam mengenalkan warisan budaya benda seperti seni batik dan rempah-rempah.

6. Melindungi Samudera dengan Teknologi


Ada begitu banyak keajaiban alam yang tersembunyi di bumi Indonesia. Butuh upaya untuk melindunginya agar dapat dinikmati hingga anak cucu kelak.

Melihat kegiatan inovatif beberapa organisasi seperti yang dilakukan Gringgo Foundation misalnya, lantas Google turut mendanai kegiatan konservasi alam melalui Google.org, demi mengembangkan alat untuk mengatasi permasalahan populasi limbah plastik.

Bahkan Google juga bekerja sama dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, dengan memanfaatkan fitur Global Fishing Watch melalui Google Earth, dalam upaya memantau aktifitas penangkapan ikan secara ilegal di wilayah perairan Indonesia.

Baca juga: 5 Aplikasi Android untuk Membuat Logo Keren, Desainer Pemula Tak Perlu Minder


7. Melakukan Regenerasi Digital


Google yakin dan percaya bahwa setiap warga Indonesia berpeluang mendapatkan hak atas pendidikan, khususnya yang berbasis digital. Karenanya, Google rutin membuat pelatihan digital yang disesuaikan dengan keterampilan serta pemanfaatannya bagi masyarakat.

Tahun 2021 lalu Google memperkenalkan program Career Certificates bagi mereka yang ingin mendapatkan pelatihan untuk peningkatan kemampuan sesuai yang dibutuhkan dunia kerja.

Program lain Google yang tak kalah pentingnya bagi kemajuan teknologi Indonesia adalah Program Bangkit.

Program Bangkit berupa pelatihan intensif selama enam bulan yang telah bekerja sama dengan perusahaan teknologi lokal serta universitas terkemuka dengan membekali lebih banyak orang Indonesia dengan Keterampilan yang dibutuhkan industri 4.0 berbasis teknologi.

Tahun ini Program Bangkit sudah memasuki tahun ketiga, di mana Google beraharap dapat melahirkan lebih banyak lagi profesional muda di bidang IT.

Baca juga: Daftar Lengkap 15 Situs Judi Online yang Diblokir Kominfo


8. Menjaring Ratusan Juta Penonton YouTube Setiap Bulannya


Melalui situs platform video miliknya, yaitu YouTube, Google mampu menjangkau lebih dari 100 juta penonton setiap bulannya.

Melalui fasilitas itu, seperti diketahui banyak bermunculan content creator berbakat dari Indonesia yang juga sukses berkat karya mereka di YouTube.

Saat ini YouTube mungkin telah mencapai prestasi yang menakjubkan dengan menarik perhatian ratusan juta pasang mata tiap bulannya, namun bukan tak mungkin jumlahnya akan semakin bertambah seiring pesatnya pengguna internet di Indonesia.

9. Mendukung Jurnalisme dan Industri Berita


Google telah bermitra dengan beberapa media di Indonesia, termasuk menyediakan fitur khusus berita yang diberi nama Google News.

Google begitu termotivasi untuk menyediakan ruang redaksi melalui teknologi, serta mempelajari alat dan keterampilan liputan terbaru. Tentunya hal ini semakin memudahkan penggunanya untuk mengakses sekaligus mengetahui informasi yang terjadi secara cepat.

Baca juga: Daftar Aplikasi Penghasil Uang di Internet Update 2022


10. Dukungan dari Orang-orang Hebat untuk Membantu Indonesia


Google juga bangga melihat bagaimana awalnya hanya mempekerjakan empat orang karyawan, namun kini jumlahnya menjadi puluhan Googler (karyawan Google) yang mengerjakan berbagai macam projects yang berdampak besar bagi Indonesia saat ini.

Itulah momen bersejarah yang mengiringi perjalanan sepuluh tahun Google Indonesia sejak awal kemunculannya hingga sekarang. Sedikit banyaknya program-program Google dapat memberikan kontribusi positif bagi Indonesia.

Semoga Google Indonesia selalu memberi manfaat terhadap kemajuan teknologi Indonesia, termasuk kemudahan dalam mengakses informasi, serta mengolahnya ke dalam fitur yang dimilikinya.

Selamat ulang tahun ke-10 Google Indonesia!


*Redaksi

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close