Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Aplikasi Chatting Paling Banyak Pengguna di Indonesia

Kamis, 10 Maret 2022 | 22:28 WIB Last Updated 2022-09-22T01:34:10Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


aplikasi chatting paling banyak pengguna di indonesia
Ilustrasi wanita sedang komunikasi/chatting (Freepik)

Pewarta.co.id - Di era digital seperti sekarang, kebutuhan komunikasi semakin dipermudah dengan hadirnya aplikasi chatting. Selain cepat dalam mengirimkan informasi, kemudahan penggunaan menjadi faktor masyarakat menggemari cara ini.

Melalui chat, komunikasi dua arah dapat saling berbalas pesan dengan mudah. Dilengkapi fitur seperti berkirim gambar, video, suara, maupun file attachment atau mencantumkan lampiran berkas.

Bayangkan jika teknologi itu belum ada saat ini, di mana masyarakat masih harus berurusan dengan surat-menyurat, jasa pos konvensional, dan lainnya yang sejenis. Tentu akan sangat lama bukan?

Kebiasaan masyarakat Indonesia menggunakan layanan pesan singkat sudah dimulai sejak kehadiran handphone. Saat itu layanan Short Message Service (SMS) menjadi andalan. Namun, sejak hadirnya internet, kebiasaan masyarakat pun bergeser ke aplikasi chatting.

Baca juga: Daftar Aplikasi Penghasil Uang di Internet Update 2022


Baca juga: 5 Aplikasi Android untuk Membuat Logo Keren, Desainer Pemula Tak Perlu Minder


Seiring perkembangan aplikasi berbasis chatting dengan ragam fitur dan kecanggihannya, didapati data deretan perangkat lunak yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia.

Berikut ini Pewarta bagikan info mengenai daftar aplikasi chatting paling banyak pengguna di Indonesia.

1. WhatsApp (WA)


Di urutan pertama dengan pengguna terbanyak di Indonesia adalah WhatsApp. Sepertinya hal itu terjadi karena familiarnya WA bagi masyarakat kita. Selain mudah, juga gratis mungkin alasan kenapa aplikasi chatting milik META ini berada di posisi satu.

WhatsApp pertama kali dirilis pada tahun 2009. Kini jumlah pengguna aktifnya mencapai 1,5 milyar lebih.

2. Messenger


Masih dikuasai produk milik META (dulunya Facebook). Aplikasi dengan jumlah pengguna terbanyak kedua di Indonesia adalah Messenger.

Aplikasi chat ini terhubung dengan akun Facebook penggunanya. Pun terkoneksi dengan fitur marketplace yang menghubungkan antara penjual dan pembeli.

Melalui laman bisnis, Messenger dapat menyatukan kegiatan berbalas pesan dari 3 platform sekaligus, yakni Facebook, Instagram, dan Messenger itu sendiri.

Baca juga: Survei Populix: 5 Bank Digital yang Paling Banyak Digunakan


3. WeChat


Aplikasi ini masih banyak penggunanya di Indonesia, bahkan terus bertumbuh jumlah penggunanya.

WeChat berada di posisi ketiga dengan jumlah pengguna aktif di Indonesia sebesar 200 juta pengguna.

Fiturnya pun beragam. Aktifitas chatting jadi lebih seru dengan koleksi emoticon lucu yang bisa ditampilkan.

4. Telegram


Di Indonesia, pengguna Telegram juga lumayan banyak, meski jumlahnya tak jauh beda dengan WeChat yang berada satu tingkat di atasnya, yaitu 200 juta pengguna.

Telegram dikenal kuat dalam hal sistem keamanan. Selain itu juga kecepatan mengirimkan pesan menjadi nilai tambah kenapa akhirnya banyak yang menggunakannya.

Baca juga: 4 Aplikasi Saham Syariah Terpopuler 2022 Cocok untuk Milenial


5. LINE


Kalau aplikasi chat yang satu ini paling sering digunakan untuk aktivitas pelajar, terutama wadah bagi grup kampus yang beranggotakan dosen dan mahasiswa.

LINE memiliki fitur berbagi berita, mirip dengan Google News yang dinamai LINE Today.

Aplikasi yang didirikan tahun 2011 oleh Line Corporation ini memiliki jumlah pengguna aktif sebesar lebih kurang 200 juta pengguna.

6. Skype


Skype adalah aplikasi chatting yang dikembangkan oleh Microsoft. Fitur yang dimiliki cukup banyak, seperti berbalas pesan secara cepat, melakukan panggilan telepon, serta video call gratis.

Baca juga: Tampilkan 43 Foto Payudara Tanpa Bra, Iklan Adidas Dikecam


7. KakaoTalk


Aplikasi chatting ini dirilis tahun 2010 oleh perusahaan yang juga bernama Kakao. Kakaotalk hanya mendukung kompatibilitas untuk sistem operasi iOS, Android, dan BlackBerry.

Itu dia tadi deretan aplikasi chatting yang paling banyak digunakan di Indonesia, diurutkan berdasarkan besaran jumlah penggunanya.

Meskipun jumlahnya tidak ditampilkan secara spesifik (menggunakan kisaran), namun posisi yang dipilih di atas sudah melalui hasil riset data terbaru 2022.

Bagaimana, sobat Pewarta lebih suka pakai aplikasi chatting yang mana?

Simak video berjudul "10 Tips Ngobrol Asyik | Teknik Cara Berbicara yang Baik dan Benar" berikut ini:


(rdw/bum)

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close