GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Fungal Acne: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Fungal Acne: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi. Pengertian, penyebab, dan solusi mengatasi Fungal Acne. (Dok. iNet)

PEWARTA.CO.ID - Mungkin belum banyak yang mengetahui apa itu Fungal Acne. Bisa jadi istilah yang terdengar asing di telinga sebagian besar orang.


Namun ternyata Fungal Acne sebenarnya lazim dijumpai pada banyak orang. Pasalnya selama ini banyak yang tidak mengetahui gejala bintik merah di tubuhnya.


Bentuknya yang mirip jerawat sering dianggap remeh. Padahal Fungal Acne bukanlah demikian. Ini bisa jadi bahaya jika dibiarkan begitu saja terlebih jika kurang perhatian terhadap kebersihan kulit.


Lantas, apa definisi Fungal Acne tersebut?


Baca juga: Manfaat Dauh Sirih, Selamat Tinggal Jerawat dan Komedo Bandel


Baca juga: 4 Manfaat Tidur Tanpa Memakai Bra, Wanita Wajib Ngerti Nih!


Dilansir dari Beautyplus.id, Fungal Acne adalah bintik merah pada kulit yang timbul akibat adanya infeksi jamur pada foliker rambut kulit.


Meski demikian orang-orang sering menyebutnya sebagai jerawat jamur. Indikasi kulit terkena Fungal Acne biasanya akan merasa gatal pada bagian tersebut.


Sebenarnya meski disebut layaknya jerawat padahal jika dilihat secara jeli bentuknya sedikit berbeda. Selain itu, orang yang terkena infeksi Fungal Acne akan mengalami peradangan.


Kemunculan Fungal Acne ini dipengaruhi kelebihan jamur malassezia sehingga menyebabkan infeksi kulit.


Kelenjar secaveous yang ada pada kulit menghasilkan sebum atau minyak berlebih pada permukaan kulit. Dari situlah terjadinya sumbatan pada pori-pori kulit dan foliker rambut.


Semakin banyak tubuh memproduksi keringat berlebih maka semakin besar pula potensi kulit terkena Fungal Acne ini. Itulah mengapa benjolan bintik merah ini bisa muncul di wajah dan badan.


Baca juga: Manfaat Makan Labu Rebus Sebelum Tidur, Biasakan Mulai Sekarang


Baca juga: Benarkah Minyak Oles Bisa Memperbesar Mr. P? Berikut Penjelasan dr. Boyke


Penyebab Fungal Acne


Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya Fungal Acne adalah sebagai berikut:


- Sistem kekebalan tubuh yang rendah. Dan tak jarang infeksi ini akan lebih mungkin terjadi pada orang yang mengidap HIV karena imunitas yang rusak.


- Pola makan yang tidak teratur juga bisa jadi sebab munculnya Fungal Acne ini. Karenanya atur pola makan serta kelayakan bahan-bahan yang dikonsumsi.


- Alergi obat mungkin bisa jadi satu di antara sekian banyak sebab mengapa Fungal Acne ini muncul. Hal ini karena obat biasanya akan mengurangi jumlah produksi bakteri baik, sehingga bakteri jahat akan memengaruhi kesehatan kulit.


- Lalu, faktor lain yang bisa juga jadi sebab kemunculan Fungal Acne adalah tempat tinggal yang lembab. Untuk itu, pilihlah lokasi yang tidak terlalu lembab.


Baca juga: Menghilangkan Jerawat Secara Alami yang Terbukti Ampuh


Baca juga: Mau Awet Muda? Batasi Konsumsi Gula Berlebih!


Solusi mengatasi Fungal Acne


Jelas, jika sudah berkaitan dengan iritasi, infeksi, atau sejenisnya, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kulit.


Karena dengan hanya menduga-duga atau bahkan menganggap remeh tentu sangat berbahaya ke depannya.


Namun demikian, ada obat yang sebenarnya juga direkomendasikan sebagai solusi untuk mengatasi serangan infeksi jamur ini. Obat untuk Fungal Acne ini antara lain; itraconazole, fluconazole, dan ketoconazole.


Perlu diperhatikan juga terkait memilih produk kosmetik semacam skincare. Karena jika tidak berhati-hati dapat membuat Fungal Acne akan semakin parah.


Selain itu jaga kebersihan badan dan lingkungan tempat Anda bermukim. Karena pada dasarnya Fungal Acne dapat mendera siapa saja.


Itulah penjelasan tentang pengertian, penyebab, dan solusi mengatasi Fungal Acne yang perlu Anda ketahui demi menjaga kecantikan kulit tanpa adanya tanda bercak merah yang menganggu.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close