GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

8 Skill Fresh Graduate yang Dibutuhkan Perusahaan Sesuai Standar Dunia Kerja, Apa Saja?

8 Skill Fresh Graduate yang Dibutuhkan Perusahaan Sesuai Standar Dunia Kerja, Apa Saja?
Ilustrasi. Tips sukses membangun karir bagi fresh graduate.

PEWARTA.CO.ID - Apakah Anda seorang fresh graduate? Ingin berkarir di dunia Kerja? Jika iya, silakan baca artikel ini hingga tuntas. Karena ada pembahasan yang sangat penting untuk memahami terkait skill fresh graduate yang dibutuhkan perusahaan.

Setidaknya ada 8 skill yang harus dikuasai fresh graduate jika ingin diterima kerja di era industri 4.0 saat ini. Apa saja?

8 Skill yang harus dikuasai fresh graduate sesuai kebutuhan perusahaan

Memasuki dunia pekerjaan setelah lulus kuliah merupakan sebuah pilihan bersejarah bagi setiap lulusan D3 atau Sarjana. Selain mengharap penghasilan, Anda juga perlu pengalaman untuk menggapai sukses karir di masa depan. 

Dalam dunia yang penuh persaingan seperti sekarang, selain keterampilan akademis yang berisi hal-hal teoritis, Anda juga memerlukan kemampuan praktek yang dibutuhkan di dunia kerja yang sering mengalami perubahan dalam berbagai hal. 

Berikut ini kemampuan penting yang dibutuhkan oleh seorang yang baru lulus kuliah:


1. Kemampuan komunikasi yang efektif

Ilmu, tanpa kemampuan untuk berkomunikasi, maka akan sulit diaplikasikan di dunia nyata. Kemampuan berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan, merupakan hal yang sangat penting. 

Seorang pekerja yang di dalamnya melibatkan berbagai profesi, harus mampu menyampaikan maksud dan idenya dengan efektif, serta dapat bersosialisasi secara baik dengan rekan kerja termasuk atasan dan klien.


2. Kemampuan adaptasi

Dunia terus berubah dalam hal teknologi, peradaban, termasuk di dunia kerja. Seorang calon pekerja harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap berbagai perubahan. 

Meskipun tidak semua hal harus Anda ikuti, namun minimal Anda memiliki persiapan terhadap bidang yang Anda geluti agar bisa tetap bersaing dengan kompetitor. 

Salah satu kuncinya adalah fokus, namun tetap mempertahankan fleksibilitas untuk belajar hal-hal baru dengan efisien.


3. Keterampilan teknologi

Di era internet dan digital seperti ini, keterampilan memanfaatkan teknologi dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan. Hal dasar yang diperlukan seorang fresh graduate, salah satunya adalah kemampuan untuk membuat berbagai jenis laporan dan pengolahan data. 

Skill Microsoft Office merupakan kebutuhan dasar yang harus sudah dimiliki. Skill lainnnya adalah kemampuan mengoperasikan komputer dengan efisien dan kemampuan berinteraksi di internet. 


4. Kreativitas dan inovasi

Kemampuan dan keberanian untuk menyampaikan hal-hal kreatif dan inovatif untuk mencari solusi dari permalahan yang sedang ditangani merupakan kualitas yang sangat dihargai dalam dunia kerja saat ini. 

Meskipun Anda masih minim dalam pengalaman bekerja, namun Anda dapat mencari tahu dari pengalaman orang-orang di luar lingkungan kerja yang dapat memberikan solusi sebagai aset berharga bagi perusahaan.


5. Manajemen waktu dan prioritas

Dalam dunia kerja yang terus berjalan, kemampuan mengelola waktu secara efisien dengan memprioritaskan tugas-tugas penting adalah disiplin individu yang sangat dibutuhkan.

Anda sudah harus memiliki mind set ini, agar tidak tertinggal dengan rutinitas dan hal-hal tidak terduga yang mungkin datang di pekerjaan Anda.


6. Mampu kerja sama tim

Kemampuan bekerja secara efektif dalam tim adalah keterampilan yang akan dinilai ketika Anda melamar pekerjaan. Hal ini dapat dinilai dari kemampuan komunikasi Anda, pembawaan Anda saat wawancara dan resume Anda di CV. 

Seorang fresh graduate harus dapat bekerja secara profesional  dengan rekan kerja dari berbagai latar belakang dan membangun hubungan kerja yang baik dalam tim.


7. Kemampuan berpikir strategis

Memiliki kemampuan untuk melihat gambaran besar pekerjaan yang sedang ditanganinya dan merencanakan langkah-langkah strategis (non teknis) adalah skill yang akan membantu seorang fresh graduate untuk maju dalam karirnya.

Pemikiran strategis ini juga akan dinilai saat tes kerja melalui tes tertulis atau wawancara kerja. 


8. Kemampuan belajar mandiri

Dunia terus berkembang, dan kemampuan untuk terus belajar dan mengembangkan diri adalah kunci kesuksesan jangka panjang dalam karir. Salah satu cara mengembangkan diri adalah dengan mengikuti berbagai seminar dan workshop untuk meningkatkan skill Anda untuk kesuksesan karir Anda.

Dari delapan skill di atas, mana yang sudah Anda miliki? Jika baru sebagian, berusahalah untuk terus mengembangkan dan meningkatkan keterampilan-keterampilan ini agar peluang Anda diterima dan sukses di dunia kerja semakin besar. 

Selain itu, sikap optimis, proaktif dan motivasi yang tinggi juga akan menjadi modal berharga dalam meraih kesuksesan dalam karir profesional.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close