GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

10 Pantai di Pacitan Terpopuler 2023, Salah Satunya Terkenal Karena Jadi Lagu Didi Kempot

10 Pantai di Pacitan Terpopuler 2023, Salah Satunya Terkenal Karena Jadi Lagu Didi Kempot
Pantai Klayar masuk dalam 10 daftar wisata terpopuler 2023 di Pacitan, Jawa Timur. (Dok. IG/@adhiiwicaksonoo)

PEWARTA.CO.ID - Bicara soal Pacitan tak lepas dari potensi wisatanya yang begitu populer, yakni pantai. Bahkan, sejumlah destinasi pantai Pacitan tersebut kerap ramai dikunjungi saat musim liburan tiba.


Seperti dalam artikel ini misalnya. Setidaknya ada 10 pantai di Pacitan terpopuler 2023. Disebut populer karena sering menjadi tujuan wisata favorit oleh para wisatawan.


Berdasarkan catatan, wisatawan yang berkunjung ke banyak destinasi bertema pantai tersebut berasal dari berbagai wilayah, baik domestik maupun mancanegara.


Lantas, mana saja pantai terkenal di Pacitan? Berikut 10 pantai terbaik dan terpopuler di Pacitan yang kami kutip dari laman napaktilas.net.


Pantai di Pacitan Terpopuler 2023


Bagi warga luar Kota Pacitan mungkin belum banyak yang mengetahui potensi wisata bertema pantai yang ada di kota yang khas dengan beragam kuliner hasil olahan laut ini.


Dengan menyimak daftar pantai di Pacitan berikut tentu bisa mejadi referensi bagi Anda yang hendak berwisata saat musim liburan nanti.


1. Pantai Pangasan Pacitan


Pantai Pangasan menjadi satu di antara sekian banyak pantai yang dikenal dengan panoramanya yang memukau.


Sayangnya, akses menuju ke lokasi Pantai Pangasan masih jauh dari sempurna. Butuh perjuangan untuk melalui medannya jika dengan kendaraan.


Lokasi Pantai Pangasan masuk di wilayah Kalipelus, Kebonagung. Tidak ada harga tiket untuk bisa menjelajah di kawasan ini, alias gratis.


Baca juga: 10 Spot Wisata Pulau Seribu yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga Saat Musim Liburan


2. Pantai Ngandul Pacitan


Masuk ke dalam daftar Pantai terpopuler di Pacitan, namun lokasi sebenarnya jauh dari pusat kota, yakni berjarak sekitar 40 km.


Sejauh mata memandang, hamparan laut lepas menjadi pemandangan yang mengesankan dari tempat ini.


Meski tak ada pasir putih seperti pantai pada umumnya, namun Pantai Ngandul memiliki air terjun dan pemandangan tebing yang tak kalah mengesankan.


Adapun lokasinya berada di Widoro, Donorojo, Kalak, Kabupaten Pacitan. Sedangkan harga tiket masuknya hanya sebesar Rp 5.000 saja per orang.


3. Pantai Taman Pacitan


Kegiatan berwisata di Pantai Taman Pacitan tak hanya sekadar menikmati hamparan perairan yang luas. Tetapi bisa juga sambil melakukan aktivitas olahraga ekstrim yakni flying fox.


Flying fox sepanjang 415 meter itu tergantung pada ketinggian 74 meter, di mana luncurannya mencapai kecepatan 50 km/jam.


Dengan kecepatan itu, jarak ratusan meter dapat tercapai hanya dalam durasi 30 detik saja untuk sekali meluncur. Berani coba?


Lokasi Pantai Taman berada di wilayah Hadiwarno, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Untuk memasuki kawasan ini pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp 5.000 per orang (dewasa).


4. Pantai Teleng Ria Pacitan


Jika berkunjung ke Pantai Teleng Ria, pengunjung dapat menikmati sejumlah fasilitas dan wahana yang disediakan pengelola.


Beberapa wahana tersebut direspon positif oleh pengunjung, seperti adanya waterpark mini Kampoeng Aeir, Kampoeng Cemara, serta belajar berselancar dengan didampingi tim ahli.


Lokasi Pantai Teleng Ria masuk di wilayah Balong, Sidoharjo. Untuk tiket masuknya sebesar Rp 5.000 pada hari biasa, dan Rp 10.000 pada akhir pekan dan hari besar lainnya.


Baca juga: Di Nusa Penida Kemana Saja? Simak Daftar Tempat Wisata Berikut Biar Makin Pengen Liburan


5. Pantai Buyutan Pacitan


Jika Anda bertujuan untuk melepas penat dan healing, Pantai Buyutan Pacitan ini bisa jadi pilihan yang tepat.


Hamparan bebatuan dan karang dengan beraneka ragam bentuk menjadi pemandangan yang bisa menenangkan pikiran.


Selain itu, pemandangan di sekitar kawasan ini juga cukup eksotis, sehingga tujuan healing akan dapat dirasakan secara maksimal.


Lokasi Pantai Buyutan berada di Desa Widoro, Donorojo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan.


Untuk memasukinya, pengunjung dikenakan tarif tiket sebesar Rp 5.000 per orang.


6. Pantai Kali Uluh Pacitan


Meski masuk kategori pantai terpopuler di Pacitan, namun sepertinya belum banyak yang mengetahui keberadaan pantai ini. Hal itu bisa dilihat dari kondisi pantai ini yang masih terjaga keasriannya.


Terlebih dengan pemandangan hamparan pasir putih dan gulungan ombak yang menawan bisa membuat tujuan healing akan lebih berkesan.


Lokasi Pantai Kali Uluh berada di kawasan Klesem, Kebonagung, Kabupaten Pacitan.


Dan karena belum banyak terjamah oleh wisatawan, karenanya belum ada pengelolaan secara resmi di tempat ini. Itulah mengapa tidak ada tarif tiket untuk memasuki kawasan ini, alias gratis.


7. Pantai Klayar


Pantai Klayar Pacitan
Pantai Klayar Pacitan. (Dok. IG/@dwi_pradana__)

Di antara sekian banyak pantai di Pacitan, mungkin nama Pantai Klayar adalah yang paling banyak dikenal. Bahkan popularitasnya kian naik saat seniman Didi Kempot (alm) mengabadikannya dalam sebuah karya lagu Campursari.


Yang unik di Pantai Klayar adalah adanya semburan air dari deburan ombak deras yang menabrak celah-celah bebatuan dan karang.


Lokasi Pantai Klayar masuk di wilayah Kalak, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan.


Sementara untuk harga tiket masuk Pantai Klayar adalah sebesar Rp 5.000 pada hari biasa. Sedangkan pada akhir pekan atau weekend adalah sebesar Rp 10.000 per orang.


Baca juga: 5 Objek Wisata Terbaik di Indonesia yang Diakui Dunia, Ada Labuan Bajo Sampai Raja Ampat


8. Pantai Srau Pacitan


Destinasi pantai Pacitan terpopuler 2023 selanjutnya jatuh kepada Pantai Srau yang terletak di kawasan Candi, Pringkuku, Kabupaten Pacitan.


Untuk memasukinya, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk sepeserpun alias gratis.


Sudah gratis, justru masih ditambah lagi dengan keindahan pemandangan dan suasana di tempat itu. Maka akan semakin lengkap pengalaman liburan yang didapatkan.


Letaknya yang sedikit tersembunyi membuat Pantai Srau belum terlalu ramai pengunjung. Justru di situlah letak keistimewaannya, karena Anda akan lebih leluasa menikmati kebesaran Tuhan melalui mahakarya alam yang luar biasa tersebut.


9. Pantai Banyu Tibo Pacitan


Dikatakan 'Banyu Tibo' dalam Bahasa Jawa, yang berarti air yang jatuh. Itu karena di pantai ini terdapat air terjun yang mencurah langsung menuju pantai.


Kehadiran air terjun Pantai Banyu Tibo menjadikannya terasa unik. Sehingga tak sedikit yang menjadikannya latar belakang foto yang estetik.


Lokasi Pantai Banyu Tibo terletak di kawasan Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, yakni hanya sebesar Rp 5.000 saja per pengunjung.


10. Pantai Sruni Pacitan


Terakhir ada Pantai Sruni yang ada di wilayah Ngobyogan, Kalak, Donorojo. Masih satu kawasan dengan Pantai Banyu Tibo tadi.


Pantai Sruni Pacitan, Jawa Timur
Pantai Sruni Pacitan, Jawa Timur. (Dok. IG/@lee_movieholic)


Di Pantai Sruni, pengunjung dapat menikmati suana pantai yang terasa bak pulau pribadi. Karena kesan privat dapat dirasakan di tempat ini.


Hamparan pasir putih, bebatuan hitam, dan deburan ombak khas Laut Selatan begitu menawan jika dilihat dari bibir pantai ini.


Menikmati keindahan alam seperti itu pengunjung tidak dikenakan biaya tiket sepeserpun. Sehingga bisa menyaksikannya secara bebas dengan tanpa perlu memikirkan biaya apapun alias gratis.


Baca juga: Keindahan Pantai Sawarna Srikandi Banten, Destinasi Wisata Romantis untuk Rayakan Valentine


Selain kesepuluh pantai yang telah disebutkan di atas, tentunya masih banyak potensi wisata lain berupa pantai di Pacitan.


Namun demikian, 10 pantai di Pacitan pada artikel ini bisa jadi paling direkomendasikan untuk dikunjungi pada saat masa liburan nanti.


Kendati Pacitan kondang dengan wisata goa-nya, namun setelah membaca artikel ini tentu menambah wawasan sekaligus membuktikan bahwa daerah ini ternyata juga menyimpan sejuta destinasi unggulan lain yakni pantai.


Sebaiknya agendakan rencana liburan Anda mulai dari sekarang, sehingga pada saatnya nanti tidak ada persiapan yang tertinggal ketika datang dan membuktikan keindahan dari deretan pantai di Pacitan tersebut.


Nah, sudah tak sabar untuk mengunjungi destinasi wisata pantai di Pacitan tersebut, sobat?



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close