GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Mending Pilih Blogspot atau WordPress? Ini 7 Perbedaan yang Harus Dipahami Blogger

Mending Pilih Blogspot atau WordPress? Ini 7 Perbedaan yang Harus Dipahami Blogger
Mending pilih Blogspot atau WordPress?

PEWARTA.CO.ID - Semakin meningkatnya minat masyarakat terhadap media sosial telah mengakibatkan banyak individu dan bisnis ikut meramaikannya dengan membagikan berbagai konten untuk membangun citra merek, baik untuk diri sendiri, bisnis, organisasi, maupun perusahaan. Salah satu media yang cukup populer digunakan adalah blog.

Saat ini, terdapat dua platform blogging yang cukup banyak digunakan masyarakat Indonesia sebagai hosting, yaitu Blogspot dan WordPress. Meskipun keduanya bertujuan untuk membantu pengguna dalam mempublikasikan konten, terdapat beberapa perbedaan antara keduanya.

Mengenal apa itu Blogspot?

Blogspot merupakan layanan gratis yang dikelola oleh Google sejak tahun 2003, meskipun awalnya didirikan oleh Pyra Labs pada tahun 1999. Platform ini menjadi pilihan populer untuk mempublikasikan blog, baik bagi pemula maupun profesional, karena terkenal dengan antarmuka pengguna yang mudah digunakan. 

Istilah "Blogger" merujuk pada platformnya, sedangkan "Blogspot" adalah penyedia domainnya. Jadi, ketika seseorang menggunakan layanan ini, mereka akan secara otomatis mendapatkan domain dengan akhiran blogspot.com. Hal ini memberikan identitas unik untuk setiap blog gratis yang dihosting di platform tersebut.

Lalu, apa itu WordPress?

WordPress pertama kali diluncurkan pada tahun 2002, tepat setahun sebelum Google mengakuisisi Blogspot. Bedanya dengan Blogspot, WordPress dibuat sebagai platform yang lebih kompleks dan komprehensif untuk para blogger dan dikembangkan dengan menggunakan basis data MySQL dan bahasa pemrograman PHP.

Dengan WordPress, pengguna dapat dengan mudah mengustomisasi konten mereka, baik itu menonjolkan widget maupun elemen lain di situs. Meskipun demikian, platform ini tetap menekankan kemudahan penggunaan untuk semua level pengalaman, mulai dari pemula hingga yang sudah berpengalaman, berkat antarmuka pengguna yang user-friendly.

Blogspot dan WordPress, apa saja perbedaannya?

Ada beberapa hal yang membedakan Blogspot dan WordPress yang harus dipahami para blogger. Apa saja perbedaan Blogspot dan WordPress tersebut? Simak beberapa poin berikut.

Cara pembuatan dan biaya yang harus dikeluarkan

Baik Blogspot maupun WordPress menawarkan layanan yang ramah pengguna dan bisa didapatkan secara gratis. Blogspot menyediakan media blogging gratis dengan subdomain Blogspot.com sebagai URL utama website. Sementara itu, WordPress juga menyediakan layanan serupa melalui WordPress.com, meskipun dengan fitur yang lebih terbatas.

Secara keseluruhan, baik Blogspot maupun WordPress memiliki kemudahan dalam pembuatan. Namun, WordPress memiliki keunggulan karena memberikan opsi self-hosted, di mana pengguna dapat menggunakan CMS WordPress pada hosting sendiri dengan URL TLD miliknya.

Keduanya bisa digunakan tanpa biaya alias gratis. Namun, untuk tampil lebih profesional, pengguna bisa melakukan custom domain dengan membayar biaya domain per tahun. Selain itu, meskipun CMS WordPress dapat digunakan secara gratis, perlu biaya untuk menggunakan layanannya pada hosting berbayar yang dapat diperbarui secara berkala.

Opsi desain dan performa SEO

Keduanya menawarkan dukungan template atau tema standar secara gratis. Walau begitu, penggunaan template gratis pada Blogspot rentan dengan issue script coding yang ada di dalamnya. Sedangkan WordPress, terutama yang diakomodir oleh layanan self hosting, memiliki lebih banyak template gratis berkualitas baik.

Selain opsi desain, SEO atau Search Engine Optimization menjadi hal penting bagi pemilik website untuk meningkatkan visibilitas website pada mesin pencari. Walaupun Blogspot adalah produk Google, namun plugin untuk mengoptimasi SEO lebih banyak tersedia pada WordPress dengan layanan self hosting.

Keamanan dan Sistem Pengelolaan

Baik Blogspot dan WordPress pada dasarnya aman. Blogspot mengandalkan sistem keamanan yang sudah dikonfigurasi oleh Google, sehingga kredibilitasnya dalam memerangi potensi kejahatan cyber tidak perlu diragukan. WordPress mengandalkan sistem keamanan berlapis, termasuk dari web hosting yang digunakan dan dapat diatur menggunakan plugin tambahan.

Sistem pengelolaan dua platform ini juga hampir sama, di mana pengguna bisa melakukan kustomisasi tampilan, fitur, dan domain untuk mencapai kesan profesional. Namun sistem pengelolaan WordPress jauh lebih advance terutama ketika menggunakan self-hosting, di mana pengguna memiliki keleluasan untuk memilih plugin dan tema yang ingin digunakan.

Jadi, pilih Blogspot atau WordPress?

Secara keseluruhan, baik Blogspot maupun WordPress memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Pilihan antara keduanya tergantung pada kebutuhan, kemampuan, dan tujuan pengguna dalam menciptakan blog yang berkualitas dan sukses dalam mencapai tujuan SEO dan branding.

Pilihan antara Blogspot dan WordPress tergantung pada kebutuhan dan tingkat pengalaman pengguna. Bagi yang menginginkan platform yang mudah digunakan dan langsung bisa dimulai, Blogspot dapat menjadi pilihan yang baik. Sementara bagi mereka yang mencari fleksibilitas dan kustomisasi lebih lanjut, WordPress menawarkan lebih banyak opsi. Jadi, tetap perhatikan kebutuhan dan tujuan blog Anda sebelum memutuskan platform mana yang akan Anda gunakan.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close