GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

CATAT! Tarif Tol Pasuruan-Probolinggo Naik Mulai Minggu 3 Maret 2024

CATAT! Tarif Tol Pasuruan-Probolinggo Naik Mulai Minggu 3 Maret 2024
Tarif Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) naik mulai Minggu (3/3). (Dok.Waskita)

JAKARTA, PEWARTA - PT Waskita Toll Road (WTR) selaku pengelola Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) memberlakukan penyesuaian tarif mulai hari ini, Minggu (3/3/2024).

Penyesuaian ini dilakukan pada Seksi Grati-Probolinggo Timur dan penerapan tarif baru pada Seksi Probolinggo Timur-Gending.

"Penyesuaian tarif ini dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 418/KPTS/M/2024," ujar Presiden Direktur WTR Daniel Fitzgerald Liman.

Daniel menjelaskan bahwa penyesuaian tarif ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan tol, sehingga kenyamanan dan keamanan pengguna jalan dapat terjaga.

"Dengan adanya peningkatan konektivitas ini, diharapkan dapat memperlancar distribusi barang, jasa serta kegiatan industri dan logistik di Jawa Timur. Serta menjadi katalis positif dalam mendukung peningkatan perekonomian setempat dan dapat memberikan dampak positif terhadap taraf hidup Masyarakat," imbuhnya.

Sebelumnya, Seksi Probolinggo Timur-Gending telah beroperasi tanpa tarif selama lebih dari 6 bulan sejak 17 Agustus 2023, sedangkan Seksi Grati-Probolinggo Timur telah beroperasi penuh sejak tahun 2019.


Rincian tarif baru Tol Paspro


Seksi Grati-Probolinggo Timur:

Golongan I: Rp 17.000 (Grati-Tongas), Rp 26.000 (Grati-Probolinggo Barat), Rp 40.000 (Grati-Probolinggo Timur)

Golongan II & III: Rp 25.500 (Grati-Tongas), Rp 39.000 (Grati-Probolinggo Barat), Rp 60.000 (Grati-Probolinggo Timur)

Golongan IV & V: Rp 34.000 (Grati-Tongas), Rp 52.500 (Grati-Probolinggo Barat), Rp 80.000 (Grati-Probolinggo Timur)


Seksi Probolinggo Timur-Gending:

Golongan I: Rp 52.000 (Grati-Gending)

Golongan II & III: Rp 78.000 (Grati-Gending)

Golongan IV & V: Rp 104.000 (Grati-Gending)


Peningkatan layanan Tol Paspro

Direktur Utama TPJT Mulya Setiawan berkomitmen untuk selalu menjaga dan meningkatkan kualitas dari Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan demi kenyamanan dan keamanan pengguna jalan tol.

"Kedepannya kami akan menambah Tempat Istirahat dan Pelayanan (“TIP”) tipe A di KM 844A dan KM 844B dengan fasilitas seperti toilet, musholla, minimarket/swalayan, gerai UMKM, tempat parkir dan SPBU. Diharapkan dengan bertambahnya TIP milik TPJT ini, maka pengguna jalan akan merasa lebih nyaman dan aman saat melewati jalan tol Paspro serta dengan adanya gerai UMKM dapat meningkatkan perekonomian di sekitar jalan tol," kata Mulya.

Sementara itu, kenaikan tarif tol Pasuruan-Probolinggo ini mendapat beragam tanggapan dari pengguna jalan. Salah satunya Rian, yang mengaku menyambut baik penyesuaian tarif ini selama diiringi meningkatnya infrastruktur tol.

Sehingga, menurutnya adalah suatu kewajaran tarif tol mengalami kenaikan jika melihat perawatan yang baik telah dilakukan oleh pengelola.

"Menurut saya wajar tarifnya naik, karena jalan tolnya sekarang sudah lebih bagus dan terawat," kata Rian.

Pengguna jalan lainnya, Ana, juga berharap dengan penyesuaian tarif ini pelayanan di jalan tol Paspro dapat semakin ditingkatkan.

"Semoga dengan naiknya tarif ini, pelayanannya juga semakin baik, seperti penambahan toilet dan rest area," harap Ana.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close