GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Polri Siagakan Operasi Mantap Brata untuk Amankan Pengumuman Hasil Pemilu 2024

Polri Siagakan Operasi Mantap Brata untuk Amankan Pengumuman Hasil Pemilu 2024
Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Trunoyudo menyebut, Polri telah menyiagakan pasukan pengamanan melalui Operasi Mantap Brata menjelang pengumuman Pemilu 2024 oleh KPU.

JAKARTA, PEWARTA - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang pengumuman hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada 20 Maret mendatang.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, Polri telah menyiapkan skenario terkait potensi eskalasi aksi massa menjelang pengumuman hasil Pemilu 2024.

"Polri telah mengantisipasi potensi eskalasi aksi massa menjelang pengumuman hasil pemilu melalui Operasi Mantab Brata 2024," kata Trunoyudo, kepada wartawan, Sabtu (9/3/2024).

Operasi Mantab Brata 2024 diberlakukan selama 222 hari, mulai dari tahapan awal pemilu, pendaftaran, hingga Oktober, saat pengucapan sumpah janji calon presiden (capres) terpilih.

"Operasi ini mengedepankan fungsi preemtif dan preventif, serta didukung oleh kegiatan penegakan hukum, humas, dan bantuan operasi," ujar Trunoyudo.

Trunoyudo menjelaskan, antisipasi gangguan kamtibmas dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga Polda jajarannya.

"Harapannya, dengan adanya operasi ini, situasi kamtibmas yang kondusif dapat terwujud di seluruh wilayah NKRI," pungkas Trunoyudo.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak mudah terprobokasi oleh informasi yang tidak akurat.

Semua yang berkepentingan dalam kontestasi ini juga diminta untuk saling menghargai apapun hasil pemilu yang diumumkan KPU nantinya.

Masyarakat juga diminta melaporkan kepada pihak berwajib jika melihat potensi gangguan kamtibmas. Dengan kerjasama yang baik antara Polri dan masyarakat, diharapkan pengumuman hasil Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close