GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Arti Ramadhan Kareem yang BENAR

Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Arti Ramadhan Kareem yang BENAR
Arti Ramadhan Kareem. (Ilustrasi: Web/Pewarta.co.id)

PEWARTA.CO.ID - Tren pencarian di Google menunjukkan peningkatan untuk kata kunci apa itu arti Ramadhan Kareem.


Meski sudah menjadi pembahasan yang cukup lama sejak hadirnya internet, namun nyatanya masih banyak yang belum mengetahui apa arti Ramadhan Kareem.


Wajar saja jika kemudian banyak yang ingin mengetahui arti dan makna dari Ramadhan Kareem yang benar dan valid sehingga bisa dipahami bersama.


Dikutip dari The Asian Parent, arti Ramadhan Kareem secara bahasa bermakna ucapan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan bagi umat muslim.


Namun secara makna dan fungsinya, kata Ramadhan Kareem berarti "Semoga Ramadhan memberikan kebaikan kepadamu" atau "Semoga Ramadhan bermurah hati kepada Anda". Dengan kata lain, ucapan ini bermakna doa dan harapan bagi umat Islam yang mengamalkannya.


Baca juga: Inilah Jadwal Ramadhan 2023 Versi Muhammadiyah dan NU, Sama Atau Berbeda?


Lebih tepat mengucapkan Ramadhan Kareem atau Ramadhan Mubarak?


Dengan dua tafsir di atas, mana yang lebih tepat diucapakan jika dibanding Ramadhan Mubarak. Apakah Ramadhan Kareem masih lebih tepat? Simak penjelasannya di bawah ini.


Dilansir dari The Express, Sheikh Al-Uthaymeen dari Arab Saudi pernah menerangkan bahwa kalimat Ramadhan Mubarak lah yang paling tepat jika dibandingkan Ramadhan Kareem saat memberikan ucapan.


"Seharusnya mengucapkan 'Ramadhan Mubarak', atau apapun yang mirip dengannya. Karena bukan Ramadhan itu sendiri yang pemurah hingga bisa menjadi kareem. Allah lah yang menempatkan rahmat di dalam dan menjadikannya bulan istimewa," terangnya.


Baca juga: Deretan Kata Bijak Ramadhan 2023: Bisa untuk Kirim Ucapan di Medsos


Adapun hukum mengucapkan Ramadhan Kareem, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin memiliki penafsiran yang berdasar.


Menurutnya, mengucapkan Ramadhan Kareem itu tidaklah benar. Karena berarti mengagungkan Ramadhan yang mana sebenarnya terjadi atas kehendak Allah sehingga menjadi bermakna 'pemurah'.


"Hukumnya adalah bahwa kalimat ini (Ramadhan Kareem) (terjemahan: Ramadhan itu pemurah), adalah tidak benar. Yang benar adalah 'Ramadhan Mubarak' (terjemahan: Ramadhan yang diberkahi)," ujarnya.


Dengan mengetahui arti dan makna Ramadhan Kareem yang benar, maka umat muslim bisa dengan bijak menggunakannya dalam memberikan ucapan. Sehingga tak salah memilih kata mana yang paling tepat di antara Ramadhan Kareem atau Ramadhan Mubarak.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close