GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Inilah 15 Rumah Sakit di Makassar yang Layani Peserta JKN, Ada RS Primaya!

Inilah 15 Rumah Sakit di Makassar yang Layani Peserta JKN, Ada RS Primaya!
Ilustrasi Kartu Indonesia Sehat (KIS) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). (Dok. Web)

PEWARTA.CO.ID - Sebanyak 15 Rumah Sakit (RS) di Makassar turut melayani program Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN.


Hal itu dikonfirmasi oleh BPJS Kesehatan Cabang Makassar setelah mengehentikan kerja sama dengan Klinik Cerebellum di Sulawesi Selatan (Sulsel) per 1 Januari 2023 lalu.


Para peserta JKN yang sebelumnya terhubung dengan Klinik Cerebellum kini dapat pindah ke lima belas RS tersebut dengan mendapatkan fasilitas yang sama.


"Dapat dilayani oleh 15 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang memiliki pelayanan dan kompetensi yang sama seperti spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (KFR), Fisioterapi, Terapi Wicara dan Terapi Okupasi," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar Greisthy E L Borotoding, seperti dikutip dari detikSulsel, Rabu (8/3/2023).


Baca juga: Bio Farma Siapkan Pemindai Deteksi Dini Kanker Serviks


Adapun 15 RS yang melayani JKN di Makassar, antara lain:


1. RS Dr Tajuddin Chalid

2. RS Hermina Makassar

3. RSKD Dadi Provinsi Sulsel

4. RSUP Dr Wahidin S Husodo

5. RS Siloam Makassar

6. RS Bhayangkara

7. RS Ibnu Sina YBW UMI

8. RS TK II Pelamonia Kesdam XIV

9. RS Stella Maris

10. RS Akademis Jaury Yusuf Putera

11. RSU Hikmah

12. TSUD Labuan Baji

13. RSUD Kota Makassar

14. RS Primaya

15. RS Unhas


Greisthy menjelaskan, 15 RS di Makassar tersebut memiliki pelayanan fisioterapi. Bahkan 4 daftar pertama yang disebutkan di atas juga memiliki terapis wicara dan okupasi terapis.


Pihak BPJS Kesehatan Cabang Makassar juga bakal memastikan agar peserta JKN tetap mendapatkan pelayanan yang prima dari 15 daftar RS tersebut.


"Akan ada mekanisme baik yang sudah diatur, prinsipnya pasien akan berobat di fasilitas kesehatan (faskes) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan," tuturnya.


"Pastinya kami (BPJS) bersama RS akan mengawal ini supaya pasien tetap terlayani dengan baik di faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan," imbuhnya.


Baca juga: Cegah Stunting, Polres Sidrap Bersama Bhayangkari Berikan Bantuan Tambahan Nutrisi


Greisthy juga menambahkan, saat ini BPJS Kesehatan Cabang Makassar telah melakukan FGD bersama KFRTL se-Kota Makassar. Di mana seluruh KFRTL tersebut siap menerima seluruh peserta dari yang sebelumnya terhubung dengan Klinik Cerebellum, Klinik Rafi, dan RS Grestelina.


"Bahkan terdapat rumah sakit yang berkomitmen untuk mengupayakan menambah jumlah tenaga terapi okupasi dan terapi wicara," jelas Greisthy dikutip dari sumber yang sama.


"Peserta JKN dapat menghubungi PIC JKN BPJS Kesehatan antaralain sodari Helda (08114606032) atau sodari Nadia (08114138865)," pungkasnya.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close