GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Festival Permainan Tradisional Budaya, Bupati Sinjai Ikut Main Terompah

Festival Permainan Tradisional Budaya, Bupati Sinjai Ikut Main Terompah
Festival Permainan Tradisional Budaya, Bupati Sinjai Ikut Main Terompah
(Dok : Istimewa) 

PEWARTA.CO.ID - Ada yang menarik dalam pembukaan Festival Permainan Tradisional Budaya yang dilaksanakan oleh PKBM Todilaling di Pelataran Stadion H. Andi Bintang, Junat (25/8/2023).

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) bersama Kapolres Sinjai AKBP Fery Nur Abdullah dan Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Sumardi tampak ikut berbaur mencoba berbagai macam permainan tradisional.

Beberapa permainan tradisional yang dijajal oleh orang nomor satu di Sinjai seperti Madende (mabbelle), Ma’longgak (engrang) , lompat karet, terompah dan lompat bambu.

Bupati ASA mengatakan bahwa aneka permainan tradisional saat ini harus dilestarikan. Selain sebagai khazanah kebudayaan, juga menjadi media edukasi yang efektif untuk melatih kebersamaan dan kekompakan.

“Permainan seperti ini sekarang sudah mulai hilang atau tidak lagi dimainkan oleh anak-anak jaman sekarang, mereka sudah mulai berpindah dari permainan tradisional menuju permainan modern melalui gadget,” ucapnya.

Bupati ASA berharap permainan ini tidak hanya dilakukan kali ini saja namun juga dapat diagendakan secara rutin sehingga permainan dan budaya ini dapat dilestarikan hingga masa yang akan datang.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close