GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Apa itu Backlink? Berikut Pengertian, Jenis-jenis, Fungsi dan Peran Pentingnya untuk Website

Apa itu Backlink? Berikut Pengertian, Jenis-jenis, Fungsi dan Peran Pentingnya untuk Website
Pengertian, jenis-jenis, fungsi dan peran penting backlink bagi SEO website.

PEWARTA, TEKNOLOGI - Bagi pemilik atau pengelola website tentu sudah tidak asing dengan istilah backlink. Terlebih bagi mereka yang memahami peran penting backlink terhadap otoritas domain yang dikelolanya.

Namun, tak sedikit juga yang masih bingung definisi backlink serta fungsinya terhadap website yang sebenarnya sangat penting. Sehingga tak jarang hal ini masih lalai dilakukan dalam upaya optimasi.

Padahal, jika dilakukan dengan benar, mendapat tautan berkualitas dari situs lain terhadap website kita, akan sangat mendongkrak popularitas dan value-nya di mata mesin pencari.

Dengan naiknya trust value itu, mesin pencari macam Google, Bing, Yahoo, Yandex, dan sejenisnya, tentunya akan membuat website lebih mudah terindex karena dianggap situs tepercaya.

Agar lebih memahami apa itu backlink, berikut penjelasan dari pengertian backlink, jenis-jenis backlink, fungsi backlink, hingga perannya sebagai salah satu aspek penting dalam SEO website.

Pengertian backlink

Backlink adalah tautan yang berasal dari situs web lain yang mengarah ke website milik kita.

Selain itu, backlink juga dikenal dengan istilah inbound link atau external link.

Umumnya, pemilik situs web menggunakan backlink untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas situs website dan/atau konten tertentu yang ingin dinaikkan trafiknya.

Di ranah Search Engine Optimization atau SEO, backlink merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan peringkat website di mesin pencari.

Mesin pencari seperti Google menganggap backlink sebagai bentuk rekomendasi dari situs web lain terhadap situs web yang diberi tautan.

Analoginya, semakin banyak backlink yang mengarah ke situs web Anda, semakin tinggi pula kemungkinan situs web tersebut untuk muncul di peringkat teratas hasil pencarian.

Kendati begitu, tak ada jaminan untuk selalu berhasil mendongkrak peringkat website atau konten hanya dengan berbekal backlink saja.

Hal itu karena kualitas backlink bisa berbeda-beda, tergantung kualitas website yang memberi tautan.

Jenis-jenis backlink

Secara umum, ada dua jenis backlink yang dikenal saat ini, yakni DoFollow dan NoFollow.

Kedua jenis backlink tersebut juga berpengaruh terhadap kinerja mesin pencari dalam proses perayapan di situs tersebut, atau dikenal dengan proses crawling.

Untuk lebih jelasnya, berikut pengertian dari jenis-jenis backlink tersebut:

DoFollow

DoFollow backlink adalah jenis tautan yang mengikuti aturan DoFollow. Backlink ini meneruskan PageRank atau otoritas halaman asal ke halaman yang dituju.

DoFollow backlink adalah jenis backlink yang paling umum digunakan untuk mengoptimasi situs web.

NoFollow

NoFollow backlink adalah jenis tautan yang tidak mengikuti aturan DoFollow. Backlink ini tidak meneruskan PageRank atau otoritas halaman asal ke halaman yang dituju.

Nofollow backlink biasanya digunakan untuk mencegah spam atau backlink yang tidak relevan. 

Bagi pengguna CMS Blogger cukup mudah untuk membuatnya, yakni hanya dengan mencentang opsi NoFollow maka tautan akan menjadi tidak mengikuti, yang secara default sebenarnya sudah otomatis DoFollow jika tidak memilih opsi ini.

Selain dari jenis-jenis di atas, backlink sendiri juga bisa dibedakan berdasarkan dari kualitasnya, mulai dari high quality, medium quality, hingga low quality.

Pemahaman sederhananya, untuk high quality backlink biasanya diberikan oleh website dengan otoritas tinggi.

Hal itu bisa diukur dari seberapa besar domain authority (DA) dan page authority (PA) yang dimilikinya.

Sedangkan untuk medium quality backlink biasanya berasal dari situs web yang memiliki DA dan PA yang sedang.

Pun demikian dengan low quality backlink yang datang dari situs baru atau fresh domain yang belum lama dibuat. Situs ini biasanya tak hanya belum memiliki trafik, tetapi juga skor DA PA yang kecil bahkan nol.

Fungsi dan peran penting backlink

Seperti disebutkan di awal, jika backlink memiliki fungsi dan peran yang sangat vital dalam rangkaian optimasi website.

Hal ini ditengarai karena backlink bisa menjadi sinyal bagi mesin pencari untuk mengenali sebuah situs berdasarkan referensi dari situs lain yang sudah lebih dulu dikenal.

Sedikitnya ada 4 fungsi penting backlink, antara lain:

1. Meningkatkan peringkat website di mesin pencari

Backlink merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan peringkat website di mesin pencari.

Semakin banyak backlink yang mengarah ke situs web Anda, maka semakin tinggi pula kemungkinan situs web Anda untuk muncul di peringkat teratas hasil pencarian.

2. Meningkatkan traffic website

Backlink bisa juga membantu menarik pengunjung baru ke situs web Anda yang beralih dari situs pemberi tautan.

Pengunjung yang datang dari backlink biasanya memiliki minat yang tinggi terhadap konten yang Anda miliki.

Dan minat tersebut bisa jadi sangat relevan dari konten yang dimiliki website pemberi tautan sebelumnya, sehingga mereka bersedia beralih laman demi melanjutkan relevansi konten yang mereka baca.

3. Meningkatkan authority website

Jika tadi disebutkan bahwa kualitas domain juga dapat dipengaruhi oleh skor DA PA situs pemberi tautan, maka lambat laun itu juga akan memengaruhi skor DA PA situs yang diberi tautan.

Untuk diketahui, authority atau otoritas adalah ukuran seberapa kredibel dan dipercayanya sebuah situs web tersebut berdasarkan parameter mesin pencari.

4. Meningkatkan kepercayaan website

Backlink dari situs web yang memiliki reputasi baik dapat membantu meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap situs web Anda.

Bayangkan, jika situs Anda mendapatkan backlink dari portal besar macam media nasional yang sudah barang tentu memiliki banyak pembaca. Secara tak langsung pembaca media tersebut juga berpotensi membaca konten website Anda karena adanya backlink di artikel media itu.

Selain itu, ada peran penting backlink bagi website yang juga harus dipahami, terutama dalam hal optimasi SEO.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari backlink, penting untuk membangun backlink yang berkualitas.

Backlink berkualitas dapat berasal dari situs web yang memiliki kredibilitas dan otoritas tinggi. Selain itu, backlink juga harus relevan dengan konten yang Anda miliki.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana caranya konten website kita bisa mendapatkan backlink dari situs web lain?

Sebuah pertanyaan yang sudah jelas jawabannya, namun belum tentu mudah dilakukan, terlebih jika situs web kita belum atau bahkan tidak terkenal.

Bagaimana website lain mau memberi tautan kepada web kita sedang popularitasnya saja belum ada?

Untungnya, saat ini backlink bisa didapatkan dengan mudah lewat hadirnya layanan jasa backlink. Jasa ini umumnya ditawarkan oleh agensi periklanan dan SEO optimizer yang eksistensinya sangat mudah dijumpai di internet.

Harga backlink yang ditawarkan pun cukup bervariasi, tergantung jenis dan kualitas situs yang menyediakan layanan backlink berbayar tersebut.

Namun, penting untuk dipahami, meski jual-beli backlink dibolehkan, tetap ada etika kewajaran dalam mengoptimasinya. Jangan kemudian melakukan spam besar-besaran karena merasa itu bisa dilakukan dengan harga murah dan relatif cepat.

Pastikan hanya mendapatkan backlink berkualitas dari situs web yang berkualitas pula, seperti media nasional misalnya.

Setelah memahami penjelasan lengkap di atas, tentu tak ada alasan lagi untuk tidak berbubur backlink berkualitas demi meningkatkan otoritas sekaligus popularitas website Anda.

Dengan demikian, terjawab sudah apa itu backlink, baik dari segi pengertian, jenis-jenis, fungsi dan peran pentingnya untuk website.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close