GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Kemenag Buka Pendaftaran Seleksi Petugas Haji Mulai 6-13 Januari 2023, Ini Jadwal, Syarat, dan Cara Daftarnya!

Kemenag Buka Pendaftaran Seleksi Petugas Haji Mulai 6-13 Januari 2023, Ini Jadwal, Syarat, dan Cara Daftarnya!
Ilustrasi ibadah haji. (Dok. Web)

PEWARTA.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) RI melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) bakal membuka pendaftaran seleksi petugas haji untuk penyelenggaraan tahun 2023.


Masyarakat diminta siap-siap karena periode pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 6 hingga 13 Januari 2023.


Direktur Bina Haji Ditjen PHU Kemenag Arsad Hidayat mengatakan, nantinya ada dua posisi yang tersedia, yakni sebagai petugas kloter dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.


"Rekrutmen petugas haji dilakukan secara berjenjang. Untuk petugas kloter dan PPIH tingkat kabupaten/kota, pendaftaran dibuka mulai 6-13 Januari 2023," kata Arsad dalam keterangan tertulis, Kamis (5/1/2023).


Baca juga: Perbedaan Antara Hijab, Niqab, dan Burqa, Muslimah Wajib Baca!


Namun kata Arsad, nantinya proses pendaftaran sepenuhnya hanya akan dilakukan melalui online atau daring.


Bagi masyarakat yang berminat, caranya dapat mendaftar melalui aplikasi "Pusaka Super Apps Kementerian Agama", tepatnya pada menu "Pendaftaran Petugas Haji".


"Pendaftaran dilakukan sepenuhnya secara online agar lebih mudah dan transparan," terangnya.


Arsad juga menjelaskan, proses seleksi petugas kloter dibagi menjadi dua formasi berbeda, yaitu ketua kloter dan pembimbing ibadah haji kotel dengan syarat kandidat sudah pernah menunaikan ibadah haji serta mengantongi sertifikat Pembimbing Manasik.


Baca juga: 5 Manfaat Ruqyah Dalam Hal Kesehatan, Berikut Penjelasan Medisnya


Kandidat juga diminta cakap digital agar dapat membantu kerja secara komputerisasi. Salah satunya, petugas diwajibkan dapat menggunakan Ms. Office dan aplikasi pelaporan PPIH yang dijalankan melalui ponsel Android maupun iOS.


"Di tahun 2023, tidak ada lagi petugas yang gagap teknologi, karena semua pelayanan petugas haji akan dilaporkan secara digital," ungkap Arsad.


Jadwal Seleksi Petugas Haji 2023


Usai mendaftar, selanjutnya pelamar dapat mengikuti serangkaian jadwal seleksi petugas haji 2023 dengan rincian sebagai berikut:


- Pengumuman hasil administrasi tingkat kabupaten/kota: 14 Januari 2023


- CAT tingkat kabupaten/kota: 17 Januari 2023


- Hasil seleksi CAT tingkat kabupaten/kota: 18 Januari 2023


- CAT tingkat provinsi: 24 Januari 2023


- Hasil seleksi CAT tingkat provinsi: Diumumkan melalui website Kemenag


Sebagai informasi, CAT merupakan akronim dari computer assisted test, yakni seleksi yang dilakukan secara terkomputerisasi yang digelar di tingkat kabupaten/kota dan provinsi.


Untuk diketahui, posisi sebagai petugas penyelenggara haji 2023 ini dibuka untuk umum. Hanya saja diperlukan syarat pendukung berupa surat rekomendasi dari organisasi masyarakat (ormas), pesantren, atau lembaga pendidikan yang berbadan hukum resmi.


Sementara bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) perlu menunjukkan surat dari lembaga/kementerian.



Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close