GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Mengenal Cara Kerja Rem ABS pada Mobil


Cara kerja rem ABS pada mobil
Sistem pengereman Sensify dari Brembo yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan. (Dok. Brembo)

PEWARTA.CO.ID - Teknologi pengereman anti lock bracking system (ABS) sudah mulai banyak diadopsi beberapa merek mobil keluaran terbaru.

Salah satu kelebihan sistem rem ABS tak lain adalah saat pengendara menginjak pedal rem pada kecepatan tinggi, mobil tidak terpelanting. Selain itu, jarak pengereman yang relatif pendek serta waktu yang dibutuhkan untuk membuat mobil berhenti juga lebih singkat.

Berhubung komponen ini telah banyak diterapkan pada mobil-mobil modern, sudah sepatutnya untuk mengetahui lebih detail tentang bagaimana cara kerja sistem pengereman ABS tersebut.

Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim mengatakan, prinsip kerja ABS adalah mengambil alih daya pengereman dari master rem untuk dialirkan ke ABS modulator terlebih dulu, sebelum akhirnya menuju ke masing-masing roda kendaraan.

“Ketika pengemudi menginjak pedal rem, maka ABS modulator akan membaca seluruh data kendaraan dan kemudian memerintahkan pompa untuk mendistribusikan tekanan minyak rem sesuai kondisi kendaraan pada setiap roda,” terang Ibrohim seperti dilansir dari Kompas.com, Sabtu (23/7/2022).

Dia menjelaskan, perintah ABS modulator selalu menyesuaikan dengan kondisi kendaraan, seberapa besar gaya pengereman dari pedal serta menyesuaikan dengan data dari sensor di masing-masing roda.

“Ketika sensor roda membaca ada roda yang selip saat pengereman, maka daya pengereman pada roda tersebut akan dikurangi berdasarkan perintah komputer,” jelasnya.

Sistem rem ABS pada mobil
Sistem pengereman Sensify dari Brembo yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan. (Dok. Brembo)

Dia juga mengatakan, yang terjadi bukanlah menghilangkan daya pengereman, melainkan pengurangan tekanan minyak rem. Sehingga daya pengereman masih aktif tapi tidak akan membuat rem terkunci.

“Seperti rem yang dikocok dengan cepat, di dalam ABS modulator juga menggunakan prinsip yang sama untuk mengurangi tekanan minyak rem,” kata dia.

Pengurangan daya pengereman itu, lanjutnya, terjadi begitu cepat dengan pedal rem tetap ditekan sempurna.


Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close