GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Manokwari Selatan Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 3,7

gempa bumi manokwari selatan magnitudo 3,7
Ilustrasi Seismograf


Pewarta.co.id, Manokwari Selatan - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 3,7 mengguncang wilayah Distrik Ransiki, Manokwari Selatan, Papua Barat, Minggu (13/3/2022) pukul 01.13 WIB.

Mengutip akun resmi Twitter milik BMKG, pusat sumber gempa di Manokwari Selatan ini berada di laut, terjadi pada kedalaman 20 kilometer.

"Pusat gempa berada di laut 8 km Tenggara Ransiki," tulis akun dengan username @InfoBMKG tersebut.

Secara geografis, titik koordinat gempa ada pada 1,53 Lintang Selatan dan 134,22 Bujur Timur. Gempa di Manokwari Selatan itu dapat dirasakan pada skala MMI II-III di Ransiki.

Secara pengertian, MMI II adalah getaran yang dapat dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan, atau benda apapun yang dalam posisi tergantung pasti dapat bergerak akibat getaran tersebut.

Sedangkan, MMI III adalah gempa yang dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran, yang getarannya seakan Anda merasakan ada kendaraan sebesar truk yang melintas.

Akun resmi BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, karena bukan tak mungkin dapat terjadi gempa susulan.

"Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," tulis akun itu.

Belum ada laporan imbas dari gempa di Manokwari Selatan ini, baik laporan kerusakan bangunan mau potensi adanya korban jiwa.

(wn/jsr)


Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close