Notification

×

Redaksi Samping

Medsos Samping

Ikuti kami di: / / / /

Translate

Billboard 1045x250 Dekstop

Bawah Navigasi Mobile

Libas Nepal 7-0, Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Rabu, 15 Juni 2022 | 04:10 WIB Last Updated 2022-06-14T21:47:41Z

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA


Libas Nepal 7-0, Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023
Kualifikasi Piala Asia 2023: Indonesia 7-0 Nepal

PEWARTA.CO.ID - Timnas Indonesia pesta gol ke gawang Nepal pada pertandingan terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Bertanding di Al-Ahmad Stadium, Kuwait, Rabu (15/6/2022), Garuda Muda sukses melesakkan tujuh gol ke gawang timnas Nepal.

Dengan hasil ini Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023 berstatus sebagai runner-up di Grup A. Hal ini setelah Kuwait juga berhasil dikalahkan Yordania pada pertandingan sebelumnya.

Hasil Kualifikasi Piala Asia 2023 Indonesia 7-0 Nepal


Indonesia berhasil mencetak 7 gol ke gawang Nepal. Gol demi gol Indonesia berhasil dilesakkan para Garuda Muda antara lain Dimas Drajad (menit ke-6), Witan Sulaeman (43' dan 81'), Fachruddin Aryanto (54'), Saddil Ramdani (55'), Elkan Baggott (80'), serta Marselino Ferdinan (90').

Indonesia lolos sebagai salah satu runner-up terbaik. Tepatnya berada di urutan kelima runner-up terbaik, yang berhak atas tiket ke Piala Asia 2023 mendatang.

Jalannya Pertandingan Indonesia vs Nepal


Aroma pesta gol Indonesia sudah mulai terasa sejak awal permainan, di mana Garuda berhasil unggul cepat di menit ke-6 lewat tandukan Dimas Drajad.

Dimas yang tampil sebagai striker tunggal pada pertandingan itu, berhasil menanduk umpan silang yang dikirimkan Asnawi Mangkualam dari sisi kanan.

Namun situasi sedikit berubah saat Nepal mulai menguasai permainan 10 menit berselang. Bahkan sesekali Nepal mengancam gawang Indonesia yang dijaga Nadeo.

Indonesia kembali mendapat peluang emas lewat Editan Sulaeman di menit ke-19. Sayangnya sepakan kaki kirinya masih terlalu lemah, sehingga bola dapat diselamatkan kiper Nepal, Deep Karki.

Enam menit berselang, Dimas Drajad berpeluang menambah pundi golnya berkat cut back Witan. Namun lagi-lagi masih belum berbuah gol karena berada tipis di sisi kanan gawang Nepal.

Menit ke-33 Nepal harus kehilangan satu pemainnya, setelah Suman Aryal dikartu merah wasit. Pemain nomor 6 itu melakukan pelanggar keras terhadap Asnawi. Suman yang sebelumnya sudah mengantongi kartu kuning lantas di awal babak pertama, kembali menerima kartu kuning kedua pasca melanggar Asnawi.

Gol tambahan Indonesia kembali tercipta di menit ke-43. Adalah Witan Sulaeman yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Gol Witan tersebut menutup skor di babak pertama yang berkesudahan 2-0 untuk keunggulan timnas Indonesia.

Babak kedua


Shin Tae-yong memasukkan Muhammad Rafli di babak kedua. Dan benar saja, pemain yang baru dimasukkan tersebut sempat menciptakan peluang emas di menit ke-51. Namun peluangnya masih gagal berbuah gol.

Sejumlah pemain Indonesia kerap menciptakan peluang secara bergiliran ke gawang Nepal. Selama pertandingan itu Deep Karki nampak dibuat kerepotan menyelamatkan gawangnya.

Indonesia akhirnya bisa memperlebar jarak setelah kembali mencetak gol di menit ke-54 melalui aksi sang kapten, Fachruddin Aryanto yang berhasil memanfaatkan situasi sepak pojok.

Unggul jauh, Indonesia semakin nyaman bermain. Sebaiknya, tim lawan dibuat kelimpungan dengan serangan bertubi-tubi yang dibangun skuad Garuda.

Selanjutnya, Muhammad Rafli berhasil mengirim umpan cemerlang yang bisa dituntaskan dengan baik oleh Saddil Ramdani. Garuda melesat jauh 4-0.

Indonesia akhirnya dapat mengemas tiga gol tambahan dalam kurun 10 menit menjelang akhir babak kedua.

Elkan Baggott berhasil mencetak gol kelima timnas di menit ke-80. Satu menit kemudian ganti Witan yang membukukan gol ke gawang Deep Karki.

Tak ingin kalah dengan rekannya, Marselino Ferdinan turut menyumbang satu gol di menit akhir, tepatnya menit ke-90.

Skor akhir, timnas Indonesia menang 7-0 atas Nepal. Skuad Garuda pun memastikan satu tempat di Piala Asia 2023 via jalur runner-up terbaik.

Tak lama setelah gol Marselino Ferdinan, wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Indonesia 7-0 Nepal.

Starting XI Timnas Indonesia Vs Nepal


Indonesia (5-4-1): 1-Nadeo Arga Winata (PG); 14-Asnawi Mangkualam, 4-Elkan Baggott, 19-Fachruddin Aryanto, 5-Rizky Ridho Ramadhani, 12-Pratama Arhan; 8-Witan Sulaeman, 23-Marc Klok, 15-Ricky Kambuaya, 11-Saddil Ramdani; 9-Dimas Drajad

Pelatih: Shin Tae-yong

Nepal (3-5-2): 22-Deep Karki (PG); 4-Shiva Gurung, 5-Bikash Tamang, 6-Suman Aryal; 12-Arik Bista, 13-Nir Kumar Rai, 9-Sunil Bal, 15-Pujan Uperkoti, 17-Santosh Tamang; 10-Prince George Karki, 16-Rajan Gurung

Pelatih: Kiran Shrestha

***

Dapatkan berita terkini lainnya, serta viral hari ini di Indonesia terbaru dan terpopuler dari Pewarta.co.id melalui platform Google News.
close